Comscore Tracker

9 Tahun Debut, 7 Fakta Haru Perjalanan Karier BTOB Hingga Ikut Kingdom

Selamat hari jadi, BTOB! #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Pada 21 Maret lalu, boy group yang saat ini berjumlah enam member, BTOB, merayakan hari jadi debut yang ke-9 tahun. Pencapaian besar grup besutan Cube Entertainment ini tentunya bukan tanpa perjuangan penuh haru.

Banyak rintangan yang harus mereka hadapi sejak awal debut. Terlebih setelah hengkangnya salah satu anggota, Ilhoon akibat dugaan penyalahgunaan narkoba pada 2020 lalu.

Berikut tujuh fakta perjalanan karier BTOB sejak pertama debut. Empat member yang telah dan tidak ikut wamil pun tampil di Kingdom, lho.

1. Sejarah BTOB yang akhirnya debut dengan 7 member

9 Tahun Debut, 7 Fakta Haru Perjalanan Karier BTOB Hingga Ikut Kingdomkpopconcerts.com

BtoB atau BTOB, merupakan akronim untuk Born to Beat. Pada awalnya grup ini beranggotakan lima orang, yaitu Seo Eunkwang, Lee Minhyuk, Im Hyunsik, Jung Ilhoon dan Lee Minwoo. Dengan harapan debut yang belum final, salah satu anggota bernama Lee Minwo harus meninggalkan mimpinya karena masalah kesehatan.

Akhirnya pada tanggal 21 Maret 2012, BTOB resmi debut dengan formasi tujuh member ditambah Lee Changsub, Yook Sungjae, dan Peniel Shin. Panggung debut mereka di gelar di M! Countdown dengan membawakan lagu bertajuk "Insane" dan "Imagine".

2. Persaingan ketat pada masa awal debut

9 Tahun Debut, 7 Fakta Haru Perjalanan Karier BTOB Hingga Ikut Kingdomtwitter.com/hyjmaknae

Saat itu, CUBE Entertainment berhasil melahirkan beberapa nama populer untuk idol generasi kedua, sebut saja, 4Minute, Hyuna, ataupun Beast. Namun BTOB memulai karier tanpa embel-embel kesuksesan para seniornya. Mereka membangun image sendiri dan mengumpulkan para penggemar dengan susah payah.

Pada tahun pertama debut saja, mereka harus bersaing dan saling sikut dengan EXO, B.A.P, NU'EST, ataupun VIXX. Bahkan banyak yang meminta BTOB bubar karena dianggap tidak memenuhi standar visual seorang idol.

Namun, dari 104 grup idol yang debut pada tahun 2012, hanya sekitar lima belas grup yang bertahan dan mendulang kesuksesan besar. Salah satunya adalah BTOB.

Hal itu tak lepas dari konsistensi dan kepribadian para member yang dikenal sangat kocak. Bahkan, mereka dijuluki sebagai grup pelawak.

Di samping itu, kualitas vokal mereka dikenal juara dan selalu menampilkan konsep baru di setiap comeback.

3. Mendulang kesuksesan besar sepanjang tahun 2015

9 Tahun Debut, 7 Fakta Haru Perjalanan Karier BTOB Hingga Ikut Kingdomtwitter.com/BTOBSTORY

Pada tahun 2015, lagu berjudul "Its Okay" yang diluncurkan bersama dengan album COMPLETE mendapat apresiasi besar oleh para penikmat musik. Lagu "Way Back Home" yang menyusul kemudian, mengantarkan grup ini meraih piala pertama mereka di ajang musik 25th Seoul Music Awards.

Selain itu, kesuksesan debut akting beberapa member juga memberikan pengaruh besar. Minhyuk adalah member pertama yang meniti karier sebagai aktor figuran sejak 2011.

Sementara itu, peran Sungjae di drama populer Who Are You: School 2015 membuat grup ini berhasil mengepakan sayap di pasar internasional.

Baca Juga: 9 Inspirasi OOTD Hangout ala Lee Min Hyuk BTOB yang Kasual Abis!

4. Stres yang dialami Peniel menyebabkan kebotakan pada rambutnya

9 Tahun Debut, 7 Fakta Haru Perjalanan Karier BTOB Hingga Ikut Kingdomtwitter.com/hourlypaniel

Namun saat berada di puncak karier, masalah kesehatan yang dialami Peniel membuatnya harus mengalami kebotakan rambut. Rapper tersebut terpaksa memakai penutup kepala di tiap aksi panggung yang membuat banyak fans khawatir.

Sebagai member dengan kewarganegaraan asing, Peniel mengaku stres dan melewati banyak kesulitan akibat perbedaan budaya. Namun secara mengejutkan, ia malah mendapat banyak cinta dan dukungan dari para Melody, sebutan untuk fans BTOB.

Sejak saat itu Peniel mulai tampil percaya diri tanpa penutup kepala dan berjanji akan menumbuhkan rambutnya kembali.

5. Wajib militer para member

9 Tahun Debut, 7 Fakta Haru Perjalanan Karier BTOB Hingga Ikut Kingdomtwitter.com/btob_info

Satu persatu para member grup ini mulai menjalankan kewajibannya kepada negara dengan mengikuti wajib militer. Dimulai dari Eunkwang yang berangkat pada 2018 lalu, hingga Ilhoon yang berangkat pada Mei 2020.

Mereka memutuskan untuk tidak pergi wamil secara bersamaan, karena tidak ingin meninggalkan Peniel sebagai satu-satunya member yang aktif. Mereka juga meminta para fans untuk terus menunggu hingga formasi BTOB lengkap kembali.

6. Kepergian Ilhoon dari grup akibat tersandung skandal

9 Tahun Debut, 7 Fakta Haru Perjalanan Karier BTOB Hingga Ikut Kingdomtwitter.com/BTOBSTORY

Namun keinginan untuk comeback dengan formasi lengkap seakan sirnah. Tahun 2020 menjadi tahun terberat, di mana Ilhoon memutuskan keluar dari grup akibat tersandung kasus dugaan penyalahgunaan narkoba.

Pada 21 Desember 2020, sejumlah media lokal di Korea Selatan mengabarkan, jika ia pernah menggunakan barang terlarang tersebut sejak empat hingga lima tahun lalu. Menurut pihak agensi, keputusan hengkang murni berasal dari pihak Ilhoon, agar tidak merugikan rekan-rekan satu grupnya.

7. Bersinar kembali dan mengikuti acara survival Kingdom

9 Tahun Debut, 7 Fakta Haru Perjalanan Karier BTOB Hingga Ikut Kingdomtwitter.com/officialkvibes

Sepeninggal Ilhoon yang masih menyisakan banyak kesedihan, BTOB harus terus melangkah maju dengan enam anggota tersisa. Karena Hyunsik dan Sungjae masih menjalani wajib militer. Itu artinya hanya ada empat member yang akan aktif.

BTOB 4U kemudian dibentuk sebagai sub-unit yang beranggotakan Eunkwang, Changsub, Minhyuk, dan Peniel. Mereka kembali unjuk gigi lewat ajang survival Kingdom bersama grup populer lainnya, yaitu iKON, SF9, ATEEZ, Stray Kids, hingga The Boyz.

Nah itulah sederet fakta perjalanan BTOB yang tahun ini memasuki angka sembilan. Jadi gak sabar menunggu karya-karya terbaik mereka selanjutnya.

Baca Juga: BTOB dan iKON Dikabarkan Join, 5 Fakta Tentang Kingdom

Yellow Submarine Photo Verified Writer Yellow Submarine

Here comes the sun, and I say it's all right

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya