Comscore Tracker

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! 

Jaga baik-baik jendela duniamu!

Walaupun saat ini sudah umum orang menggunakan  buku elektronik atau e-book, namun masih sangat banyak orang yang lebih menyukai  buku  fisik. Hal ini tentunya  karena buku fisik memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak bisa diperoleh melalui buku –buku digital. Sensasi saat menyentuh langsung buku bahkan aroma kertas buku sering kali memberi perasaan bahagia yang berbeda.

Karena  itu banyak orang yang mengoleksi buku fisik agar dapat dibaca lagi sewaktu-waktu diperlukan. Dengan banyaknya buku yang dimiliki tentu perlu cara menyimpan dan merawat  buku  agar tetap awet dan tidak mudah rusak dimakan waktu.

1. Jauhkan dari sinar matahari langsung 

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi sinar matahari (Pexels.com/ João Jesus )

Sinat matahari dapat membuat warna buku menjadi pudar. Cover buku juga berisiko retak-retak lalu terkelupas. Buku yang terekspos sinar matahari terus menerus juga bisa menjadi rusak pada bagian tulang buku karena rapuh.

Hindarkan buku dari paparan sinar matahari  dengan tidak menempatkannya langsung menghadap jendela atau pintu yang terkena sinar matahari dalam durasi panjang

2. Atur posisi buku di rak buku

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi rak buku (Pexels.com/ Suzy Hazelwood)

Saat mengatur buku di rak buku, atur posisi buku  agar tegak berdiri  bukan menopang ke salah satu sisi saja, karena beban  yang tak seimbang dapat menyebabkan kerusakan . Untuk buku-buku yang besar dan berat kamu bisa meletakkannya secara mendatar .

3. Jangan biarkan buku berdesakan 

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi rak buku (Pexels.com/ Cottonbro)

Jangan membiarkan buku berdesakan di satu rak, karena akan menyulitkan saat akan mengambil salah satu buku dan berisiko robek karena ditarik dengan paksa. Aturlah deretan buku  agar masih tersedia ruang saat akan mengambil buku. Dorong buku-buku di kedua sisi buku yang akan diambil ke kanan dan ke  kiri. Saat sudah tersedia celah, ambillah buku dengan hati-hati agar tidak membuatnya rusak.

4. Jaga dari kelembapan

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi rak buku (Pexels.com/ Max Vakhtbovych)

Kondisi yang lembap bisa menimbulkan jamur yang akan merusak buku-buku kamu. Pilih lokasi  dengan temperatur yang tidak membuat lingkungan lembap. Kamu juga bisa menempatkan silica  penyerap kelembapan agar buku-buku kamu  tetap  kering.

Pilih  silica gel natural yang mempunyai sifat food grade, tidak berbau dan tidak berasa. Namun begitu, tetap perhatikan juga jika ada anak-anak , sebaiknya pertimbangkan kembali risiko penggunaan silica ini agar tak mudah dijangkau oleh anak-anak.

5. Beri sampul

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi buku (dok.pribadi/ Dream Praire)

Jaga kondisi buku-buku koleksimu dengan memberinya sampul plastik. Jika  sampul telah rusak, kamu bisa menggantinya  dengan yang baru. Sampul plastik ini juga membantu mengurangi gesekan antar cover buku  yang bisa membuatnya rusak.

6. Jauhkan dari makanan dan minuman

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi buku dan minuman (Pexels.com/ Feyza Daştan )

Tentu saja buku-bukumu bisa rusak jika terkena tumpahan makanan atau minuman. Karena itu hindari  menempatkan makanan atau minuman kamu dekat buku, karena risiko tersenggol selalu  ada.

Jika  kamu ingin membaca sambil ngemil, pastikan buku kamu tak akan kena cipratan minuman atau lelehan saus misalnya.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Buku Kesayangan agar Makin Awet, Cobain!

7. Jangan dicoret-coret

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi mencoret buku 9Pexels.com/ Felicity Tai)

Mau membuat catatan? tulis di kertas lain. Jangan mencoret-coret buku kamu apalagi dengan tinta. Coretan itu tak akan bisa  dihapus dan akan sangat mengganggu  orang yang akan membacanya.

8. Hindari tempelan-tempelan 

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi sticky note (Pexels.com/ DS storires)

Menandai buku dengan sticky note? No, hentikan kebiasaan kamu ini karena stick note akan meninggalkan bekas perekat sekalipun sudah kamu lepas. Gunakan pembatas buku  yang aman bagi bukumu.

9. Jangan dijepit-jepit

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi klip kertas (Pexels.com/ Ann H)

Adakalanya orang menggunakan penjepit  kertas untuk menandai halaman yang dibaca. ini sangat tidak disarankan, karena akan merusak permukaan buku  dan meninggalkan bekas jepitan klip kertas. Sekali lagi, gunakan pembatas  buku yang layak untuk buku-buku kamu ya.

10. Jangan ditelungkupkan dalam keadaan terbuka 

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi buku tertelungkup (dok.pribadi/ Dream Praire)

Mungkin kamu sering melakukan hal ini, padahal menelungkupkan buku dalam keadaan terbuka dapat memberi tekanan pada  bagian tengah buku. Akibatnya halaman-halaman buku  lama  kelamaan bisa  renggang lalu terlepas. Kamu tak ingin kan buku-buku kamu terurai menjadi lembaran-lembaran kertas?  Segera hentikan kebiasaan buruk ini, ya!

11. Jangan dilipat

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi orang membaca buku (Pexels.com/ RF Studio)

Sering kali orang melipat ujung halaman buku. Ini adalah salah satu habit akibat enggan menggunakan  pembatas buku. Kamu tahu kan bahwa lipatan pada halaman buku akan meninggalkan bekas. Dan jika dilakukan berulang kali di tempat yang sama, lama kelamaaan ujung lipatan halaman itu akan cuil alias robek. Nah, mulai sekarang sebaiknya  kamu tak lagi melakukannya ya.

12. Periksa dan bersihkan secara rutin

12 Cara Mudah Menyimpan dan Merawat Buku, Jangan Ditelungkupkan! ilustrasi membersihkan buku (Pexels.com/ Rodnae Production)

Sediakan waktu untuk mengecek buku-buku kamu secara rutin. Ini akan berguna saat kamu menemukan satu dua buku yang mungkin perlu kamu perbaiki agar tidak menjadi semakin rusak. Misalnya ada sampul buku yang sudah robek, kamu bisa segera menggantinya agar cover buku  kamu tetap  aman. Sambil memeriksa, kamu juga bisa membersihkan debu-debu yang menempel.

Kamu bisa mencoba menerapkan cara-cara di atas agar koleksi buku kamu tetap awet. Ingatlah bahwa buku-buku kamu itu adalah barang berharga yang bisa menjadi sumber pengetahuan, inspirasi bahkan kebahagiaan tidak hanya buat kamu tetapi juga untuk orang lain yang membacanya. Jadi, sudah selayaknya kamu menjaga dan merawatnya dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca Buku

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya