Comscore Tracker

7 Hal yang Bikin Fresh Graduate Ingin Bekerja di Dunia Start Up

Apa kamu salah satu nya?

Setelah lulus kuliah dan wisuda, ada sebagian fresh graduate yang sudah memiliki rencana dan tujuan akan bekerja dimana. Namun sebagiannya lagi masih bingung memilih untuk bekerja di perusahaan besar yang sudah memiliki nama atau bekerja di perusahaan yang masih baru yang kini disebut dengan perusahaan start up.

Nyatanya, meskipun belum settle, bekerja di dunia start up memang sedang diminati oleh banyak fresh graduate mengingat bahwa saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Bekerja di perusahaan besar memang terlihat sangat menjanjikan, namun apa yang membuat fresh graduate khususnya millennials tertarik untuk mencoba berkarir di dunia start up?

1. Memiliki rekan kerja super asyik dan open minded yang membuat hari-hari kamu di kantor menyenangkan.

7 Hal yang Bikin Fresh Graduate Ingin Bekerja di Dunia Start UpDhania Ulfa Aghniarahmah

Perusahaan start up cenderung merekrut generasi muda khususnya millennials atau bahkan generasi Z yang mulai memasuki dunia kerja karena mereka masih memiliki semangat yang tinggi dan ide-ide yang masih baru dan cemerlang. Kalau kamu bekerja di dunia start up, kamu akan menemukan banyak rekan kerja yang seusia denganmu yang open minded, berwawasan, dan pastinya seru untuk diajak berdiskusi bersama.

2. Kantor start up selalu memiliki desain yang unik dan tidak membosankan

7 Hal yang Bikin Fresh Graduate Ingin Bekerja di Dunia Start Upsugarandcream.co

Beberapa kantor start up seperti Go-Jek, Bukalapak, dan Tokopedia didesain secara khas dengan memadukan warna-warna yang membuat kantor semakin cerah dan hidup. Beberapa furniture juga ditambahkan agar memberikan kesan lucu dan tidak membosankan. Makin betah kerja nih.

3. Kamu bisa mengembangkan skill yang dapat membawa perubahan bagi perusahaan

7 Hal yang Bikin Fresh Graduate Ingin Bekerja di Dunia Start UpDhania Ulfa Aghniarahmah

Memilih untuk bekerja di dunia start up tandanya kamu siap untuk berkontribusi dalam memberikan dampak bagi perusahaan. Perusahaan start up masih belum memiliki sistem kerja yang pasti dan jumlah karyawan yang belum sebanyak perusahaan konvensional. Ada beberapa perusahaan start up yang belum melakukan spesifikasi terhadap posisi kerja nya sehingga kamu bisa mempelajari banyak hal, misalnya untuk posisi digital marketing, kamu bisa mempelajari tentang content writing, design marketing, dan social media analytics sekaligus.

Baca Juga: 6 Skill Wajib Dikuasai Jika Kamu Bergelut di Start Up Digital

4. Banyak fasilitas yang bisa kamu dapat lho. Apa saja?

7 Hal yang Bikin Fresh Graduate Ingin Bekerja di Dunia Start Upkomunitas.bukalapak.com

Perusahaan start up menyediakan beberapa fasilitas yang sangat menarik lho. Mulai dari tempat bermain, tempat bersantai, sampai tempat olahraga. Dijamin gak akan membuat kamu bosan.

5. Jam kerja nya fleksibel! Bahkan ada perusahaan yang mengizinkan kamu untuk bekerja di luar kantor atau di rumah. Tertarik?

7 Hal yang Bikin Fresh Graduate Ingin Bekerja di Dunia Start Upmagazine.job-like.com

Pada umumnya semua orang bekerja selama 8 sampai 9 jam dengan waktu istirahat 1 jam. Bagaimana dengan perusahaan start up? Sama sih tapi kamu bisa memulai bekerja dengan jam yang kamu mau asalkan dengan kurun waktu 8-9 jam. Bahkan beberapa perusahaan start up mengijinkan kamu untuk bekerja di rumah atau di tempat lain seperti kafe dan restaurant. Seru kan? Tapi jangan sering-sering ya. 

6. Kalo kamu kerja di kantor start up, kamu ngga harus pakai baju formal lho. Pakai celana jeans dan kaos? Boleh banget!

7 Hal yang Bikin Fresh Graduate Ingin Bekerja di Dunia Start Uppexels.com/olly

Kurang nyaman karena setiap hari bekerja dengan menggunakan kemeja dan sepatu high heels? Jangan khawatir, kamu bebas menggunakan pakaian dan sepatu jenis apapun di perusahaan start up asalkan tetap terlihat rapi dan pantas ya.

7. Takut jenjang karir tidak pasti? Tenang. Sekarang adalah jamannya perkembangan teknologi.

7 Hal yang Bikin Fresh Graduate Ingin Bekerja di Dunia Start Upblibli.com

Salah satu yang membuat fresh graduate ragu untuk memilih bekerja di dunia start up adalah jenjang karir yang dinilai kurang pasti. Nyatanya, bekerja di perusahaan besar yang sudah settle juga tidak menjamin kamu mendapatkan jenjang karir yang pasti. Semua kembali lagi pada diri kita masing-masing. Kalau kamu ingin naik pangkat dan naik penghasilan secara lebih cepat, kamu harus bekerja secara jujur, kreatif, dan disiplin. Jangan lupa banyak doa dan ingat bahwa tidak ada yang instan.

Nah, itu dia 7 Hal yang bikin fresh graduate ingin bekerja di dunia start up. Apa kamu tertarik? Selagi masih muda, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai kesempatan salah satunya adalah bekerja di dunia start up.

Baca Juga: 6 Skill Wajib Dikuasai Jika Kamu Bergelut di Start Up Digital

Dhania Ulfa Aghniarahmah Photo Writer Dhania Ulfa Aghniarahmah

I have passion in content writing. Live your life, be young and free!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya