Comscore Tracker

Bernuansa Korea Utara, 5 Drama Korea Selatan Ini Seru Banget Lho!

Yang mana nih favoritmu?

Drama seri dari negeri ginseng tak hanya mengulas sisi dari Korea Selatan saja, melainkan turut pula mengulik nuansa Korea Utara. Tak dapat dimungkiri, kisah yang mengusung tema seperti ini memang memiliki daya tariknya sendiri di mata penonton.

Mulai dari kemasan cerita yang lebih variatif dan unik, perbedaan logat Korea antara Korea Selatan dan Korea Utara yang ditampilkan melalui pengucapan para pemain, hingga kebudayaan antar dua negara tersebut yang diselipkan melalui rangkaian episodenya.

Entah sebab faktor situasi politik di antara kedua negara, drama-drama seri Korea Selatan yang memberi sentuhan nuansa Korea Utara tersebut tak lepas dari konsep agen rahasia ataupun militer. Misalnya saja seperti berikut ini.

1. IRIS (2009)

Bernuansa Korea Utara, 5 Drama Korea Selatan Ini Seru Banget Lho!littleshade.wordpress.com

IRIS disiarkan pada 2009 dengan jumlah 20 episode. Drama seri ini dibintangi oleh Lee Byung Hun sebagai Kim Hyun Joon, Kim Tae Hee sebagai Choi Seung Hee, dan Jung Joon Ho sebagai Jin Sa Woo, untuk memerankan tokoh dari Korea Selatan.

Sedangkan, Kim Seung Woo sebagai Park Cheol Young dan Kim So Yeon sebagai Kim Seon Hwa memerankan tokoh dari Korea Utara. Tak hanya itu, T.O.P (Choi Seung Hyun) dari boyband Big Bang sebagai Vick, juga ambil peran sebagai seorang pembunuh misterius.

IRIS dikemas dalam konflik yang terbilang kompleks. Kim Hyun Joon dan Jin Sa Woo merupakan agen rahasia di National Security System (NSS), sedangkan Choi Seung Hee adalah Profiler handal di NSS tersebut. Kedua pria itu mencintai Choi Seung Hee.

Di sisi lain, agen rahasia dari Korea Utara, Park Cheol Young dan Kim Seon Hwa, diperintahkan untuk membunuh Kim Hyun Joon. Tak hanya itu, Vick, utusan dari organisasi rahasia "IRIS" juga diutus untuk membuh Kim Hyun Joon. 

2. Spy Myung Wol (2011)

Bernuansa Korea Utara, 5 Drama Korea Selatan Ini Seru Banget Lho!asianwiki.com

Spy Myung Wol terdiri atas 18 episode. Tayang pada 2011 silam, drama seri ini dibintangi oleh Han Ye Seul sebagai Han Myung Wol, Eric Mun sebagai Kang Woo, dan Lee Jin Wook sebagai Choi Ryu.

Mengusung genre action, drama, serta romance, drama seri ini mengisahkan tentang seorang agen rahasia dari Korea Utara, yakni Han Myung Wol, yang diutus untuk membawa seorang Hallyu Star di Korea Selatan, bernama Kang Woo, ke Korea Utara.

Adalah Choi Ryu, atasan dari Han Myung Wol, yang menginstruksikan itu. Namun, Han Myung Wol malah benar-benar jatuh cinta pada Kang Woo, dan juga sebaliknya. Kisah cinta mereka pun menjadi semakin pelik, bahkan berusaha saling melindungi nyawa.

Baca Juga: Ikonik, 5 Geng Ibu-ibu dalam Drama Korea Ini Tak Terlupakan

3. The King 2 Hearts (2012)

Bernuansa Korea Utara, 5 Drama Korea Selatan Ini Seru Banget Lho!asianwiki.com

Berjumlah 20 episode, The King 2 Hearts tayang pada 2012 lalu. Ha Ji Won didapuk untuk memerankan Kim Hang Ah yang merupakan puteri seorang pejabat tinggi militer Korea Utara dan Lee Seung Gi sebagai Lee Jae Ha yang merupakan pangeran dari Korea Selatan.

Diceritakan bahwa Korea Selatan merupakan sebuah negara monarki yang dipimpin oleh keturunan dari dinasti Joseon. Sebagai upaya menjalin hubungan persahabatan dengan Korea Utara, putra mahkota Lee Jae Ha lantas dikirim ke kancah militer di mana dia bertemu dengan Kim Hang Ah. Kendati mereka awalnya saling bermusuhan, namun malah saling jatuh cinta.

Kisah yang terjebak dalam lingkaran politik itu diuji ketika harus memilih antara cinta dan kesetiaan kepada negara masing-masing. 

4. Doctor Stranger (2014)

Bernuansa Korea Utara, 5 Drama Korea Selatan Ini Seru Banget Lho!soompi.com

Tayang pada 2014 silam, drama seri bertema medis ini dilakonkan oleh Lee Jong Suk sebagai Park Hoon, Jin Se Yeon sebagai Song Jae Hee, Park Hae Jin sebagai Han Jae Joon, dan Kang So Ra sebagai Oh Soo Hyun. Doctor Stranger dikemas dalam 20 episode.

Pasca ditipu dan dikirim ke Korea Utara, Park Hoon yang masih kecil dan ayahnya harus menjalani hidup disana. Seiring waktu, dia jatuh cinta pada wanita Korea Utara bernama Song Jae Hee, yang merupakan rekannya sebagai sesama dokter. Pascasuatu insiden, mereka lantas memutuskan untuk membelot ke Korea Selatan.

Sayangnya, hanya Park Hoon yang berhasil kabur, hingga bekerja di rumah sakit unggulan Korea Selatan dengan kecakapan luar biasa pada cardiothoracic surgeon. Adalah Han Jae Joon, yang menjadi rivalnya di rumah sakit tersebut, sedangkan Oh Soo Hyun merupakan puteri direktur rumah sakit dan juga seorang dokter.

Bertahun-tahun berlalu, Park Hoon berjumpa Song Jae Hee (dengan nama samaran Han Seung Hee) di Korea Selatan, yang tengah menjalakan misi rahasia dari Korea Utara. Kisah cinta segi empat antar negara itu pun menjadi kian pelik.

5. Crash Landing on You (2019)

Bernuansa Korea Utara, 5 Drama Korea Selatan Ini Seru Banget Lho!twitter.com/mercurieus

Drama seri yang dibintangi oleh Hyun Bin sebagai Ri Jeong Hyeok, Son Ye Jin sebagai Yoon Se Ri, Kim Jung Hyun sebagai Gu Seung Joon, dan Seo Ji Hye sebagai Seo Dan ini tayang pada 2019 silam. Crash Landing on You berjumlah 16 episode. 

Kisah cinta antara Ri Jeong Hyeok yang merupakan seorang Kapten di Kompi 5, serta putra dari pejabat tinggi, di Korea Utara, dengan Yoon Se Ri yang adalah pewaris perusahaan besar di Korea Selatan. Mereka tak sengaja berjumpa saat kecelakaan paralayang sebab tornado yang mengakibatkan Yoon Se Ri jatuh di wilayah Korea Utara.

Kapten Ri dan anggota kompinya berusaha mengembalikan Yoon Se Ri ke Korea Selatan secara diam-diam untuk menghindari konflik ketegangan antar dua negara tersebut. Seiring waktu, mereka malah saling jatuh cinta.

Ujian cinta mereka tak hanya sebab terhalang situasi politik Korea Selatan dan Korea Utara, kehadiran tunangan dari Kapten Ri bernama Seo Dan, serta campur tangan keluarga Yoon Se Ri yang melibatkan mantan tunangan Yoon Se Ri bernama Gu Seung Joon yang kabur ke Korea Utara, pun turut semakin merumitkan kisah mereka.

Itulah beberapa drama seri Korea Selatan yang turut mengulas sisi Korea Utara. Mana nih yang sudah kamu tonton? 

Baca Juga: 9 Drama Korea Ini Memiliki Pemeran Wanita Lebih Tua dari Pria 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya