Comscore Tracker

7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lho

Referensi profesinya banyak juga, ya

Dari ranah sosial humaniora, Ilmu Sejarah termasuk program studi yang gak terlalu banyak peminatnya. Disangka hanya berisi hafalan saja, mengambil prodi Ilmu Sejarah juga mengajarkan teknik penelitian, lho.

Dalam mengkaji sebuah peristiwa sejarah, dibutuhkan pengkajian yang kompleks dan berkelanjutan. Perlu ketelitian tinggi, pola berpikir yang runut, serta didukung dengan kerapian dokumentasi. Banyak, kan bekal ilmu yang didapat dari perkuliahan Ilmu Sejarah?

Peluang kerjanya pun terbilang luas, lho. Mulai dari dunia pendidikan sampai di balik layar film, simak tujuh prospek kerja lulusan Ilmu Sejarah berikut.

1. Pengajar di instansi pendidikan

7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lhofreepik/sarinya9940

Peluang kerja di bidang pendidikan terbuka sangat lebar bagi lulusan Ilmu Sejarah. Beberapa pilihan posisi seperti dosen, guru, hingga penulis diktat sejarah menarik untuk dicoba.

2. Sejarawan

7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lhofreepik/senivpetro

Setiap lulusan Ilmu Sejarah tentu berpeluang menjadi sejarawan. Sejarawan atau ahli sejarah adalah seseorang yang mempelajari peristiwa sejarah secara metodis, kemudian menyusun hasil penelitiannya dalam bentuk naskah.

Buku-buku sejarah yang terpajang di toko hingga perpustakaan sebagian besar adalah karangan para sejarawan.

3. Bergabung dengan balai konservasi cagar budaya

7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lhofreepik/jcomp

Lulusan Ilmu Sejarah juga punya peluang bergabung dengan instansi pemerintahan, tepatnya di Balai Konservasi Cagar Budaya. Instansi ini berada dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tugas tiap-tiap Balai Konservasi meliputi pengamanan, pengelolaan, pemeliharaan, hingga melakukan kajian konservatif pada cagar budaya terkait. Cocok, kan dengan kompetensi lulusan Ilmu Sejarah?

Baca Juga: 8 Jurusan Kuliah Ini Sering Dipilih Oleh Perempuan, Kamu Juga?

4. Peneliti

7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lhofreepik/pressfoto

Lulusan Ilmu Sejarah juga berpeluang besar menjadi peneliti di berbagai lembaga riset. Selain mengkaji peristiwa, penelitian juga bisa dilakukan pada barang-barang bersejarah.

5. Prospek kerja di sektor pariwisata gak kalah banyak, lho

7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lhofreepik/jcomp

Peluang kerja di sektor pariwisata barangkali menjadi yang paling seru dan menarik. Lulusan Ilmu Sejarah berpeluang besar menjadi pemandu wisata di tempat-tempat bersejarah, seperti cagar budaya dan museum.

6. Lulusan Ilmu Sejarah jadi sineas? Bisa!

7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lhofreepik/Freepik

Kebayang gak lulusan Ilmu Sejarah bekerja di balik layar produksi film? Film bertema sejarah punya pangsa pasar yang cukup menjanjikan. Di Indonesia sendiri, film-film bertema sejarah kembali digandrungi anak muda dalam beberapa tahun terakhir.

Peran lulusan Ilmu Sejarah adalah sebagai penulis naskah atau skenario. Pengetahuannya selama kuliah bisa diaplikasikan dengan baik di sini.

7. Penulis, sebab ahli sejarah adalah seorang pencerita yang baik

7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lhopixabay/picjumbo

Profesi yang satu ini paling fleksibel, bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Lulusan Ilmu Sejarah sangat berpeluang menjadi penulis. Mereka dibekali kemampuan menyusun tulisan secara runut dan sistematis.

Gak melulu naskah sejarah baku, bisa juga menulis karya-karya fiksi yang lebih digemari pembaca. Gimana, tertarik?

Bagi kamu yang saat ini berstatus mahasiswa Ilmu Sejarah, tujuh profesi di atas bisa dijadikan referensi pekerjaan setelah lulus nanti. Semangat belajar, ya!

Baca Juga: 7 Jurusan Kuliah Unik Ini Beneran Ada, Lho!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya