Comscore Tracker

Doa Orangtua untuk Anak yang sedang Ujian dalam Agama Katolik

Jangan lupa minta penyertaan Tuhan

Mendoakan anak-anak merupakan bagian dari tugas sebagai orangtua. Tuhan telah menitipkan anugerahNya kepadamu untuk dirawat dan disayangi. Namun, kamu juga masih perlu uluran dan penyertaan Tuhan untuk memberkati anak agar mereka selalu berada di jalanNya Tuhan.

Ketika anak sedang menghadapi ujian, campur tangan Tuhan gak boleh terlepas dan terlupakan agar anak mampu dan berhasil melewatinya. Ketika kita melibatkan Tuhan untuk bekerja, maka Ia akan turun tangan. Berikut ini doa orangtua untuk anak agama Katolik:

1. Doa untuk memohon keberhasilan

Doa Orangtua untuk Anak yang sedang Ujian dalam Agama Katolikilustrasi berdoa (unsplash.com/Ben White)

Untuk anak yang sedang berhadapan dengan ujian sekolah, ujian masuk kuliah, maupun ujian kerja, ini dia contoh doa yang bisa orangtua panjatkan.

"Allah Bapa yang Maha Baik, curahkanlah Roh Kebijaksanaan-Mu kepada anak kami. Hari ini dia sedang akan mengikuti ujian. Semoga Roh-Mu saja yang menyertai hati dan pikirannya untuk tetap tenang dalam mengerjakan ujian. Kiranya Roh-Mu yang menuntunnya untuk takut akan Engkau dan percaya pada kemampuannya sendiri. Bimbing dia ya Tuhan.

Allah yang Maha Baik. Semoga kasih-Mu terus ada bersamanya. Sebagai orang tua, kami hanya bisa membantunya sebisa kami. Selebihnya kami serahkan ke dalam kuasa-Mu. Kami percaya tiada yang mustahil bagi-Mu, ya Allah. Apa pun hasilnya nanti, kami percaya Tuhan sudah punya masa depan yang indah. Amin"

2. Doa memohon penyertaan

Doa Orangtua untuk Anak yang sedang Ujian dalam Agama Katolikilustrasi berdoa di gereja (pexels.com/cottonbro)

"Bunda Maria, Bunda Tuhan kami. Tolong sertai kami dan anak-anak. Kami menyerahkan mereka ke dalam pimpinan Tuhan Yesus agar mereka bisa menggapai mimpi dan cita-cita sesuai apa yang jadi kehendak-Nya.

Terima kasih kalau kami boleh menjaga mereka dan menjadi alat-Mu untuk menyayangi mereka sebagaimana Engkau menyayangiku. Lingkupi mereka dengan Roh Kudus-Mu agar mereka senantiasa menyerupai engkau dalam setiap hal yang mereka kerjakan.

Apabila mereka mengalami kesulitan maka sudilah Engkau menolongnya. Kami juga berdoa untuk anak-anak yang mungkin tidak seberuntung anak kami. Kami percaya Engkau yang sanggup dan sedia menyebarkan benih kasih kepada banyak orang untuk menolong mereka. Amin."

3. Doa orangtua kepada anak secara umum

Doa Orangtua untuk Anak yang sedang Ujian dalam Agama Katolikilustrasi berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

"Ya Allah Bapa, sang pencipta alam semesta. Kepada-Mu aku datang dan merendahkan diri. Ampunilah segala kesalahan, kelalaikan, kecerobohanku sebagai orang tua. Arahkankah hati, pikiran, perkataan, dan perbuatanku untuk bisa mencerminkan Engkau. Kiranya Tuhan yang bimbing aku untuk dapat belajar sebagai orang tua yang baik untuk anakku.

Bilamana anakku menemui kesulitan dalam kehidupannya. Baik itu permasalahan pribadi atau sedang menghadapi ujian, Kau saja yang mengerti seberapa besar kemampuannya ya Tuhan. Jauhkanlah dia dari segala yang buruk. Tuntunlah dia untuk selalu berjalan setia bersama Tuhan. 

Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin."

Percayalah bahwa Tuhan selalu mendengar doa setiap anak-Nya. Oleh sebab itu, jangan pernah menjauh darinya. Itulah doa orangtua untuk anak yang sedang ujian.

Baca Juga: Doa Salam Maria Katolik sebagai Dasar Doa Rosario

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya