Comscore Tracker

5 Cara Dekorasi Rumah Kecil, Bikin Rumah Dua Kali Tampak Luas

Rumah jadi semakin nyaman

Memiliki rumah yang indah dan nyaman adalah impian semua orang. Impian tersebut tentunya akan mudah tercapai jika kamu memiliki rumah yang luas. Kamu bisa memilih elemen dekorasi dan desain ruangan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Namun, ketika kamu memiliki lahan yang terbatas, tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk mencapai hal tersebut. Kamu harus sangat selektif dalam memilih elemen dekoratif agar ruangan tidak semakin terasa sesak dan penuh. 

Simak yuk, cara dekorasi rumah kecil yang lahannya terbatas! Biarkan hunianmu agar tetap estetik dan nyaman. 

1. Pilih warna cerah sebagai aksen

5 Cara Dekorasi Rumah Kecil, Bikin Rumah Dua Kali Tampak LuasRuang tamu dengan cushion berwarna cerah. (casa.abril.com.br)

Kalau menyukai desain dengan warna netral, kamu bisa mencoba memasukkan warna cerah sebagai warna aksen. Warna aksen ini nantinya bisa membuat ruangan jadi lebih hidup.

Contoh penerapannya adalah apabila kamu memiliki sofa berwarna netral, kamu bisa menggunakan cushion dengan warna dan corak yang cerah. Selain cushion, karpet juga bisa jadi elemen dekoratif yang diberi warna aksen. 

2. Hanging shelves untuk memajang koleksi

5 Cara Dekorasi Rumah Kecil, Bikin Rumah Dua Kali Tampak LuasRak dinding untuk menyimpan koleksi buku. (www.forbes.com)

Rumah dengan lahan terbatas tidak memiliki banyak ruang penyimpanan. Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan setiap elemen ruang. 

Dinding juga bisa dimanfaatkan sebagai area penyimpanan. Pemanfaatannya bisa dengan menggunakan rak dinding. Selain sebagai area penyimpanan, kamu juga bisa memajang koleksi-koleksi kesukaanmu. 

3. Gunakan art piece sebagai pembatas ruang

5 Cara Dekorasi Rumah Kecil, Bikin Rumah Dua Kali Tampak LuasLukisan sebagai pembatas ruang. (thecreativityexchange.com)

Selain sebagai elemen dekorasi, art piece juga bisa digunakan sebagai pembatas ruang. Sistem display ini bisa dikategorikan berdasarkan jenis maupun alirannya. 

Contoh penerapannya adalah dengan memajang lukisan berwarna cerah untuk ruang makan, lukisan bergaya minimalis untuk ruang tamu, dan seterusnya. Penghadiran art piece juga membuat ruang lebih ekspresif dan hidup. 

Baca Juga: 9 Dekorasi Rumah Earthy Tone yang Instagramable, Cozy Abis

4. Gunakan furnitur multifungsi

5 Cara Dekorasi Rumah Kecil, Bikin Rumah Dua Kali Tampak LuasPenggabungan banyak fungsi furnitur dalam satu produk. (www.core77.com/)

Salah satu cara terbaik untuk space saving adalah menggunakan furnitur yang memiliki lebih dari satu fungsi. Saat ini, sudah banyak brand yang membuat produk dengan banyak fungsi. Kamu juga dapat mendesain sendiri bentuk dan fungsi yang kamu butuhkan. 

Contohnya adalah sofa pada gambar di atas. Apabila di-extend, kursi itu dapat berubah fungsi menjadi tempat tidur. Namun, ketika dipisahkan, jadi area santai maupun area makan. Pemilihan gabungan fungsi furnitur ini bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

5. Buat jendela palsu menggunakan cermin

5 Cara Dekorasi Rumah Kecil, Bikin Rumah Dua Kali Tampak LuasPenggunaan mirror wall agar ruangan terkesan luas. (www.estliving.com)

Untuk membuat ilusi ruang menjadi lebih luas, kamu bisa menggunakan cermin sebagai material pelapis dinding. Agar ilusi luas semakin maksimal, kamu sebaiknya menghadirkan pencahayaan ruang dengan baik. 

Penggunaan mirror wall ini umumnya diterapkan pada area ruang tamu dan kamar tidur. Kamu juga bisa menerapkannya pada seluruh ruang di dalam rumah. 

Itu dia 5 ide dekorasi rumah dengan lahan kecil. Kamu bisa memaksimalkan seluruh elemen ruang untuk mencapai kenyamanan dan keindahan yang kamu inginkan. Semoga menginspirasi ya!

Baca Juga: 9 Inspirasi Ruangan dan Dekorasi Marble, Elegan bak Rumah Sultan!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya