Comscore Tracker

5 Ide Mendesain Balkon Sempit Menjadi Spot Healing, Jadi Lebih Asik!

Daripada hanya buat tumpukan barang, yuk lakukan tips ini!

Bagi penduduk kota yang memiliki rumah dua lantai, mungkin sebagian punya balkon. Di mana ukuran balkon sangat terbatas, atau istilahnya terlalu sempit. Karena tidak memiliki ruang cukup luas, terkadang balkon hanya dianggurkan.

Daripada gak bermanfaat sama sekali, yuk, ubah ruang sempit menjadi tempat duduk favoritmu. Selain bakal bermanfaat buat tambahan ruang, di sini kamu juga bisa bersantai sambil melihat keindahan langit. Ampuh buat healing tanpa harus keliling, deh.

1. Tambahkan kursi santai 

5 Ide Mendesain Balkon Sempit Menjadi Spot Healing, Jadi Lebih Asik!ilustrasi desain balkon (unsplash.com/@collovhome)

Daripada menambahkan beberapa kursi yang bikin ruang tambah sempit, gunakan saja kursi panjang. Menikmati kenyamanan di balkon memang enaknya menggunakan kursi yang memanjang. Kamu bisa duduk bersantai sembari rebahan dan menatap keindahan langit.

Sediakan bantal untuk mendukung kenyamanan aktivitasmu di balkon. Biar makin nyaman, kamu juga bisa menambahkan alas sederhana buat rebahan. Bakalan jadi spot favorit buat melepas penat, deh.

2. Tambahkan beberapa pot tanaman 

5 Ide Mendesain Balkon Sempit Menjadi Spot Healing, Jadi Lebih Asik!ilustrasi desain balkon (pixabay.com/@hans-2)

Karena di bagian atas tidak ada media tanah langsung, siapkan saja tanaman menggunakan pot. Pastikan memilih tanaman hias yang gak takut panas matahari, ya. Sebab di balkon bakalan lebih sering dapat paparan sinar matahari.

Lokasinya yang berada di zona terpisah, usahakan jangan lupa buat menyiramnya setiap pagi dan sore ya. Biar makin indah, kamu juga bisa menyiapkan tanaman di pot gantung. Biarkan tanaman terurai memanjang ke bawah.

3. Tambahkan pelindung panas dan angin 

5 Ide Mendesain Balkon Sempit Menjadi Spot Healing, Jadi Lebih Asik!ilustrasi desain balkon (unsplash.com/@fromitaly)

Saat siang, tentu kamu gak bakal tahan dengan terik matahari. Sedangkan balkon menjadi tempat yang bakal lebih panas dibandingkan ruang lantai bawah. Saat malam pun angin bakal lebih terasa menusuk tulang. Solusinya adalah dengan menutup sisi balkon menggunakan kain atau payung yang bakal membuat teduh saat siang.

Kamu juga bisa membuat penutup layaknya saat kita melakukan kemah. Bakal terasa liburan yang unik, deh. Siapkan juga sprei tebal beserta bantalnya buat menikmati malam yang menenangkan.

Baca Juga: 9 Ide Desain Balkon Apartemen yang Estetik, Mungil tapi Nyaman

4. Pasang hammock 

5 Ide Mendesain Balkon Sempit Menjadi Spot Healing, Jadi Lebih Asik!ilustrasi desain balkon (unsplash.com/@vivirishe)

Solusi banget bagi yang gak mau mengeluarkan kursi santai dan lainnya. Kamu hanya perlu pasang hammock menyilang di balkon atas. Gak perlu pakai lainnya, begini bakal terasa nyaman, deh.

Jika pengen lebih nyaman lagi, lapisi hammock dengan kain bulu yang lembut. Saat pemasangan hammock pun, sangat penting diperhatikan keamanannya juga, ya. Jangan sampai pengaitnya terlepas saat kamu sedang bersantai.

5. Pasang pencahayaan yang menarik 

5 Ide Mendesain Balkon Sempit Menjadi Spot Healing, Jadi Lebih Asik!ilustrasi lampu gantung (pixabay.com/@qimono-1962238)

Saat kamu ingin bersantai di balkon pada malam hari, tentu perlu pencahayaan bukan? Pasang lampu gantung minimalis diatas kamu bersantai. Biar lebih meriah, pasang lampu kerlap-kerlip melintasi balkon rumahmu.

Biar lebih terkesan mewah, kamu bisa memakai pencahayaan warna kuning dengan menggunakan lampu gantung. Pilihlah lampu gantung kecil yang bisa kamu pasang lebih dari dua. Gantung lampu berjajar membentuk suatu pola, bakal indah deh.

Dengan tips tersebut, balkon jadi tambah berfungsi dengan baik kan? Dengan tambahan desain unik, bakalan jadi spot nongkrong yang estetik. Langsung dicoba, yuk!

Baca Juga: 9 Desain Mini Bar Instagramable untuk Rumah Kecil, Kece di Balkon

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya