Comscore Tracker

5 Tips Menangani Perbedaan Pendapat dengan Bijak Saat Sedang Diskusi

Jangan egois dengan pendapatmu sendiri, ya 

Dalam suatu hal yang melibatkan lebih dari satu orang seperti saat sekolah, bekerja atau organisasi pasti ada waktu di mana kalian berdiskusi tentang sesuatu. Karena cara berpikir orang yang berbeda-beda, adanya perbedaan pendapat dalam diskusi pun tidak bisa dihindarkan.

Tapi kalau hal itu terjadi jangan langsung menghakimi dulu, cobalah untuk menanganinya dengan bijak. Bisa coba lima tips di bawah ini kalau kamu tidak tahu bagaimana menanganinya, simak baik-baik ya.

1. Mencoba memahami pendapat yang lain dulu 

5 Tips Menangani Perbedaan Pendapat dengan Bijak Saat Sedang DiskusiPexels.com/August De Richelieu

Jika terjadi perbedaan pendapat saat sedang berdiskusi maka cobalah untuk memahami pendapat yang lain terlebih dahulu. Coba memahami dari berbagai sudut pandang agar tidak ada yang terpojokkan, sebab berbedanya pendapat pasti ada alasan di baliknya kan.

2. Utamakan untuk tidak egois  

5 Tips Menangani Perbedaan Pendapat dengan Bijak Saat Sedang DiskusiPexels.com/Christina Morillo

Kedua, harus selalu mengutamakan sikap untuk tidak egois kalau sedang diskusi. Jangan sekali-kali mementingkan diri sendiri dan merasa paling benar, atau menggiring opini agar yang lain sependapat denganmu. Karena dalam diskusi harusnya semua orang bebas untuk mengeluarkan pendapatnya sendiri.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan Serius

3. Mencari penengah dan solusi terbaik bersama-sama 

5 Tips Menangani Perbedaan Pendapat dengan Bijak Saat Sedang DiskusiPexels.com/Retha Ferguson

Lalu carilah penengah atau jalan tengah dari perbedaan yang ada dan solusi terbaik bersama-sama. Libatkan semua orang yang bersangkutan dalam memilih keputusan terbaik, dan usahakan untuk selalu objektif dalam menilai dan tidak memihak.

4. Tidak menghakimi dan hati-hati dalam bicara 

5 Tips Menangani Perbedaan Pendapat dengan Bijak Saat Sedang DiskusiPexels.com/Fauxels

Kalau ada pendapat yang berbeda dalam suatu diskusi maka jangan langsung menghakimi dan harus hati-hati dalam bicara. Jangan pilih kata-kata yang sensitif atau berpotensi menyinggung perasaan orang. Hal ini dilakukan agar perbedaan pendapat itu gak menyulut emosi atau pertengkaran.

5. Gak melibatkan orang luar yang tidak bersangkutan 

5 Tips Menangani Perbedaan Pendapat dengan Bijak Saat Sedang DiskusiPexels.com/Andrea Piacquadio

Tips yang terakhir ini bisa dibilang sangat penting, yaitu tidak melibatkan orang luar yang tidak bersangkutan dalam diskusi itu. Karena orang luar tentu tidak paham dengan situasinya, dan bisa-bisa keterlibatannya malah membuat keadaan jadi panas dan diskusi bisa berakhir buruk.

Diskusi itu kegiatan yang setiap orang bebas dalam berpendapat, dan lima tips di atas bisa kamu gunakan untuk menangani dengan bijak jika terjadi perbedaan pendapat antara satu sama lain.

Baca Juga: 5 Manfaat Berargumen Saat Beda Pendapat yang Bisa Tingkatkan Analisa

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya