Comscore Tracker

Sebelum Tenar, 6 Penyanyi Ini Dulu Pernah Jadi Backing Vokal Era 90-an

Setiap yang besar memang dimulai dari hal-hal kecil

Sebuah lagu yang berkualitas memang tidak hanya sekadar enak didengar, namun juga harus mengandung nilai dan pesan kebaikan dari setiap liriknya. Ada banyak penyanyi lawas yang melejit dengan lagu-lagunya yang abadi.

Namun tak sedikit juga beberapa penyanyi yang hanya ‘numpang lewat’ karena kurang diminati masyarakat. Entah karena kualitas suara yang tidak berbobot, musik yang sedang tidak in, atau memang keberuntungan sedang tidak berpihak padanya.

Ada beberapa penyanyi atau grup band yang murni menggunakan suaranya sendiri, namun ada juga yang menyiasatinya dengan menggunakan kecanggihan teknologi agar suara terdengar lebih merdu. Ada pula yang memakai jasa backing vokal agar suara penyanyi dan musik bisa lebih ‘berisi’.

Dan berikut ini merupakan enam artis yang setidaknya pernah menjajal kemampuan olah vokalnya dengan menjadi seorang backing vokal dari penyanyi atau grup band yang pernah hits di tahun 90an. Siapa saja sih?

1. Maia Estianty

Sebelum Tenar, 6 Penyanyi Ini Dulu Pernah Jadi Backing Vokal Era 90-anInstagram.com/maiaestiantyreal

Dikenal dekat dengan pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani, Maia Estianty memang sempat menjadi backing vocal untuk beberapa lagu hits band legendaris tersebut. Suaranya yang khas dan berkarakter memang menjadikan beberapa lagu Dewa 19 menjadi diingat hingga sekarang.

Tak heran, setelah lama bergelut menjadi backing vocal, Maia Estianty bersama Pinkan Mambo membentuk duo vokal bernama Ratu dengan beberapa hits andalan yang meledak di pasaran. Meski mengalami pergantian personel, Maia hingga sekarang masih tetap eksis di dunia musik tanah air.

2. Reza Artamevia

Sebelum Tenar, 6 Penyanyi Ini Dulu Pernah Jadi Backing Vokal Era 90-anYoutube.com/Reza Artamevia

Penyanyi bersuara berat Reza Artamevia pun rupanya pernah menjadi backing vocal dari grup band Dewa 19, lho. Di beberapa judul lagu yang sering dinyanyikan grup Dewa 19, ada suara Reza Artamevia yang menjadi penyanyi latarnya.

Bahkan, Reza sempat mengikuti tur Dewa 19 ke berbagai kota di Indonesia. Karena memiliki suara khas yang seksi dan jarang dimiliki oleh orang lain, maka sekitar tahun 1995 Reza Artamevia masuk dapur rekaman dengan hits andalannya Pertama.

Sejak saat itu, nama Reza Artamevia mulai dikenal publik dan namanya disebut sebagai salah satu penyanyi kenamaan tanah air yang berkualitas.

3. Memes

Sebelum Tenar, 6 Penyanyi Ini Dulu Pernah Jadi Backing Vokal Era 90-aninstagram.com/addiems999

Jauh sebelum lagu ‘Pesawatku’ hits di pasar musik tanah air, Memes merupakan seorang penyanyi latar dari grup band Kla Project. Dalam lagu Dinda yang sempat booming di tahun 90-an, Memes pun rupanya terlibat dalam backing vocal lagu tersebut.

Perlahan namun pasti, karier istri Addie MS itu pun melejit dengan beberapa tembang andalannya yang masih diingat hingga sekarang: Pesawatku, Janji Hati, dan sebagainya.

4. Pinkan Mambo

Sebelum Tenar, 6 Penyanyi Ini Dulu Pernah Jadi Backing Vokal Era 90-aninstagram.com/pinkan_mambo

Di awal kariernya, sama seperti rekan duetnya di Ratu, Pinkan Mambo pun sempat menjadi backing vocal Dewa. Pada beberapa kesempatan, Pinkan Mambo berkesempatan menjadi pengiring lagu yang banyak dipopulerkan oleh grup band ternama tersebut.

Karena memiliki suara serak yang berkarakter, Pinkan Mambo pun diduetkan bersama Maia Estianty dalam grup duo Ratu meski pada akhirnya posisinya diganti oleh Mulan Kwok dan kemudian Mei Chan dengan nama baru ‘Duo Maia’.

5. Shanty

Sebelum Tenar, 6 Penyanyi Ini Dulu Pernah Jadi Backing Vokal Era 90-anInstagram.com/shantyparedes

Dalam lagu bertajuk Risalah Hati yang dipopulerkan Dewa 19, siapa sangka ada suara merdu Shanty yang menjadi backing vokalnya. Selain sebagai backing vokal Dewa 19, Shanty pun rupanya pernah terlibat menjadi dancer di video klip grup vokal era 90-an.

Sebelumnya, Shanty juga merupakan seorang MC MTV Indonesia dengan kemampuan bahasa Inggrisnya yang patut dibanggakan. Bersama Marcell Siahaan, Shanty pun pernah merajai tangga lagu musik tanah air melalui single bertajuk Hanya Memuji.

6. Melly Goeslaw

Sebelum Tenar, 6 Penyanyi Ini Dulu Pernah Jadi Backing Vokal Era 90-aninstagram.com/melly_goeslaw

Siapa sangka, pencipta lagu dan penyanyi sekelas Melly Goeslaw pun ternyata dulu pernah menjadi seorang backing vokal, lho. Besar bersama Kla Project, Melly Goeslaw pernah menjadi penyanyi latar di judul Lara Hati.

Kla Project yang ketika itu melejit melalui lagu-lagu romantisnya memang membuat banyak orang ingat dengan lirik dan nadanya yang membuai. Barulah di tahun 1995, Melly Goeslaw bersama Anto Hoed dan lainnya membentuk grup band bernama Potret.

Hits Potret pun meledak di pasaran meski kini Melly Goeslaw lebih banyak disibukkan dengan kegiatan menyanyi solo dan sebagai pencipta lagu-lagu berkualitas.

Gak nyangka kan ya, penyanyi-penyanyi top di atas ternyata pernah menjadi seorang backing vocal yang keberadaannya saat itu tidak terlalu diperhatikan. Namun, berkat kerja keras, para backing vocal tersebut kini telah menjelma menjadi penyanyi laris manis yang kualitasnya benar-benar layak diacungi jempol.

Iip Afifullah Photo Community Writer Iip Afifullah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You