Comscore Tracker

Siapkan 6 Hal Ini Saat Kamu Ingin Bekerja Kembali ke Perusahaan Lama

Semoga berhasil

Keputusan untuk pindah kerja atau resign gak selamanya menjadi pilihan yang tepat. Karena belum tentu setelah resign kamu mendapatkan tempat kerja yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Terkadang setelah bekerja di perusahaan baru selama beberapa waktu ternyata kamu menyadari jika perusahaan lama lebih nyaman. Sehingga gak jarang juga ada karyawan yang justru ingin kembali bekerja lagi di perusahaan lama.

Nah jika kamu termasuk salah satu yang ingin kembali ke perusahaan lama, berikut ini beberapa hal yang harus kamu siapkan supaya kamu punya potensi untuk diterima kembali di perusahaan lama.

1. Pastikan kamu resign secara baik-baik dari tempat kerja sebelumnya

Siapkan 6 Hal Ini Saat Kamu Ingin Bekerja Kembali ke Perusahaan Lamaunsplash.com/erikasayssmile

Jika kamu ingin kembali bekerja di perusahaan lama, maka pastikan kamu keluar secara baik-baik. Bukan karena ada masalah dengan rekan kerja, gak cocok dengan atasan, atau karena hal lain yang memperburuk namamu di perusahaan tersebut.

Jika kamu masuk ke salah satu perusahaan secara baik-baik, maka saat keluar pun kamu harus keluar dengan baik. Karena gak menutup kemungkinan suatu saat kamu ingin kembali bekerja lagi di perusahaan lama. Jika kamu keluar secara baik-baik maka setidaknya kamu punya keberanian untuk melamar kerja lagi.

2. Tetap menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan

Siapkan 6 Hal Ini Saat Kamu Ingin Bekerja Kembali ke Perusahaan Lamapexels.com/fauxels

Setelah kamu resign pastikan juga kamu tetap menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, atau dengan atasan. Komunikasi harus tetap terjaga, karena itu semua memiliki peran yang penting.

Mungkin saat ini belum tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti, bisa saja kamu membutuhkan informasi lowongan kerja di perusahaan lama. Untuk itu tetaplah menjaga silaturahmi supaya saat kamu ingin kembali bekerja di perusahaan lama, kamu masih punya peluang untuk diterima.

3. Memantapkan diri

Siapkan 6 Hal Ini Saat Kamu Ingin Bekerja Kembali ke Perusahaan Lamaunsplash.com/albertdera

Saat kamu memutuskan untuk malamar pekerjaan di perusahaan lama, kamu harus memantapkan diri dan yakin bahwa keputusanmu untuk bekerja lagi di perusahaan lama adalah pilihan yang tepat.

Jangan sampai kamu bolak balik keluar masuk perusahaan hanya karena kegalauan, untuk itu keputusan untuk melamar kerja di perusahaan lama harus benar-benar dipertimbangkan positif dan negatifnya, jika lebih banyak positifnya maka silahkan melamar kembali ke perusahaan lama.

Baca Juga: 5 Hal Ini Penting untuk Dipertimbangkan saat Ingin Pindah Kerja

4. Pastikan kamu lebih profesional dari sebelumnya

Siapkan 6 Hal Ini Saat Kamu Ingin Bekerja Kembali ke Perusahaan Lamaunsplash.com/officestock

Supaya peluang kamu untuk diterima kembali di perusahaan lama lebih besar, sebaiknya kamu menambah skill-mu dalam dunia kerja, pelajarilah hal-hal yang belum kamu kuasai selama bekerja di kantor lama.

Karena perusahaan pasti akan memperhatikan perkembangan skillmu, jika kamu semakin menambah skill dalam bekerja pastinya perusahaan akan mempertimbangkan untuk menerima kamu lagi.

5. Siapkan diri sebelum wawancara

Siapkan 6 Hal Ini Saat Kamu Ingin Bekerja Kembali ke Perusahaan Lamaunsplash.com/amyhirschi

Kamu tetap harus mempersiapkan diri dengan baik saat akan diwawancarai nanti. Kamu harus siap jika ditanya alasan kamu ingin kembali lagi di perusahaan lama, dan alasan kamu meninggalkan perusahaan yang saat ini kamu tempati.

Perusahaan bisa saja ragu kepada mu, sehingga komitmen dan loyalitas kamu pasti akan dipertanyakan, mengingat kamu pernah keluar dari perusahaan tersebut. Untuk itu siapkan diri, dan siapkan jawaban terbaik untuk meyakinkan kembali bahwa kamu layak untuk diterima kembali.

6. Apa pun hasilnya kamu harus siap menerimanya

Siapkan 6 Hal Ini Saat Kamu Ingin Bekerja Kembali ke Perusahaan Lamaunsplash.com/officestock

Diterima atau tidak semua ada konsekwensinya masing-masing. Jika kamu diterima maka kamu harus menerima konsekwensi jika ada sedikit tantangan yang akan kamu rasakan di beberapa hari pertama saat kembali bekerja. Misalnya pertanyaan "Wah balik kerja di sini lagi ya", atau "Masih belum bisa move on dari sini ya" dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. 

Namun jika ternyata kamu tidak diterima, pastikan kamu sudah menyiapkan solusi selanjutnya. 

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika ingin kembali bekerja di kantor lama. Menurutmu sulit mana balikan sama kantor lama atau sama mantan, eh.

Baca Juga: 5 Kerugian Ini Dialami oleh Karyawan yang Sering Pindah Tempat Kerja

Rizky Annisa Photo Verified Writer Rizky Annisa

Instagram: rizky_annisa_muna

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya