Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Panu Secara Cepat dan Alami

Bisa bikin sendiri di rumah nih

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur malassezia. Munculnya panu biasanya ditandai dengan timbulnya bercak putih pada kulit disertai rasa gatal. Apalagi jika tubuh sedang berkeringat, panu ini akan terasa semakin gatal.

Panu bukan termasuk penyakit menular. Namun, bercak putih pada kulit bisa semakin melebar dan jika semakin parah kulit bisa bersisik. Tumbuhnya jamur ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya produksi keringat berlebihan, tingkat kekebalan tubuh rendah atau mengalami perubahan hormon.

Namun, kamu gak perlu khawatir. Kamu bisa menghilangkan panu dengan menggunakan bahan dan metode alami secara cepat. Coba terapkan lima tips atau cara menghilangkan panu secara ampuh berikut ini.

1. Kamu bisa menggunakan bawang putih untuk menghilangkan panu

5 Cara Menghilangkan Panu Secara Cepat dan AlamiUnsplash/Artem Bali

Bawang putih mengandung senyawa anti-bakteri yang bisa membunuh seluruh tipe jamur dan kuman. Kamu hanya perlu menggosokkan bagian dalam bawah putih pada kulit yang terkena panu.

Saat menggosokkannya mungkin akan terasa perih, tapi kamu harus menahannya. Lalu diamkan selama beberapa menit sampai jamur malassezia mati.

2. Campuran lengkuas dan garam akan membantumu menghilangkan panu secara cepat

5 Cara Menghilangkan Panu Secara Cepat dan Alamitokopedia.com

Siapkan satu lengkuas dan belah menjadi dua bagian. Taburkan garam pada bagian luar belahan lengkuas. Kemudian gosokkan pada tubuh yang terkena panu. Gosok hingga kulit berubah menjadi kemerahan. Kamu bisa melakukannya tiga kali dalam sehari agar panu bisa hilang dengan cepat.

3. Selain itu, kamu juga bisa coba menggunakan belimbing wuluh dan kapur sirih

5 Cara Menghilangkan Panu Secara Cepat dan Alamiwajibbaca.com

Belimbing wuluh dan kapur sirih dipercaya dapat mengatasi panu dan jamur secara efektif. Tumbuk halus belimbing wuluh dan kapur sirih yang telah kamu siapkan. Lalu oleskan pada tubuh yang terkena panu secara merata. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Gatal-Gatal pada Kemaluan? Waspada Vaginitis, Cepat Periksa ke Dokter!

4. Kandungan pada belerang dan jeruk nipis dapat membunuh jamur yang membandel

5 Cara Menghilangkan Panu Secara Cepat dan Alaminoticiasaominuto.com

Belerang mengandung mineral yang dapat membunuh kuman serta jamur yang membandel. Begitu juga dengan jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C.

Campurkan belerang yang telah ditumbuk dengan perasan air jeruk nipis. Kemudian aduk rata dan oleskan pada tubuh yang terkena panu. Kamu bisa melakukannya 2-3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Selain melakukan perawatan fisik, lakukan juga pola hidup sehat

5 Cara Menghilangkan Panu Secara Cepat dan Alamiverywellhealth.com

Panu bisa dihilangkan dengan melakukan perawatan fisik secara alami. Selain itu, kamu juga harus mengimbanginya dengan melakukan pola hidup sehat.

Beberapa hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan panu adalah gak memakai pakaian yang ketat, gunakan pakaian yang menyerap keringat, hindari sinar matahari secara langsung dan gunakan tabir surya.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan panu secara cepat dan dengan menggunakan metode-metode yang alami. Tentunya metode ini kamu bisa terapkan secara teratur dan benar ya. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil ya!

Baca Juga: Skincare 101: Kenapa Sih Kulit Kadang Bisa Jadi Gatal Banget?

Topic:

  • Rully Bunga
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You