Comscore Tracker

Ini 5 Kriteria Kantor Idaman Para Generasi Millennial

Nomor 3 millennial banget sih...

Tren kerja di kalangan anak muda saat ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Ya, generasi millennial lebih menyukai pekerjaan yang memiliki karakteristik sesuai kepribadiannya. Generasi yang lahir di antara tahun 1980 sampai tahun 2000 ini memiliki sudut pandang sendiri tentang tempat kerja yang ideal. Seperti apa sih tempat kerja yang ideal menurut generasi millennial?

1. Misi perusahaan sesuai dengan nilai kehidupan mereka

Ini 5 Kriteria Kantor Idaman Para Generasi MillennialUnsplash/Brooke Cagle

Sebuah riset oleh American Express mengatakan bahwa kaum millennial menilai penting jika nilai-nilai perusahaan tempat mereka bekerja sesuai dengan nilai-nilai kehidupan yang mereka percaya. Dengan begitu, mereka bisa lebih nyaman dan bangga saat bekerja.

2. Dapat menjadi pemimpin bagi diri sendiri

Ini 5 Kriteria Kantor Idaman Para Generasi MillennialUnsplash/Brooke Lark

Generasi millennial memiliki jiwa kebebasan yang tinggi. Hal ini lah yang membuat mereka ingin mencari perusahaan yang bisa mempercayai mereka untuk mengambil keputusan dan berperan lebih bagi perusahaan.

Baca juga: Tipe Millennial Seperti Apa Kamu?

3. Bekerja dengan cara yang kreatif

Ini 5 Kriteria Kantor Idaman Para Generasi MillennialUnsplash/Bench Accounting

Kreativitas merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki generasi millennial. Pekerjaan di bidang kreatif seperti desainer, blogger, ataupun startup lebih banyak diminati oleh generasi millennial. Karena mereka bisa menyalurkan sisi kreatifnya di perusahaan tersebut.

4. Pekerjaan yang menantang

Ini 5 Kriteria Kantor Idaman Para Generasi MillennialUnsplash/Alexis Brown

Jared Buckley, seorang konsultan dan pelatih kepribadian dari Millennial Skills Coach, Amerika Serikat, mengatakan bahwa generasi millennial adalah generasi yang mudah bosan. Jika setiap hari mereka melakukan pekerjaan yang sama, mereka akan bosan dan tidak akan betah di tempat kerja tersebut. Mereka justru lebih suka jika mendapat tugas-tugas baru yang lebih menantang.

5. Jam kerja yang fleksibel

Ini 5 Kriteria Kantor Idaman Para Generasi MillennialUnsplash/Andrew Neel

Generasi millennial lebih menyukai pekerjaan yang tidak mengikat. Mereka akan memilih perusahaan yang memiliki jadwal fleksibel daripada perusahaan dengan jadwal nine-to-five. Karena dengan jadwal yang fleksibel, mereka bisa mengatur rencana bekerja mereka sendiri. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Bentley university, 77% generasi millennial percaya bahwa dengan jam kerja yang lebih fleksibel mereka akan lebih produktif dalam bekerja.

Salah satu contoh pekerjaan yang menawarkan waktu fleksibel adalah perusahaan ridesharing seperti Uber. Menurut data Uber, 65% mitra pengemudi Uber di Indonesia mengemudi kurang dari 10 jam per minggu. Artinya, dengan Uber, kaum millennial memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal kapan mereka mengemudi bersama Uber.

Apakah kamu juga mempunyai tempat kerja impian yang sama? Selain itu, apa lagi sih kriteria kantor idaman versi kamu?

Baca juga: 7 Bisnis Millennials yang Bisa Kamu Kerjakan Hanya dengan Rp 100 Ribu

Topic:

Just For You