Comscore Tracker

5 Alasan Membangun Networking Seluas-luasnya Itu Penting

Tunjukkan pesonamu pada mereka!

Bukan hanya berlaku bagi penggiat bisnis saja, membangun networking seluas-luasnya itu teramat penting bagi semua orang, lho. Mulai dari kalangan pelajar, pekerja, ibu rumah tangga dan lainnya. Membangun networking tidak lah harus memandang status, semisal; pebisnis dengan pebisnis, pelajar dengan pelajar saja, melainkan dengan siapa pun kamu amat perlu memperluasnya.

Inilah 5 alasan mengapa perlu membangun networking seluas-luasnya, yuk mulai dari sekarang.

1. Melatih personal dalam bersosialisasi

5 Alasan Membangun Networking Seluas-luasnya Itu Pentingpexels.com/@divinetechygirl

Ada istilah bisa karena terbiasa. Istilah tersebut berlaku dalam hal bersosialisasi. Tak sedikit yang merasa sulit berkomunikasi atau mempresentasikan sesuatu di hadapan orang lain, karena merasa malu atau bahkan takut, penyebabnya karena gak terbiasa.

Dengan kamu memiliki networking yang luas, kamu bisa memerhatikan cara mereka berkomunikasi di hadapan khalayak luas. Dari sana pula lah kamu bisa melatih personalmu dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan networking yang luas pula lah, kamu bisa belajar menempatkan bahasa dan gaya berbicara disesuaikan dengan lawan bicaranya.

2. Menambah koneksi dan informasi

5 Alasan Membangun Networking Seluas-luasnya Itu Pentingunsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Selain melatih kemampuanmu dalam berkomunikasi dan bersosialisasi, networking yang luas pun akan menambah koneksimu. Tatkala kamu membutuhkan suatu informasi semisal; lowongan pekerjaan, peluang usaha, informasi lowongan kerja, tidak bisa hanya mengandalkan internet saja, melainkan informasi dari teman atau koneksimu juga.

Oleh sebab itu, perluas lah networking-mu mulai dari sekarang, dengan semua orang dari berbagai latar belakang.

3. Menambah pengetahuan

5 Alasan Membangun Networking Seluas-luasnya Itu Pentingunsplash.com/@neonbrand

Meskipun di zaman sekarang ini segala informasi bisa mengandalkan gadget, namun informasi dari luar pun amat diperlukan. Menambah informasi gak hanya bisa mengandalkan informasi dari laman pencarian google saja, perlu yang namanya sekolah, kuliah, bekerja serta berbaur dengan lingkaran pertemanan yang luas, karena hal tersebut sebagai sarana berkomunikasi dan bersosialisasi.

Dari sana lah kamu bisa menambah pengetahuanmu menjadi lebih luas lagi. Jangan pernah batasi lingkaran pertemananmu, berbaurlah dengan siapa pun dari segala lini tanpa pandang bulu, namun tetap gak melepaskan norma dan aturan, ya.

Baca Juga: Apa Benar, Main Golf Itu Menyalurkan Hobi Sembari Bangun Networking ?

4. Sebagai sarana menunjukkan kemampuan diri

5 Alasan Membangun Networking Seluas-luasnya Itu Pentingpexels.com/@zhuhehuai

Networking yang luas adalah wadah untuk kamu mempresentasikan semua potensi dan kemampuan yang ada pada dirimu. Dari kemampuan di dalam dirimu tersebut, bisa menjadi value yang menguntungkan baik bagi orang lain yang membutuhkan maupun bagi diri kamu sendiri.

5. Membangun reputasi diri

5 Alasan Membangun Networking Seluas-luasnya Itu Pentingcoreypadveen.com

Dengan kamu menunjukkan kemampuan yang ada pada dirimu, orang lain akan memberi penilaian, citra dan reputasi terhadap kamu. Reputasi tersebut akan bermanfaat untukmu. Semisal; reputasi yang baik saat sekolah, akan bermanfaat saat kamu masuk perguruan tinggi atau dunia kerja; reputasi baik saat kerja, kamu bisa dilirik oleh perusahaan lain.

Di sinilah letak pentingnya kamu mempunyai networking yang luas. Setiap harinya akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari orang-orang dari berbagai latar belakang dan pengalaman yang berbeda. Yuk, mulai sekarang buka lah jaringan pertemanan dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda-beda.

Baca Juga: Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya