Comscore Tracker

Parking The Bus! 7 Istilah dalam Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahu

Ada berapa istilah di bawah ini yang kamu tahu? 

Bagi kamu para penggemar sepak bola, mungkin kamu kadang-kadang merasa kesulitan memahami para komentator berbicara. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan kamu belum mengetahui idiom-idiom  atau istilah bahasa Inggris yang sering digunakan dalam dunia sepak bola.

Salah satu cara untuk mempelajari idiom sepak bola ialah dengan cara menghafalkannya. Sehubungan di Indonesia sendiri banyak sekali masyarakat yang menyukai sepak bola, berikut tujuh istilah atau idiom bahasa Inggris yang berkaitan dengan sepak bola. 

1. False 9

Parking The Bus! 7 Istilah dalam Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahusoccer.nbcsports.com

Pernah mendengar istilah false 9? False 9 merupakan sebutan bagi seorang pemain yang ditugaskan sebagai seorang striker walaupun posisi tersebut bukan posisi aslinya. Biasanya false 9 merupakan seorang pemain sayap atau gelandang serang. 

Contoh false 9 dalam dunia sepak bola saat ialah Kevin De Bruyne yang menggantikan peran sementara dari Gabriel Jesus yang ditempatkan di sayap dan Sergio Aguero yang masih belum fit.

2. Parking the bus

Parking The Bus! 7 Istilah dalam Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahutwitter.com/dreamteamfc

Pernah mendengar istilah parking the bus? Istilah ini digunakan untuk menunjukkan sebuah klub yang mempunyai strategi mengarahkan seluruh pemainnya di sekitar kotak penalti mereka agar lawan kesulitan mencetak gol.

Biasanya strategi ini diterapkan pada sebuah pertandingan klub dengan kualitas tinggi melawan klub amatir atau klub kurang kuat dalam segi permainan. Kadang-kadang strategi dapat berhasil dan ada juga yang tidak.

3. Caps

Parking The Bus! 7 Istilah dalam Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahuexpress.co.uk

Seorang pemain sepak bola dikatakan mempunyai caps ketika pernah bermain untuk kesebelasan negaranya di pertandingan internasional. Jadi, caps mempunyai arti jumlah pertandingan internasional. Perlu diingat bahwa caps digunakan untuk menyebutkan seorang pemain yang telah membela negaranya sebanyak lebih dari 1 kali ya. 

Baca Juga: Marco Motta Bicara Baik Buruk Sepak Bola Indonesia 

4. Man on

Parking The Bus! 7 Istilah dalam Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahufcbarcelonanoticias.com

Man on merupakan ungkapan seorang pemain untuk memperingatkan rekannya karena ada lawan yang siap menghadang. Biasanya idiom ini digunakan ketika ada rekannya yang sedang membawa bola yang tidak tahu jika terdapat lawan di belakangnya.

5. Hattrick

Parking The Bus! 7 Istilah dalam Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahumarca.com/

Bagi kamu penggemar bola, harusnya kamu sudah tak asing lagi dengan istilah ini. Jika seorang pemain telah menciptakan 3 gol sekaligus dalam satu pertandingan, maka dia telah melakukan hattrick. Hattrick sendiri mempunyai arti 3 gol sekaligus dalam 1 pertandingan. 

6. On fire

Parking The Bus! 7 Istilah dalam Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahuthesefootballtimes.co

Pastinya arti dari idiom ini bukan berarti di atas api ya. On fire digunakan ketika seorang pemain sangat bagus performanya di sebuah pertandingan. On fire tidak selalu dikaitkan dengan mencetak gol yang banyak, melainkan bagaimana pemain tersebut dapat memberikan konstribusi yang besar terhadap klubnya dalam pertandingan tersebut.

7. 50:50 tackle

Parking The Bus! 7 Istilah dalam Sepak Bola yang Wajib Kamu Tahuplaymakerpress.com

Ketika dua orang pemain yang berbeda kesebelasan berusaha merebut bola dengan jarak yang sama, bisa dikatakan mereka berada dalam 50:50 tackle. Dalam kondisi ini, tidak ada yang mengetahui siapa yang berhasil merebut bola terlebih dahulu.

Menarik ya, istilah atau idiom bahasa Inggris dalam dunia sepak bola. Semoga dapat menambah wawasan kamu ya sehingga kamu gak bingung lagi saat menonton bola.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Mencetak Hattrick ke Gawang Barcelona, Siapa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya