Comscore Tracker

Harus Tahu! Ini Lho Perbedaan Tipografi, Kaligrafi dan Lettering

Jangan ngaku pecinta seni kalo belum bisa bedain ini mereka.

Akhir-akhir ini banyak sekali peminat tulisan indah bermunculan. Sebut saja tipografi, lettering, dan kaligrafi.  Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai tutorial maupun postingan karya seni tersebut di youtube maupun media sosial lain. Tapi taukah kamu perbedaan dari ketiga istilah tersebut? karena meski tampak serupa, ternyata ketiganya punya perbedaan, loh. nah, biar nggak salah sangka lagi, yuk kita ulas apa perbedaan dari tipografi, lettering, dan kaligrafi.

Tipografi (Typhography)

Harus Tahu! Ini Lho Perbedaan Tipografi, Kaligrafi dan LetteringPriceListing

Tipografi adalah ilmu tentang huruf dan tulisan. Tipografi pada dasarnya merupakan teknik mengatur penyebaran tata letak huruf dalam suatu bidang yang tersedia untuk membuat kesan tertentu dengan tujuan memberi kenyamanan saat membacanya sehingga membuat pembaca mudah dalam menerima maksud dan arti dari tulisan yang disampaikan.

Kaligrafi (Calligraphy)

Harus Tahu! Ini Lho Perbedaan Tipografi, Kaligrafi dan LetteringPinterest

Kaligrafi yaitu seni menulis indah sekali gores. Kaligrafi memerlukan banyak latihan hingga otot tangan menjadi terbiasa, karena pembuatannya yang hanya dalam sekali gores. Pena yang digunakan pada umumnya terdiri dari tiga macam, yaitu pena dengan ujung lebar untuk menghasilkan huruf Gothic/ Blackletter ataupun Italic, . pena dengan ujung tajam yang fleksibel yang dapat menghasilkan tulisan copperplate, dan pena berujung kuas atau yang biasa disebut dengan ­brush pen untuk menghasilkan huruf jenis script.

Baca Juga: Lukisan untuk Palu dari Anak-anak di Kursus Seni Lukis Heidy

Lettering

Harus Tahu! Ini Lho Perbedaan Tipografi, Kaligrafi dan LetteringPinterest

Yaitu seni menggambar tulisan lebih dari satu goresan. Biasanya proses pembuatan lettering dengan digambar menggunakan pensil terlebih dahulu, kemudian difinishing dengan tinta. Tidak ada aturan baku dalam pembuatan lettering, kita bisa membuat model tulisan sekreatif mungkin. Terkadang juga bisa ditambah dengan gambar ilustrasi maupun efek visual lain sesuai kreativitas.

Gimana guys? Udah tahu, kan perbedaan dari ketiga seni menulis tersebut? semoga bisa menambah pengetahuan kalian ya.. dan tetap semangat dalam berkarya!!

Baca Juga: Festival Danau Toba 2018 Dongkrak Wisatawan dengan Seni Budaya Sumut

Nurul Fatin Sazanah Photo Community Writer Nurul Fatin Sazanah

This is me!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You