Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Bantu Kamu agar Jadi Optimis, Anti Pesimis! 

#IDNTimesLife Kalau rajin dilakukan jadi lebih optimis, deh

Rasa pesimis sering kali datang menghampiri hidup kita. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa datang dari pikiran, lingkungan, bahkan orang lain. Namun meski demikian, rasa pesimis ada baiknya secara perlahan untuk segera dibuang. Terlebih jika kamu sangat yakin dengan apa yang kamu lakukan saat ini.

Pesimis justru malah akan menganggu apa yang sudah kamu upayakan dari jauh-jauh hari. Kalau kamu tengah berada dalam fase ini ada baiknya simak tips berikut agar kamu jadi orang yang optimis. 

1. Kelilingi dirimu dengan lingkungan yang suportif 

5 Kebiasaan Ini Bantu Kamu agar Jadi Optimis, Anti Pesimis! ilustrasi sekelompok perempuan sedang berbincang (Pexels.com/RF._.studio)

Disadari atau gak, lingkungan yang suportif juga akan membantu kamu buat berkembang. Lingkungan yang suportif juga bisa mempengaruhi keputusanmu dalam melakukan sesuatu. Untuk itu, kalau kamu ingin jadi orang yang optimis, ada baiknya kelilingi dirimu dengan orang-orang yang suportif.

Orang-orang yang akan selalu mendukung apapun keputusan kamu, tanpa membuatmu merasa terbebani sama sekali. Mereka akan senantiasa memberikan dukungannya terhadapmu, sehingga rasa pesimis yang semula hadir, perlahan sirna karena kamu dikelilingi dengan banyaknya energi positif.

2. Perbanyak rasa syukur 

5 Kebiasaan Ini Bantu Kamu agar Jadi Optimis, Anti Pesimis! ilustrasi sedang berdoa (Unsplash.com/Ruben Hutabarat)

Rasa syukur harus selalu kita panjatkan kepada Tuhan atas karunia-Nya. Sekecil apapun itu, wajib sekali untuk kita syukuri. Saat kita lebih banyak bersyukur ketimbang mengeluh, di saat itu pula kita terhindar dari sifat pesimis. Karena kita yakin betul bahwa nikmat Tuhan gak akan pernah putus.

Semakin banyak bersyukur, semakin banyak pula pertolongan Tuhan yang akan kita dapatkan. Entah melalui apapun atau siapapun, saat kita optimis terhadap nikmat yang Tuhan beri, hati terasa lebih tenang dalam mengerjakan segala sesuatu.

3. Small progress still a progress

5 Kebiasaan Ini Bantu Kamu agar Jadi Optimis, Anti Pesimis! ilustrasi seseorang sedang mengetik lewat laptop (Pexels.com/Peter Olexa)

Untuk menuju sebuah target, pasti jalan yang ditempuh gak mudah. Ada perjalanan yang harus kita lewati setiap hari untuk menghasilkan sebuah proses. Tapi, banyak yang menganggap bahwa proses yang kecil bukanlah sesuatu yang harus dibanggakan, padahal small progress still a progress juga, kan?

Jadi sekecil apapun kemajuannya, kalau kita pandang dari sisi positif, lambat laun juga akan bertambah dengan sendirinya. Kalau kita percaya hal semacam itu, dijamin, deh, kita bukan termasuk golongan orang yang mudah pesimis.

Baca Juga: Fakta Unik tentang Sikap Optimis dan 7 Cara jadi Optimis

4. Buang jauh-jauh pikiran negatif 

5 Kebiasaan Ini Bantu Kamu agar Jadi Optimis, Anti Pesimis! ilustrasi seorang pria tengah terlihat stres (Pexels.com/Kelly Lacy)

Kadang kala tanpa disadari, pikiran negatif yang justru malah membuat sesat logika. Pikiran-pikiran bahwa kita gak bisa, kita gak mampu, kita gak akan pernah menyelesaikannya, omongan orang lain atas apa yang kita lakukan, semua itu nyatanya hanya ada di pikiran kita. 

Pikiran jahat inilah yang akhirnya membuat kita jadi merasa pesimis atas apa yang kita lakukan belakangan ini. Tetapi, kalau kita berhasil membuang pikiran itu, kita akan jadi sosok yang lebih baik yakni menjadi individu yang optimis.

5. Jangan pernah berhenti mencoba 

5 Kebiasaan Ini Bantu Kamu agar Jadi Optimis, Anti Pesimis! ilustrasi seorang pria membantu temannya berdiri (Pexels.com/Allan Mas)

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan supaya kamu gak jadi orang yang pesimis adalah jangan pernah berhenti mencoba. Meski banyak rintangan yang menghalangi kamu, atau bahkan mungkin kamu pernah gagal, jangan pernah sekalipun menyerah.

Kamu harus coba lagi, karena kalau kamu berhenti mencoba sama saja kamu mengubah dirimu menjadi orang yang pesimis. Gagal adalah hal yang wajar dan dapat dialami siapapun, tapi kalau kamu orangnya optimis, kamu gak akan takut mencoba lagi dengan persiapan yang jauh lebih matang dari sebelumnya.

Bagaimana pun juga, namanya kehidupan pasti ada pasang surutnya, meskipun begitu kamu harus tetap optimis, ya! Sesekali pesimis boleh saja, tapi jangan dilakukan setiap hari, Guys! Semangat!

Baca Juga: [QUIZ] Tes Kokologi Ini Bisa Menebak Apakah Kamu Orang yang Pesimis, Optimis, atau Tenang

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya