Comscore Tracker

[REVIEW] Akudama Drive—Penjahat Kelas Kakap Bergabung dalam 1 Misi

Kolaborasi pencipta Danganronpa dan Persona 4!

Akudama Drive merupakan seri anime orisinal dari Studio Pierrot yang rilis pada 8 Oktober 2020. Memiliki total 12 episode, Akudama Drive menjadi salah satu anime paling diantisipasi pada 2020 lalu, nih.

Anime ini juga mengusung genre cyberpunk yang membuatnya cukup menarik perhatian. Itu karena latarnya yang futuristik dan punya alur cerita yang menjadikan penjahat sebagai karakter utama. Penasaran dengan anime ini? Yuk, kita ulas satu per satu!

1. Menyewa penjahat untuk misi bunuh diri

[REVIEW] Akudama Drive—Penjahat Kelas Kakap Bergabung dalam 1 MisiPara Akudama menyerang Shinkansen. (dok. Studio Pierrot/Akudama Drive)

Bergenre cyberpunk digabungkan dengan action dan sci-fi, Akudama Drive menyajikan pemandangan distopia dari Jepang, khususnya wilayah Kansai. Wilayah ini menjadi tempat dengan tingkat kejahatan sangat tinggi dan penjahat-penjahat di sini kemudian disebut Akudama. Akudama memiliki peringkat. Jika peringkatnya semakin tinggi, masa hukumannya juga akan semakin panjang. 

Dalam cerita, para Akudama peringkat S, yaitu Hakobiya (kurir), Kenkaya (petarung), Isha (dokter), Satsujinki (pembunuh) dan Hacker, mendapatkan sebuah misi misterius dengan imbalan yang menggiurkan. Tanpa diduga, seorang warga sipil secara tidak sengaja terjebak dalam misi mereka dan terpaksa mengaku sebagai salah satu Akudama yang kemudian disebut Sagishi (penipu). Hal ini ia lakukan agar tidak dibunuh oleh para Akudama tersebut. Ia dan juga Chinpira (preman) yang sama sialnya kemudian turut serta dalam misi bunuh diri yang diperintahkan oleh seekor kucing hitam.

Dari segi alur cerita, anime ini sudah mengundang berbagai rasa penasaran dan daya tarik tersendiri. Distopia Kansai digambarkan dengan sangat apik karena menggambarkan bagaimana kejahatan bisa dengan mudahnya terjadi dan orang biasa bisa dicap sebagai penjahat dengan sangat cepat. Selain itu, dalam setiap episode, penonton akan diajak untuk menebak-nebak bagaimana misi bunuh diri para Akudama ini akan berakhir. 

2. Penamaan karakter berdasarkan profesi dan motivasi masing-masing

[REVIEW] Akudama Drive—Penjahat Kelas Kakap Bergabung dalam 1 MisiIsha menjahit luka pada lehernya. (dok. Studio Pierrot/Akudama Drive)

Dalam anime Akudama Drive, para karakternya tidak mengungkapkan nama asli mereka dan hanya dipanggil berdasarkan profesi masing-masing. Hal ini tentu belum umum dilakukan oleh anime-anime lainnya dan membuat setiap karakternya lebih mudah untuk diingat.

Tak hanya penamaan karakter yang unik, karakteristik dari para Akudama juga tak kalah menarik. Seolah memiliki motivasi masing-masing, pada akhirnya para Akudama tidak terlalu mementingkan hadiah, tetapi tetap melakukan misi mereka. Karakteristik ini juga gak jauh-jauh dari profesi mereka, seperti Hakobiya yang hanya ingin menyelesaikan misinya dalam mengantar barang; Isha yang ingin mengendalikan kematian orang-orang; hingga Kenkaya yang memang suka bertarung.

Baca Juga: [REVIEW] Classroom of the Elite—Usaha Melawan Hierarki Sekolah

3. Animasi khas genre cyberpunk dengan aksi yang luar biasa

[REVIEW] Akudama Drive—Penjahat Kelas Kakap Bergabung dalam 1 MisiShishō melawan Kenkaya. (dok. Studio Pierrot/Akudama Drive)

Anime orisinal dari Studio Pierrot ini berkolaborasi dengan Too Kyo Games sehingga menyajikan desain grafis yang unik dan terkesan dark, khas seperti anime genre cyberpunk lainnya. Suasana Kansai yang selalu berada di malam hari lengkap dengan lampu perkotaan dan elemen futuristik memang sangat keren dan cocok sebagai latar anime ini. 

Tak hanya elemen cyberpunk yang kental, adegan pertarungan dalam anime ini juga gak perlu diragukan nih. Penonton dijamin akan ikut dibuat berdebar karena banyaknya pertarungan yang intens di anime ini.

Studio Pierrot sebagai rumah produksi Akudama Drive pastinya juga tidak asing lagi bagi para penggemar anime. Studio ini sudah menghasilkan banyak anime populer, seperti Naruto, Bleach, Tokyo Ghoul, hingga Black Clover.

4. SPARK!!SOUND!!SHOW!! mengisi lagu opening yang kuat untuk Akudama Drive

https://www.youtube.com/embed/j0ApnbauFvE

Mengisi opening Akudama Drive dengan lagu berjudul "STEAL!", grup band SPARK!!SOUND!!SHOW!! berhasil membuat lagu yang memiliki dampak yang cukup kuat bagi pendengarnya. Lirik lagu ini juga sangat sesuai dalam menggambarkan para karakter Akudama Drive yang memang memiliki sisi nekatnya masing-masing.

Jika lagu opening-nya penuh dengan semangat, sementara lagu ending Akudama Drive yang berjudul "Ready" oleh grup band Urashimasakatasen cenderung lebih easy listening. Dengan pembawaan yang lebih santai, lagu ini begitu cocok sebagai penutup dari anime ini.

5. Ketertarikan dan Inspirasi Tomohisa Taguchi dalam produksi Akudama Drive

[REVIEW] Akudama Drive—Penjahat Kelas Kakap Bergabung dalam 1 MisiSatsujinki (dok. Studio Pierrot/Akudama Drive)

Sutradara anime Akudama Drive, Tomohisa Taguchi, awalnya tertarik dengan waralaba Danganronpa buatan Kazutaka Kodaka dan sepakat untuk melakukan kerja sama dalam proyek anime ini. Memiliki ketertarikan pada film-film karya Quentin Tarantino, seperti Reservoir Dog (1992) dan Pulp Fiction (1994), keduanya pun berkeinginan untuk membuat proyek anime cyberpunk dengan plot yang terinspirasi dari karya-karya Tarantino: penjahat berperan sebagai protagonis.

Tomohisa Taguchi dan Kazutaka Kodaka pun berhasil membuat Akudama Drive menjadi salah satu serial anime terbaik 2020 dengan menyajikan plot yang unik dan out of the box. Jika Kazutaka Kodaka dikenal karena kesuksesan Danganronpa, Tomohisa Taguchi juga dikenal sebagai sutradara dari anime Persona 4 the Golden Animation dan turut menggarap seri Persona lainnya, sebagai storyboarder dan unit director.

Anime Akudama Drive menjadi salah satu anime yang wajib ditonton bagi penggemar genre action dengan sentuhan cyberpunk. Anime ini digarap dengan sangat baik, mulai dari alur cerita yang menarik hingga penyutradaraan yang terbilang matang. Oleh karena itu, penulis memberikan skor sempurna 5/5 untuk anime orisinal studio Pierrot ini. Apakah kamu juga tertarik untuk menonton Akudama Drive? Kamu bisa menonton anime ini secara legal, nih, karena Akudama Drive sudah tersedia di YouTube Muse Indonesia. Jangan sampai dilewatkan, ya!

Baca Juga: [REVIEW] To Your EternityーPerjalanan Makhluk Abadi Memperoleh 'Arti'

https://www.youtube.com/embed/41k3bjceNIU

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Balinese

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya