Comscore Tracker

6 Fakta kalau Punya Rumah Kecil Juga Bisa Bahagia, Kok

Rumah besar dan mewah tak selalu identik dengan kebahagiaan

Mempunyai rumah adalah impian siapa saja, tak terkecuali orang yang sudah berkeluarga bahkan yang single sekali pun. Bagi mereka, cita-cita punya rumah adalah life goal yang sangat dinantikan, pastinya disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan si peminat itu sendiri.

Impian mempunyai rumah juga sebuah pemikiran penting karena rumah adalah sebagai tempat untuk pulang, untuk membentuk keluarga yang harmonis, bahkan sebagai tempat kontemplasi. Rumah juga adalah sebuah simbol kesuksesan karena bagi siapa saja yang sudah mempunyai rumah adalah ciri hidup yang sudah mapan.

Menyoal ukuran rumah pun merupakan sebuah impian, ada yang ingin punya rumah besar dengan segala fasilitasnya, tapi ada juga yang bahkan hanya ingin mempunyai rumah yang kecil saja. Soal besar rumah, baik besar atau kecil memang tak menjadi sebuah persoalan besar karena tergantung pada kebutuhan pemiliknya. Pun, soal besar kecil memang kadar kebahagiaannya tergantung pemiliknya. Namun, ada pendapat yang sangat asyik nih untuk bisa diresapi bahwa ada fakta yang menarik bahwa mempunyai rumah lebih kecil ternyata lebih bahagia. Apa saja penjelasannya? Simak yuk di bawah ini!

1. Tidak melulu membutuhkan asisten rumah tangga

6 Fakta kalau Punya Rumah Kecil Juga Bisa Bahagia, Kokilustrasi asisten rumah tangga (Pexels.com/Cottonbro)

Mempunyai rumah yang berukuran besar memang membutuhkan perawatan serta pemeliharaan yang besar juga. Termasuk mempekerjakan asisten rumah tangga untuk mengurusi semuanya. Nah, ada sudut pandang yang asyik nih bagi pemilik rumah yang kecil, yang pasti urusan pemeliharaan juga tak membutuhkan sesuatu yang berarti. Asisten rumah tangga pun rupanya tak melulu dibutuhkan karena bisa dikerjakan pemiliknya sendiri. Bahagia rasanya jika mengurusi rumah kecil karena tidak membutuhkan tambahan personal untuk membersihkan dan merawatnya. Hemat uang juga, kan jadinya?

2. Pengeluaran anggaran rumah tangga bisa ditekan

6 Fakta kalau Punya Rumah Kecil Juga Bisa Bahagia, Kokilustrasi pengeluaran rumah tangga (Pexels.com/EVG Kowalievska)

Rumah kecil memang kebutuhannya tak sebesar rumah besar. Faktanya, rumah yang kecil mempunyai anggaran yang bisa ditekan setiap saat. Selain kebutuhan listrik yang tentunya tak besar, pun biaya pemeliharaan serta lainnya yang bisa dihemat. Duh, menambah kadar bahagia satu lagi nih bagi para pemilik rumah yang kecil. Bagaimana, setuju akan hal ini?

3. Pemeliharaannya tidak menyita banyak waktu

6 Fakta kalau Punya Rumah Kecil Juga Bisa Bahagia, Kokilustrasi membersihkan rumah (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rumah kecil pastinya memiliki ruang yang terbatas dan tak terlalu repot membersihkannya. Hal ini yang membuat bahagia karena tidak membutuhkan waktu yang banyak serta bisa dilakukan oleh pemiliknya sendiri. Selain itu, mempunyai rumah kecil juga bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk lebih mengurusnya dengan detail karena bisa kita pantau setiap saat. Dengan terbatasnya ruang yang ada di dalam rumah tersebut, akan memudahkan pemiliknya untuk melihat segala kekurangan dan segera memperbaikinya.

Baca Juga: 9 Desain Rumah Tradisional dari Berbagai Negara, Ada Rumah Gua!

4. Meskipun kecil, tapi hangat dan nyaman

6 Fakta kalau Punya Rumah Kecil Juga Bisa Bahagia, Kokilustrasi rumah yang hangat (Pexels.com/Cottonbro)

Kadar kebahagiaan memang kita sendiri yang menciptakannya. Fakta rumah besar atau kecil memang bukan ukuran, tapi realitanya rumah kecil itu hangat dan mendekatkan dengan anggota keluarga. Selain bonding yang akan lebih berkualitas, tentunya kemesraan dengan keluarga bisa tercipta setiap saat.

5. Prinsip small is beautiful tetap diingat sepanjang masa

6 Fakta kalau Punya Rumah Kecil Juga Bisa Bahagia, Kokilustrasi small is beautiful (Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Mempunyai prinsip small is beautiful memang akan melekat dengan pemikiran orang yang mempunyai rumah kecil. Rumah yang kecil itu hangat, mesra, serta membuat lebih tenang hati. Intinya, mempunyai rumah yang diimpikan adalah harapannya yang sudah tercapai dan membahagiakan bagi pemiliknya, walaupun ukurannya tak besar.

6. Bisa menabung lebih banyak

6 Fakta kalau Punya Rumah Kecil Juga Bisa Bahagia, Kokilustrasi menabung (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Dengan mempunyai rumah yang kecil, faktanya segala pengeluaran serta biaya yang dibutuhkan tidak mengeluarkan budget yang besar. Dan hal ini yang bisa menambah bahagia bagi pemiliknya karena bisa menabung lebih banyak untuk kepentingan lainnya di masa depan.

Kebahagiaan mempunyai rumah memang sebuah pencapaian yang tak terhingga. Sebagai balasannya, selalu ungkapkan rasa syukur yang mendalam kepada Tuhan serta menjaganya dengan baik dan sepenuh hati.

Kadar bahagia memang bagi setiap orang berbeda-beda, tapi dengan mempunyai rumah yang kecil ternyata bisa membuat pemiliknya bahagia karena semuanya akan tercipta dengan sendirinya seiring kehidupan yang tetap berlanjut. Selamat bagi yang sudah punya rumah tetap jaga dengan baik, ya!

Baca Juga: 11 Potret Rumah Fadil Jaidi, Kamarnya Luas dan Mewah Banget

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Tinggal di desa, sederhana, dan bahagia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya