8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di Indonesia

Belajarnya bisa di mana saja

Intinya Sih...

  • Kemampuan berbahasa Inggris penting di era sekarang
  • Banyak tempat kursus bahasa Inggris online yang fleksibel
  • Delapan rekomendasi situs kursus bahasa Inggris secara online

Kemampuan berbahasa Inggris dengan fasih di zaman sekarang, bisa jadi nilai plus bagi seseorang. Tak heran jika banyak orang sadar akan pentingnya menguasai bahasa Inggris secara aktif.

Tapi, mengingat ritme kerja di zaman sekarang yang serba sibuk, rasanya sulit meluangkan waktu untuk mengambil kursus. Apalagi, kalau harus datang ke tempat dengan jadwal yang sudah ditetapkan sedemikian rupa.

Tenang, sekarang ada banyak tempat kursus bahasa Inggris yang membuka kelas online, kok! Jadwal pertemuannya pun bisa disesuaikan sama waktu luangmu, jadi lebih fleksibel. Tentu ini solutif bagi orangtua yang mencarikan tempat kursus buat anaknya, siswa untuk persiapan ujian, mahasiswa demi mengejar beasiswa ke luar negeri, hingga karyawan yang mau meningkatkan skill. Semua bisa belajar secara daring.

Nah, sebagai referensi, berikut IDN Times telah merangkum delapan rekomendasi situs kursus bahasa Inggris secara online yang bisa dipilih. Coba cek daftarnya dan sesuaikan sama kebutuhanmu, ya!

1. IELC English Campus

8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di IndonesiaRekomendasi kursus bahasa Inggris (instagram.com/ielc.co.id)

Kursus bahasa Inggris yang berbasis di Surakarta, Jawa Tengah ini, sekarang bisa dijangkau secara online. Jadi, bagi kamu yang berdomisili di luar kota Surakarta, tetap bisa menimba ilmu di IELC English Campus dengan mudah.

Ada beberapa jenis kursus yang ditawarkan oleh IELC English Campus. Di antaranya sebagai berikut :

  • Kids online
  • Teen online
  • Adult online
  • IELTS online
  • TOEFL oniine
  • TOEFL iBT online

Selain itu, tersedia pula kelas buat kamu yang punya tujuan khusus, misalnya, English for Bussines, English for Medicine, dan English for Law. Kamu bisa mengambil semua kursus tadi secara grup atau individu. Kecuali, untuk kelas persiapan IELTS, TOEFL, dan TOEFL iBT karena pertimbangan setiap calon siswa memiliki level, kebutuhan, dan tujuan yang berbeda-beda. Mengambil kursus secara individu atau privat, diharapkan membuat siswa lebih fokus dan bisa lulus dalam waktu singkat.

Beberapa keunggulan kelas online di IELC English Campus, yaitu mendapatkan kelas yang interaktif, jadwal yang fleksibel, student support, dan update rutin terkait hasil pembelajaran. Untuk tahu informasi lebih lanjut, kamu bisa cari tahu di ielc.co.id

2. Cakap

8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di IndonesiaRekomendasi kursus bahasa Inggris (instagram.com/cakapcom)

Sebagai salah satu pelopor platform kursus bahasa secara daring di Indonesia, Cakap tak hanya menyediakan kursus bahasa Inggris saja. Ada juga bahasa Korea, Jepang, Mandarin, bahkan bahasa Indonesia bagi warga asing yang ingin mempelajarinya.

Di Cakap, tersedia empat tipe pembelajaran yang bisa kamu pilih, yakni:

  • Cakap private: belajar online bersama tutor dengan cara video call
  • Cakap semi private: belajar dalam grup kecil yang terdiri dari 2-3 orang siswa
  • Cakap club: belajar berbahasa Inggris dengan cara mendiskusikan topik tertentu dalam suatu grup
  • Cakap chat: belajar bahasa Inggris dengan cara berbalas chat dengan tutor menggunakan bahasa Inggris

Sedangkan untuk program bahasa Inggris, kamu bisa memilih di antara pilihan berikut:

  • Kursus persiapan ujian: untuk persiapan ujian kemampuan berbahasa Inggris, seperti, IELTS, TOEFL, dan TOEIC.
  • General proficiency: kursus bahasa Inggris reguler
  • Casual practice: dirancang bagi pemula untuk sekalian membangun rasa percaya diri dalam menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Inggris
  • Business English course: diperuntukkan bagi pelaku bisnis profesional yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, dalam ranah bisnis

Kamu bisa mengunduh aplikasi Cakap di Playstore atau Appstore. Bisa juga kunjungi cakap.com untuk informasi lebih lanjut.

3. English Academy by Ruangguru

8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di IndonesiaRekomendasi kursus bahasa Inggris (instagram.com/englishacademy_id)

Siapa tak kenal Ruangguru? Platform belajar yang berdiri sejak tahun 2014 ini, menjadi salah satu media belajar online yang digemari. Khususnya, bagi siswa yang hendak menghadapi ujian.

Nah, karena terkenal sebagai platform belajar bagi para siswa, orang jadi beranggapan bahwa English Academy by Ruangguru hanya diperuntukkan bagi anak sekolah saja. Padahal, di sana juga ada berbagai program unggulan, lho!

Selain kelas buat dewasa, English Academy by Ruangguru juga memiliki kelas persiapan TOEFL iBT, English for business dengan metode pembelajaran secara grup, team, semi-private, dan private. English Academy by Ruangguru tidak menyediakan metode private, selain pada kelas English for business.

Ini dimaksudkan supaya siswa lebih aktif berinteraksi, sehingga mereka lekas fasih berbahasa Inggris. English Academy by Ruangguru juga menyediakan guru native speaker yang membuat siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan penutur asing. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa membuka laman english-academy.id.

4. British Council Foundation

8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di IndonesiaRekomendasi kursus bahasa Inggris (instagram.com/idbritish)

Kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris di British Council Foundation secara online, mulai dari kategori anak-anak, remaja, hingga dewasa. Pembelajaran bakal berlangsung secara live dan kamu bisa mendapatkan akses ke web-based learning material.

Sudah dikenal sebagai lembaga kursus yang bonafide, British Council Foundation menawarkan pengajar yang kompeten dengan sistem belajar yang menyenangkan. Diharapkan, siswa bisa segera fasih berbahasa Inggris secara aktif.

Tertarik belajar bahasa Inggris di British Council Foundation? Kamu bisa mengorek informasi lebih lanjut di britishcouncilfoundation.id.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Jogja, Auto Fasih!

5. English Today

8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di IndonesiaRekomendasi kursus bahasa Inggris (instagram.com/englishtoday)

Kursus bahasa Inggris yang berbasis di Jakarta ini, mulai membuka kelas online sehingga jangkauannya jadi lebih luas. Kelas yang dibuka, ditujukan bagi siswa dewasa reguler dan profesional. Bisa pilih program reguler, conversation, atau Business English.

Pembelajaran dilakukan secara online melalui zoom. Kamu bisa pilih metode belajar individu atau dalam grup kecil. Selain itu, siswa juga bebas memilih apakah ingin dibimbing oleh guru lokal, native, maupun keduanya.

Dengan menerapkan metode 80-20 reserve, diharapkan siswa lebih aktif di kelas dan semakin sering mengasah kemampuan bahasa Inggris. Cocok buat yang ingin segera fasih berbahasa Inggris, kan? Jika kamu berminat mengambil kursus di English Today, bisa cari info di englishtoday.co.id.

6. Titik Nol English Course

8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di IndonesiaRekomendasi kursus bahasa Inggris (instagram.com/titiknolenglish)

Buat yang ingin mengembangkan kemampuan grammar dan speaking, kamu bisa ikut kursus di Titik Nol English Course. Platform ini menyasar kategori dewasa untuk program online-nya. Minimal usia 16 tahun atau setara SMA.

Biaya kursus di Titik Nol English Course tergolong murah, jadi pas buat calon siswa yang ingin belajar bahasa Inggris, tapi terkendala anggaran yang minimalis. Biasanya, kursus dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam seminggu dengan jadwal yang telah ditentukan.

Menariknya, setelah lulus dari Titik Nol English Course, semua siswa akan mendapatkan e-sertificate, lho! Buruan cek titiknolenglish.com untuk info lebih lanjut!

7. IALF

8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di IndonesiaRekomendasi kursus bahasa Inggris (instagram.com/ialfedu)

Tak hanya persiapan IELTS, Indonesia Australia Language Foundation (IALF) juga membuka banyak program lain yang dapat diikuti secara daring. Sebut saja, English for Young Learners, Conversation Class, IELTS and TOEFL Preparation, Business English, dan English for Spesific Purposes yang meliputi English for Tourism, Nursing, dan Marketing.

Selain itu, siswa juga bisa belajar membuat CV dalam bahasa Inggris yang komunikatif, esai, atau teks motivasi dengan mengikuti Program Scholarship Pathway. Semua program di IALF bisa diikuti secara private atau semiprivate dengan maksimal anggota sebanyak tiga orang. Untuk mendapatkan sertifikat, siswa harus mengikuti kelas paling tidak 32 jam. Cari informasi lebih detail dengan mengunjungi ialf.edu/id.

8. English First

8 Situs Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik di IndonesiaRekomendasi kursus bahasa Inggris (instagram.com/english.first)

Nama English First sempat santer di kalangan anak sekolah sebagai tempat kursus bahasa Inggris favorit pada awal tahun 2000-an. Kini, English First atau EF semakin melebarkan sayapnya dengan membuka kelas online.

Ada beberapa program kelas daring yang ditawarkan EF. Di antaranya adalah EF Standard Online Test (EFSET), EF Junior English Test, EF 24/7, YouTube Series Efolklore, dan EF Adventure to Letterland. Semua program ini bisa diikuti oleh anak-anak hingga dewasa. Buat yang tertarik belajar bahasa Inggris di EF, cari info lebih detail di ef.co.id.

Itu dia delapan rekomendasi situs belajar bahasa Inggris online yang bisa dipilih. Seiring perkembangan zaman, metode kursus dengan cara daring semakin menjamur dan digemari. Selain efisien, juga bisa mencangkup wilayah yang lebih luas lagi. Jadi, sudah menentukan pilihan mau kursus di mana?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris di Bandung, Berkualitas!

Topik:

  • Angel Rose
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya