Comscore Tracker

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  

Belajar bahasa daerah itu keren! #LokalIDN

Keluarga merupakan suatu pranata sosial yang terbentuk karena adanya ikatan darah. Pranata ini juga dikenal sebagai tempat seorang individu berkomunikasi secara akrab dan belajar makna tentang kerja sama dengan individu lain.  

Setiap wilayah di Indonesia pastinya memiliki sebutan terdiri terhadap para anggota keluarga yang menjadi ciri khas budaya masyarakatnya. Sama seperti bahasa lainnya, suku Makassar memiliki panggilan tersendiri untuk menyapa akrab anggota-anggota keluarganya. Penasaran? Kita kaji bersama-sama,yuk

1. Ammak

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Pexels.com/Elina Sazonova

Kamu pasti tahu dengan sosok tangguh nan pengasih ini, bukan? Beliau disebut 'ibu' oleh masyarakat Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia (bahasa resmi negara). 

Masyarakat suku Makassar menyapa sosok wanita ini sebagai ammak (ᨕᨆ). Cara penulisan aksara lontara' kata ammak ialah (ᨕ= a ᨆ= ma) tanpa huruf (m) di tengah kata dan huruf (k) di akhir kata. Jangan sampai salah, ya! 

2. Mangge

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Pexels.com/Agung Pandit Wiguna

Sosok kedua ialah pria dewasa yang menjadi seseorang yang bertugas mencari nafkah dan menyayangi anggota keluarganya. Dalam bahasa Indonesia sosok ini dipanggil dengan sebutan ayah. 

Sedangkan masyarakat suku Makassar menyebut beliau sebagai mangge (ᨆᨁᨙ) yang dieja dalam aksara lontara' Makassar (ᨆ= ma ᨁᨙ = ge) dengan menghilangkan huruf (ng). Diingat, ya! 

3. Daeng

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Unsplash.com/Vivek Sharma

Dikenal sebagai sebutan akrab untuk suku Makassar asli. Faktanya, kata daeng (ᨉᨕᨙ) juga digunakan untuk menyebut anggota keluarga yang menjadi seorang pribadi percontohan atau pemimpin bagi para adik-adiknya (bahasa Indonesia). 

Kata daeng yang apabila dieja dalam bahasa Makassar menjadi (ᨉ=da ᨕᨙ= e) tanpa diakhiri huruf (ng). Mudah, bukan? 

4. Andi'

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Unsplash.com/Leo Rivas

Pasangan untuk kata daeng (ᨉᨕᨙ) ialah andi' (ᨕᨉᨗ) yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan panggilan adik. 

Pengejaan kata andi' dalam aksara lontara' ialah (ᨕ= a ᨉᨗ= di) dengan menghilangkan huruf (n) dan diberi tanda (') di akhir kata. Jangan bingung, ya! 

5. Ana'

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Unsplash.com/Thiago Cerqueira

Hampir sama dengan bahasa Indonesia, masyarakat suku Makassar memanggil anak dengan sebutan ana' (ᨕᨊ) yang dieja menjadi (ᨕ= a ᨊ= na). Jangan lupa beri tanda (') di akhir kata, ya! 

Baca Juga: Sangat Inspiratif, Ini 8 Peribahasa Orang Makassar Tentang Kehidupan

6. Baine

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Unsplash.com/Muhammad Raufan Yusup

Kita beralih ke kata selanjutnya, penggunaan kata baine bagi masyarakat suku Makassar memiliki dua arti yakni baine untuk sebutan perempuan dan baine untuk sebutan istri. 

Kali ini, penulis menggunakan kata baine (ᨅᨕᨗᨊᨙ) yang digunakan untuk menyebut istri yang apabila dieja secara benar dalam aksara lontara' menjadi (ᨅ=ba ᨕᨗ=i ᨊᨙ=ne). Apakah kamu sudah paham? 

7. Bura'ne

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Unsplash.com/Gita Krishnamurti

Sama seperti baine (ᨅᨕᨗᨊᨙ) kata bu ra'ne (ᨅᨘᨑᨊᨙ) juga memiliki makna yang ganda yakni bu ra'ne yang berarti laki-laki dan bura'ne yang bermakna suami. 

Panggilan suami ini, apabila dieja dalam aksara lontara' menjadi (ᨅᨘ= bu ᨑ=ra ᨊᨙ= ne) jangan lupa sematkan tanda (') apabila kamu menuliskan aksara lontara' Makassar menjadi latin. Gimana, kamu bisa mengejanya?

8. Toa'

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Unsplash.com/Sarah Louise Kinsella

Siapa nih yang sangat dekat dengan kakek neneknya? Dalam bahasa Indonesia, beliau disebut dengan panggilan kakek dan nenek. 

Namun, masyarakat suku Makassar menggabungkan sapaan kakek dan nenek menjadi toa' (ᨈᨚᨕ) dan ejaan aksaranya menjadi (ᨈᨚ=to ᨕ=a) dengan tanda (') di akhir kata apabila ditulis latin. Pernah dengar panggilan ini? 

9. Purina

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Unsplash.com/Fahri ramdani

Kosakata selanjutnya ialah sebutan untuk paman dan tante dalam bahasa Makassar. Dimana, masyarakat penghuni wilayah Sulawesi Selatan (suku Makassar) menyebut kerabat ini dengan panggilan purina (ᨄᨘᨑᨗᨊ) dengan ejaan aksara lontara' Makassarnya (ᨄᨘ=pu ᨑᨗ=ri ᨊ=na). Jangan oleng,ya! Penulisannya gampang, kok. 

10. Cikali

10 Kosakata Tentang Keluarga dalam Bahasa Makassar, Nuasseng Ji?  Unsplash.com/MI PHAM

Tahukah kamu? Suku Makassar membagi penyebutan sepupu dekat dan sepupu jauh menjadi cikali dan pindu' agar mereka mengetahui kedekatan hubungan darah. 

Cikali (ᨌᨗᨀᨒᨗ) yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai sepupu satu kali yang apabila dieja dalam aksara lontara' Makassar kata ini ialah (ᨌᨗ= ci ᨀ=ka ᨒᨗ=li). Easy? 

Inti dari mempelajari bahasa daerah ini ialah hafalkan aksaranya, ingat tanda vokal (i,u,e,o) dengan baik, dan jangan minder untuk bertanya pada orangtua maupun guru tentang materi muatan lokal. Selamat belajar! 

Baca Juga: 10 Nama-nama Serangga dalam Bahasa Makassar, Coba Dihafalin Yuk!

Sky Light Photo Verified Writer Sky Light

Don't tell people your dreams - show them.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya