Comscore Tracker

Jaga Privasi Kehidupan Pribadimu dengan 5 Cara Ini, Demi Keamanan!

#IDNTimesLife Jangan ekspos kehidupan pribadimu

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui tentang hal ini, yakni betapa pentingnya menjaga privasi kehidupan pribadi agar tidak diketahui sembarang orang. Alasan kenapa hal ini penting dilakukan tentu saja selain untuk menjaga kehidupan pribadimu agar tidak menjadi bahan gosip orang, selain itu juga penting dilakukan demi keamanan diri sendiri.

Karena data dan informasi pribadi bisa sangat berbahaya jika diketahui orang yang berniat jahat. Lalu bagaimanakah cara untuk menjaganya? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas lima cara di antaranya yang bisa kamu lakukan. Mudah dan hanya perlu keteguhan dalam menerapkannya. Jadi yuk simak sama-sama!

1. Tidak membicarakan urusan pribadi di tempat kerja 

Jaga Privasi Kehidupan Pribadimu dengan 5 Cara Ini, Demi Keamanan!ilustrasi ngobrol (pexels.com/Christina Morillo)

Hal yang mudah dan mendasar sekali untuk dilakukan, yang mana kita memang diharuskan untuk profesional saat bekerja dan membedakan urusan pribadi dan pekerjaan, kan. Namun setidaknya lebih diperketat, ketika istirahat di jam kerja jangan terlalu terbuka dan bercerita banyak hal ke rekan kerjamu tentang kehidupan pribadi. Mudah bukan?

2. Menjaga hubungan dengan relasi hanya sebatas hubungan kerja saja 

Jaga Privasi Kehidupan Pribadimu dengan 5 Cara Ini, Demi Keamanan!ilustrasi bersalaman (pexels.com/MART PRODUCTION)

Tujuan dari membangun hubungan relasi tentu untuk mendukung kariermu, jadi jagalah hal itu hanya sebatas hubungan kerja saja. Jangan melibatkan relasi kerja dan bisnismu ke dalam kehidupan pribadi juga, karena inilah caranya yang kedua untuk menjaga privasi kehidupan pribadimu agar tidak bocor ke sembarang orang. Karena siapa tahu kan kalau informasi pribadimu malah disalah gunakan oleh relasi kerja yang berniat jahat.

Baca Juga: 5 Manfaat Hidup Individualis, Simak Sisi Positifnya

3. Tetap menerapkan batasan meski dengan orang terdekat sekalipun 

Jaga Privasi Kehidupan Pribadimu dengan 5 Cara Ini, Demi Keamanan!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kamu mungkin bisa menceritakan hal-hal pribadi pada orang terdekat, akan tetapi ingat juga batasannya terutama pada hal-hal yang mengandung informasi penting di dalamnya. Hal ini semata-mata hanya untuk berhati-hati saja, karena orang terdekat pun ada yang tega dan menyalah gunakan informasi pribadi kenalannya.

4. Membatasi hal-hal yang diposting di media sosial 

Jaga Privasi Kehidupan Pribadimu dengan 5 Cara Ini, Demi Keamanan!ilustrasi pakai HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mulai dari tidak sembarangan curhat, membuat status menye-menye, atau memposting foto-foto setiap kamu pergi ke suatu tempat. Lakukan hal ini demi keamanan dirimu sendiri, salah satu contohnya ialah supaya tidak ditangani penguntit yang tahu keberadaanmu melalui postingan media sosial.

5. Tidak mengangkat topik yang termasuk privasimu ketika mengobrol 

Jaga Privasi Kehidupan Pribadimu dengan 5 Cara Ini, Demi Keamanan!ilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kalau mau benar-benar menjaga privasi maka saat mengobrol pun harus hati-hati, tidak mengangkat topik yang termasuk privasimu ketika mengobrol dengan orang lain adalah tindakan yang tepat.

Carilah bahan obrolan lain yang sifatnya lebih umum untuk dibicarakan dengan orang-orang, apalagi jika kamu mengobrol dengan orang yang baru dikenal. Jadi dalam berkomunikasi pun kamu tidak asal terbuka dan bisa menjaga diri.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga privasi kehidupan pribadimu. Lakukanlah demi keamanan dirimu sendiri, bahaya banget kan kalau informasi pribadimu digunakan oleh orang jahat.

Baca Juga: 5 Cara Menghentikan Hal Kecil Mencuri Kebahagiaan dalam Hidup

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya