Comscore Tracker

Contoh Bibliografi Serta Cara Menulisnya

Penting bagi calon sarjana saat membuat skripsi 

Pernah mendengar istilah bibliografi? Mungkin untuk orang awam, bibliografi tidaklah terlalu penting. Namun, berbeda halnya dengan para cendekiawan, penulis jurnal, calon sarjana, maupun sarjana, bibliografi ini sangatlah penting. Bibliografi ini akan mencantumkan sumber-sumber asli dari tulisannya yang diletakkan pada bagian akhir tulisannya.

Bibliografi berasal dari bahasa Yunani "bibliographia" yang artinya penulisan buku atau pustaka yang telah diterbitkan yang tersusun secara sistematik dalam sebuah daftar sesuai dengan aturan yang dikehendaki.

Bibliografi berbentuk daftar pustaka yang mencakup deskripsi dan isi suatu buku meliputi judul, edisi, cetakan, penerbit, tahun terbit, pengarang, dan sebagainya. Dapat juga dikatakan sebagai daftar yang berisi judul-judul buku atau sumber-sumber penulisan yang berkaitan dengan sebuah tulisan atau karangan yang telah dibuat.

Bibliografi dibuat untuk membantu penulis maupun pembaca dalam menentukan keberadaan sebuah bahan pustaka atau mengenali sebuah buku.

Jenis bibliografi ada tiga yaitu:

  • Bibliografi sistematis atau enumeratif yang sering dijumpai di perpustakaan;
  • Bibliografi analitis dan kritis berisi kegiatan penelitian atas sifat fisik sebuah buku serta menghasilkan keterangan tentang pembuatan dan sejarah buku;
  • Bibliografi historis berisi kajian terhadap buku sebagai sebuah objek seni.

Baca Juga: 7 Fakta yang Tak Banyak Orang Tahu dan Biografi Alexander Graham Bell

Contoh bibliografi serta cara penulisannya

Contoh Bibliografi Serta Cara Menulisnyailustrasi bibliografi (unsplash.com/Bruce Dixon)

Dalam membuat suatu bibliografi terdapat beberapa unsur yang harus dituliskan. Penulisan unsur-unsur ini juga memiliki tata caranya tersendiri. Berikut contoh-contoh bibliografi beserta cara penulisannya:

  • Penulisan bibliografi dari buku menggunakan unsur nama pengarang, tahun terbit, judul buku, tempat terbit, nama penerbit : Ari Budiadnyana. 2022. Kisah Seorang Penulis, Denpasar: IDN Media;
  • Penulisan bibliografi dari majalah menggunakan unsur nama pengarang, tahun terbit, judul artikel, nama majalah, nomor majalah, bulan terbit, tempat terbit : Ari Budiadnyana. 2022. ”Kisah Seorang Penulis” IDN Media, Juni. Denpasar;
  • Penulisan bibliografi dari surat kabar menggunakan unsur nama pengarang, tahun terbit, judul artikel, nama surat kabar, tanggal terbit, tempat terbit : Ari Budiadnyana. 2022. ”Kisah Seorang Penulis” IDN Media Post, 1 Juni 2022. Denpasar;
  • Penulisan bibliografi dari antologi menggunakan unsur nama pengarang, tahun terbit karangan, judul karangan, nama editor, judul antologi, tempat terbit, nama penerbit : Ari Budiadnyana. 2022. ”Kisah Seorang Penulis” Semangat Menulis di Bali. Didi (ed). Denpasar:IDN Media;
  • Penulisan bibliografi dari internet contohnya Ari Budiadnyana. 2022. ”Kisah Seorang Penulis” IDNTimes (online), (https://www.idntimes.com, diakses 1 Mei 2022).

Demikianlah contoh bibliografi beserta cara penulisannya. Penulisan bibliografi memang memiliki aturan-aturan tersendiri baik yang dikeluarkan oleh suatu lembaga maupun aturan-aturan yang sudah lumrah atau umum berlaku. So, kalau kamu mau menulis suatu jurnal ilmiah, skripsi, atau artikel ilmiah lainnya, bisa dipastikan dahulu aturan bibliografinya.

Baca Juga: Cara Penulisan Footnote dari Jurnal Online dan Cetak

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya