Comscore Tracker

Lagi Malas Kerja? Ingat 6 Hal Ini Biar Gak Keterusan 

Zaman lagi sulit, punya pekerjaan itu anugerah! 

Manusiawi kalau terkadang kamu mengalami penurunan semangat dalam menjalani hari. Termasuk menghadapi pekerjaanmu. Mungkin kamu cuma lagi capek, bosan, atau baru ada masalah lain terkait pekerjaan maupun di luar itu.

Meski demikian, gak bijaksana juga kalau kamu gak melakukan apa pun untuk mengatasi rasa malasmu. Sebab jika dibiarkan, bisa-bisa rasa malas itu makin parah. Sebelum berdampak buruk pada pekerjaanmu, coba kamu ingat-ingat 6 hal di bawah ini:

1. Kalau gak kerja, mau hidup pakai apa? 

Lagi Malas Kerja? Ingat 6 Hal Ini Biar Gak Keterusan Unsplash.com/m_malkovich

Jika suasana hatimu lagi buruk banget, kamu mungkin akan seketika menjawab dengan ketus, “Tabungan masih banyak!”

Namun coba deh, dipikir-pikir lagi sambil menenangkan diri. Memangnya berapa sih, tabunganmu? Sebanyak apa pun tabunganmu, lama-kelamaan habis juga kalau kamu gak kerja-kerja.

Jadi, demi kesejahteraan diri sendiri dan keluarga, mau gak mau kamu memang harus tetap bekerja. Bergantung sama orang lain, bahkan jika itu orangtua sendiri juga gak enak, kan? Kamu butuh uang bukan cuma buat makan, tetapi juga menegakkan harga diri.

2. Posisimu sekarang adalah mimpi banyak orang 

Lagi Malas Kerja? Ingat 6 Hal Ini Biar Gak Keterusan Unsplash.com/withericshelp

Gak perlu menunggu kamu menjadi orang nomor satu di kantor. Apa pun pekerjaan dan posisimu hari ini, pasti banyak orang di luar sana yang mau menggantikanmu. Jangankan di tengah pandemik COVID-19 seperti saat ini.

Saat dunia masih baik-baik saja, mendapatkan pekerjaan juga bukan urusan gampang. Kalaupun dapat, kadang gajinya terlalu kecil untuk sekadar hidup layak. Jadi kalau sampai hari ini kamu masih punya pekerjaan dan penghasilan yang cukup, jangan sampai terlintas sedikit pun dalam pikiran untuk menyia-nyiakannya.

3. Ingat semua perjuanganmu untuk bisa sampai di titik ini 

Lagi Malas Kerja? Ingat 6 Hal Ini Biar Gak Keterusan Unsplash.com/laurence_lmxo

Saking lamanya bekerja, mungkin kamu lupa bagaimana dahulu kamu berjuang keras untuk mendapatkan pekerjaan. Sainganmu begitu banyak, gak sebanding dengan lowongan yang tersedia.

Kamu bahkan harus menempuh perjalanan antar kota hanya untuk mengikuti job fair atau wawancara kerja. Setelah diterima pun, kamu mungkin gak langsung menduduki posisimu sekarang.

Perjuanganmu luar biasa untuk bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari atasan. Bahkan jika kamu punya usaha sendiri, kamu butuh waktu yang cukup panjang untuk mengembangkannya.

Baca Juga: 7 Alasan Logis Millennials Cenderung Malas Kerja di Kantor

4. Kamu masih bisa bekerja dengan baik sekalipun semangatmu gak 100 persen, kok!

Lagi Malas Kerja? Ingat 6 Hal Ini Biar Gak Keterusan Unsplash.com/mialiamani

Kamu gak sendirian. Faktanya, mempertahankan semangat siapa pun agar selalu seratus persen itu amat sulit. Bahkan mustahil. Apalagi dalam kehidupan orang dewasa yang sangat kompleks.

Namun orang dewasa juga punya kemampuan untuk bersikap tetap profesional. Apalagi kalau kamu gak satu atau dua hari menggeluti pekerjaan itu melainkan sudah sangat berpengalaman.

Ibaratnya, dengan mata terpejam pun, tugas-tugasmu bakal tetap beres. Jadi, yang perlu kamu lakukan saat terserang rasa malas hanyalah tetap menjalankan rutinitasmu. Jangan sampai membiarkan tugas-tugasmu terbengkalai.

5. Bekerja itu tanda sayang pada diri sendiri dan orang-orang yang menjadi tanggung jawabmu 

Lagi Malas Kerja? Ingat 6 Hal Ini Biar Gak Keterusan Unsplash.com/miguelteirlinck

Siapa nih, yang masih merasa bekerja sama dengan penderitaan? Duh, jangan lagi ya! Bagaimana bisa disebut penderitaan kalau dari situ kamu justru mendapatkan penghidupan? Jangan terbalik dalam berpikir.

Pun dengan bekerja, kamu jadi bisa mengoptimalkan pengembangan dirimu. Wawasanmu terus bertambah, gak ketinggalan zaman. Juga jelas, kamu jadi bisa memberikan kehidupan yang baik untuk keluargamu.

6. Nanti penghasilan berkurang atau dipindah posisi, baru menyesal! 

Lagi Malas Kerja? Ingat 6 Hal Ini Biar Gak Keterusan Unsplash.com/melissaalexandria

Kegagalanmu mengendalikan rasa malas bisa berujung bencana, lho. Kalau kamu bekerja lepas atau berdagang, bakal terasa banget akibat dari memperturutkan kemalasan. Apa lagi kalau bukan penghasilan yang menurun?

Jangankan penghasilan menurun sampai gak mencukupi kebutuhan. Masih cukup tetapi lebih kecil daripada penghasilan bulan sebelumnya saja sudah bikin kepikiran, kan? Dan bila kamu bekerja ikut orang, memperturutkan rasa malas juga bisa bikin kamu didepak dari posisimu. Siapa yang suka menggaji karyawan yang malas?

Sesekali merasa malas itu normal. Namun pastikan kamu tetap bisa mengontrolnya ya! Malas gak malas, pekerjaan tetaplah pekerjaan. Tunjukkan kamu tetap bisa bersikap profesional.

Baca Juga: Makin Rajin, Ini 7 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Malas Bekerja

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya