Comscore Tracker

5 Skill Dasar untuk Kamu yang Ingin Bekerja Sebagai HRD

#MillennialsBerkarier Kamu sudah punya?

Divisi HRD (Human Resources Development) merupakan divisi yang memiliki peran penting dalam manajemen sumber daya perusahaan. Beberapa deskripsi pekerjaan di divisi HRD ini meliputi rekruitmen karyawan, administrasi personalia, pengembangan dan pelatihan karyawan, kompensasi dan tunjangan. Divisi HRD juga berperan penting untuk menularkan nilai-nilai dan tujuan perusahaan kepada para karyawannya.

Buat kamu yang ingin bekerja sebagai HRD, berikut beberapa kemampuan dasar yang harus kamu kuasai dengan baik.

1. Multitasking dan bisa fokus di banyak hal

5 Skill Dasar untuk Kamu yang Ingin Bekerja Sebagai HRDPexels/Lukas

Deskripsi pekerjaan HRD membuat divisi ini menjadi divisi yang berhubungan paling banyak dengan divisi lainnya. Karyawan HRD tidak hanya memiliki satu jenis pekerjaan saja, misalnya proses rekruitmen karyawan, mengatur jadwal interview, menyiapkan tes untuk calon karyawan, mempersiapkan pelatihan untuk karyawan, dan tugas lainnya secara bersamaan. Oleh sebab itu kemampuan multitasking sangat penting dimiliki oleh seorang karyawan HRD.

2. Manajemen konflik dan pemecahan masalah

5 Skill Dasar untuk Kamu yang Ingin Bekerja Sebagai HRDPixabay/TeroVesalainen

Divisi HRD memiliki fungsi untuk menciptakan suasana kondusif dan mengelola sumber daya manusia, yakni para pekerja di perusahaan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi karyawan HRD untuk bisa mencari solusi yang adil terhadap suatu permasalahan yang terjadi di perusahaan. Seorang karyawan HRD harus mampu membuat solusi pemecahan masalah berupa win-win solution tanpa memihak sebelah.

3. Kemampuan berorganisasi

5 Skill Dasar untuk Kamu yang Ingin Bekerja Sebagai HRDvietcare84.vn

Seorang karyawan HRD harus mempunyai kemampuan organisasi yang baik karena merekalah yang mengatur manajemen waktu perusahaan, menyimpan data karyawan, dan data-data penting perusahaan lainnya. Oleh sebab itu, karyawan HRD juga harus mampu bersikap tegas dan disiplin.

4. Fokus dan berorientasi pada detail

5 Skill Dasar untuk Kamu yang Ingin Bekerja Sebagai HRDfmpreuss.de

Mengerjakan pekerjaan yang banyak dan berbeda, membuat karyawan HRD harus bisa teliti dan meminimalisir kesalahan dalam bekerja. Salah satu cara untuk bisa lebih teliti dan fokus dalam pekerjaan adalah dengan mencatat apa saja yang harus dikerjakan, kemudian mengevaluasi hasil pekerjaan yang telah dilakukan untuk perbaikan kedepannya.

5. Bersikap bijaksana dan mampu menjaga rahasia

5 Skill Dasar untuk Kamu yang Ingin Bekerja Sebagai HRDekomed-shop.ru

Sudah tidak asing lagi jika divisi HRD menjadi tempat curhat para karyawannya. Divisi HRD juga merupakan jembatan antara karyawan dari berbagai jabatan. Oleh sebab itu, seorang karyawan HRD harus bersikap adil, mampu menjaga rahasia perusahaan dan karyawan lainnya, dan mampu bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan yang tidak merugikan sebagian pihak. Seorang karyawan HRD juga harus mampu bersikap profesional dalam pekerjaan dengan tidak mencampurkan urusan pekerjaan dan pribadi.

Buat kamu yang ingin melamar sebagai HRD, yuk mulai sekarang coba asah kemampuan-kemampuan dasar tersebut.

Melisa Camalia Photo Community Writer Melisa Camalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You