Comscore Tracker

Alunannya Lembut, 8 Lagu Keren Pop Sunda Lawas Ini Meneduhkan Hati

Bikin merem dengernya

Irama pop merupakan salah satu genre musik yang cukup digemari oleh banyak kalangan. Genre pop sendiri terbagi dalam beberapa sub bagian, salah satunya pop Sunda. Di era lawas, kamu juga tentu sudah tidak asing dengan beberapa lagu pop Sunda yang sering diputar kakak atau paman kamu. Iramanya yang mengalun lembut, bersinergi dengan suara penyanyinya yang meneduhkan, siapa yang tidak terbuai?

Bagi yang masih ingat, berikut ini beberapa judul lagu pop Sunda yang sempat tenar di era lawas dan menjadi lagu favorit ketika kamu sedang dilanda asmara.

1. Mojang Priangan

https://www.youtube.com/embed/SKfGKm9fFQQ

Lagu Mojang Priangan menceritakan tentang seorang gadis asal Priangan yang menarik simpati dan hati banyak pria. Dengan dandanan sederhana, gadis Priangan yang biasanya memakai kebaya memancarkan pesona dan aura yang meneduhkan. Sudah cantik, manis, molek, dan membuat kagum banyak pria yang betah berlama-lama menatapnya.

2. Kalangkang

https://www.youtube.com/embed/sf763BpNOHc

Sama seperti lagu lainnya, lagu Kalangkang mengisahkan tentang keindahan cinta dan romansa antara sepasang kekasih. Perasaan saling menyayangi, membahagiakan dan mencintai menjadi sebuah hal terindah dalam hidup. Jika cinta belum didapat, maka kejarlah cinta dengan segenap kekuatan yang dimiliki. Dan ketika cinta sudah diraih, maka jangan lepaskan dan jadikan kisah cinta sebagai kenangan yang indah dalam kehidupan.

3. Potret Manehna

https://www.youtube.com/embed/3pex-XWj-7Q

Diartikan dalam bahasa Indonesia, Potret Manehna berarti bermakna ‘foto dirinya’. Menceritakan tentang hubungan jarak jauh (sekarang disebut LDR) antara sepasang kekasih yang sedang dilanda asmara. Karena di zaman old belum ada internet, maka satu-satunya penghubung hati keduanya adalah melalui sebuah foto. Foto tersebut menjadi pengobat rindu karena lama tak berjumpa. Foto tersebut setiap hari ditatap, disimpan baik-baik, dan ajaibnya bisa membuat bahagia orang yang menatapnya.

Baca Juga: Bertemakan Dongeng, 6 Lagu Anak Lawas ‘Trio Laris’ Ini Bikin Ceria 

4. Ulah Jalir Jangji

https://www.youtube.com/embed/k9j5LXXYNc0

Dipopulerkan oleh Nining Meida dan Nia Daniati, lagu Ulah Jalir Jangji (artinya jangan ingkar janji) memiliki alunan yang lembut sekaligus merdu. Lagu ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang akan melangsungkan pernikahan satu bulan lagi. Harapan hidup bahagia bersama di masa depan menjadi satu hal yang diimpikan keduanya. Sang kekasih mengingatkan pasangannya agar tidak ingkar janji dengan cinta yang pernah mereka ikrarkan berdua.

5. Es Lilin

https://www.youtube.com/embed/Mpq5HWiaG0w

Versi asli lagu Es Lilin dipopulerkan oleh penyanyi Sunda Nining Meida yang kemudian dinyanyikan kembali oleh Siti Nurhaliza. Lagu Es Lilin merupakan kiasan dari seorang perempuan yang menyimpan hati kepada laki-laki namun malu untuk mengungkapkannya. Liriknya pun banyak mengandung kiasan dari es lilin, daerah asal, dan bahan pembuatannya. Cung, siapa yang masih malu-malu mengungkapkan rasa cinta kepada gebetannya?

6. Ulah Ceurik

https://www.youtube.com/embed/UCj3Ebx7kdM

‘Jangan menangis’ adalah arti dari kata yang jadi judul lagu ‘Ulah Ceurik’. Mengisahkan tentang sepasang suami-isteri yang harus bercerai karena keadaan meski masih ada rasa cinta di hati keduanya. Ucapan ‘jangan menangis’ diucapkan oleh mantan suaminya agar sang mantan isteri tetap tegar dan bisa memiliki pengganti lain selain dirinya. Mau cinta sebesar gunung, jika sudah tidak berjodoh, apa mau dikata? Berpisah secara baik-baik adalah jalan terbaik yang harus dipilih.

7. Duriat

https://www.youtube.com/embed/12vWEqYcPAM

Dalam bahasa Indonesia, Duriat diartikan dengan kata ‘cinta’. Semua jenis lagu, tentu tidak bisa dipisahkan dari tema cinta yang memang menjadi salah satu hal indah dalam hidup. Lagu Duriat mengisahkan tentang seseorang yang tetap setia dengan satu cintanya kepada orang lain. Meski banyak hati yang datang, cinta sejati tetap menjadi pilihannya untuk mengarungi hidup di masa depan.

8. Borondong Garing

https://www.youtube.com/embed/x0qeXbqNHyY

Eits, jangan salah ya, berondong yang ini bukan laki-laki muda berwajah muda idola emak-emak lho. Berondong yang satu ini merupakan sejenis makanan dari jagung yang digoreng hingga mengembang dan garing untuk cemilan saat kumpul keluarga. Dalam lagu ini, Borondong Garing merupakan makanan lezat yang merupakan salah satu kekhasan dari daerah Majalaya, Soreang Banjaran, Bandung.

Tak hanya di daerah Sunda sendiri, lagu-lagu pop Sunda ini disukai oleh seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air karena alunannya yang lembut dan meneduhkan. Apalagi sekarang musim hujan, iringan lagu-lagu Sunda sangat tepat dinikmati saat suasana dingin dan sejuk seperti ini kan?

Baca Juga: 10 Lagu Lawas yang Langganan Dinyanyikan di Panggung AFI

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya