Comscore Tracker

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Desain Interior, Bisa Jadi PNS Juga!

Menjanjikan banget

Pada dasarnya, semua orang bisa mendekorasi ruangan. Akan tetapi, tak semuanya bisa menghasilkan desain yang seimbang antara seni dan kebutuhan manusia dalam melakukan berbagai kebiasaan. Alhasil, muncul jurusan kuliah bernama desain interior.

Desain interior merupakan jurusan yang berkaitan dengan tata cara pengaturan letak sebuah furnitur dalam ruangan. Lantas, setelah lulus nanti, apa saja prospek kerja yang dapat digeluti oleh jurusan desain interior? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Drafter dan visualizer 3D

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Desain Interior, Bisa Jadi PNS Juga!freepik.com/freepic.diller

Sebagai lulusan desain interior, kamu tak hanya mahir dalam perencanaan saja, melainkan juga dalam menggambar dan menggunakan beberapa aplikasi desain ruangan. Bagi kamu yang memiliki keterampilan ini, maka prospek kerja sebagai drafter bisa menjadi pilihan.

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memberikan gambaran ruangan yang mudah dimengerti banyak orang. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi, seperti ArchiCAD, Sketchup, AutoCAD, Autodesk 3Ds Max, dan masih banyak lagi.

2. Distributor produk interior

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Desain Interior, Bisa Jadi PNS Juga!home-designing.com

Lulusan desain interior tidak bisa dipisahkan dengan pembelajaran mengenai furnitur, lukisan, karpet, lampu hias, dan berbagai estetika rumah. Dengan keterampilan tersebut, kamu akan sangat handal dalam menilai harga jual dan kualitas suatu produk yang akan digunakan dalam setiap rumah.

Oleh karenanya, kamu bisa saja bekerja di bidang distributor produk interior. Namun, dalam menekuninya, kamu perlu memperluas ilmu riset pasar. Hal itu diperlukan untuk mengetahui produsen yang dapat menghasilkan produk berkualitas dan siapa saja yang bisa kamu jadikan target pemasaran produkmu.

3. Meniti karier di perusahaan konstruksi

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Desain Interior, Bisa Jadi PNS Juga!unsplash.com/Scott blake

Prospek kerja desain interior yang satu ini, terbilang sangat menjanjikan. Apalagi dengan perkembangan konstruksi di Indonesia yang sangat pesat, prospek pekerjaan desain interior dalam bidang perusahaan konstruksi bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Kamu bisa meniti karier dengan mendaftarkan diri di berbagai perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi. Misalnya, PT Wijaya Karya Persero (WIKA), PT. Adhi Karya, Waskita, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Statistika, Gak Cuma Jadi Peneliti!

4. Menjadi pegawai negeri sipil (PNS)

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Desain Interior, Bisa Jadi PNS Juga!Ilustrasi Peserta CPNS (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Lulusan desain interior juga bisa bekerja di sektor pemerintahan, lho! Ini karena beberapa institusi pemerintah membuka prospek kerja untuk tenaga bidang desain interior, seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Sekretariat Negara.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menjadi PNS, tidak perlu bersedih. Sebab, peluang bekerja di sektor pemerintahan, sudah terbuka luas untuk berbagai jurusan.

5. Desainer interior

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Desain Interior, Bisa Jadi PNS Juga!unsplash.com/Daniel McCullough

Prospek kerja yang terakhir ini, bisa dikatakan sebagai prospek kerja yang paling lazim bagi lulusan desain interior. Sebab, secara umum, ketika jurusan desain interior lulus, banyak dari antara mereka akan menjadi desainer interior.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki jika kamu memilih prospek kerja ini, adalah kemampuan spasial dan penilaian estetika ruang yang kuat. Dalam mengemban tugas, desainer interior memiliki tanggung jawab untuk melakukan perencanaan ruang bagi semua jenis bangunan. 

Itu dia beberapa prospek kerja yang dapat digeluti oleh jurusan desain interior ketika sudah lulus. Lalu, apakah kamu tertarik masuk ke jurusan desain interior dan menekuni salah satu pekerjaan di atas?

Baca Juga: Ini Lho 7 Prospek Kerja Lulusan Psikologi, Gak Cuma Jadi Psikolog Kok!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya