Comscore Tracker

Pamit dari YouTube, 6 Hal Positif Skinny Indonesian24 Ini Wajib Ditiru

Wah, sayang banget!

Kabar mengejutkan datang dari kanal YouTube Skinny Indonesia 24. Pada tanggal 24 Juni 2020 atau bertepatan dengan 9 tahun sejak dibuatnya channel tersebut, sang kreator yaitu Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez mengumumkan bahwa mereka akan berhenti dari YouTube yang telah membesarkan namanya. Mereka memutuskan tak akan lagi mengunggah video setelah tanggal 24 Juni 2021 nanti. 

Skinny Indonesian 24 merupakan salah satu channel yang menjadi pelopor bangkitnya konten digital YouTube di Indonesia. Meski dimulai dari nol tanpa ada yang tahu mereka siapa, tapi keduanya selalu menyuguhkan konten berkualitas yang tentunya tetap menghibur penonton.

Sudah 9 tahun berkarya, sebagai influencer, sudah banyak hal positif yang mereka bagikan, misalnya adalah 6 hal di bawah ini.

1. Bagi mereka, pendidikan adalah yang utama

Pamit dari YouTube, 6 Hal Positif Skinny Indonesian24 Ini Wajib Ditiruinstagram.com/andovidalopez

Meski sudah sukses menjadi content creator ternama, namun Jovi dan Dovi tetap tak mengesampingkan pendidikan mereka. Jovial merupakan alumni dari jurusan Fisika Nuklir di FMIPA Universitas Indonesia.

Sedangkan, Andovi merupakan seorang Sarjana Hukum yang juga lulusan dari Universitas Indonesia. Keduanya selalu menekankan bahwa pendidikan itu sangat penting sehingga mereka harus menyeimbangkan antara pendidikan dan passion.

Sama-sama anak UI, mereka juga pernah membuat video mengenai tips-tips agar bisa masuk salah satu universitas terbaik di Indonesia tersebut, tentunya dengan diselipkan sedikit komedi.

2. Galang dana untuk gerakan #KamiTidakTakut

Pamit dari YouTube, 6 Hal Positif Skinny Indonesian24 Ini Wajib Ditiruinstagram.com/andovidalopez

Tahun 2018 lalu, bom bunuh diri yang menelan banyak korban terjadi di Surabaya. Bersama Aulion, Tim2one, dan Usman Harbatah, SkinnyIndonesian24 menggalang dana untuk membantu para korban dari kejadian tersebut. Dalam waktu kurang dari 1 jam sejak video ajakan untuk berdonasi tersebut diunggah, langsung ada 21 donatur yang ikut menyumbangkan rezekinya.

Dalam sebulan, mereka berhasil mengumpulkan lebih dari seratus juta rupiah yang telah disumbangkan kepada para korban dan keluarganya.

Baca Juga: Menambah Motivasi, 6 YouTuber Ini Berasal dari Universitas Top Dunia 

3. Turun langsung untuk memungut sampah

Pamit dari YouTube, 6 Hal Positif Skinny Indonesian24 Ini Wajib Ditiruinstagram.com/andovidalopez

Beberapa waktu lalu, tagar #trashchallenge muncul di sosial media untuk menambah kepedulian masyarakat terhadap permasalahan sampah. Namun, peduli saja tidak cukup, Jovial dan Andovi membuktikan kepedulian tersebut lewat aksi yang nyata.

Mereka datang ke salah satu pantai di Bali untuk membersihkan sampah yang berserakan di sana. Tak hanya itu, Dovi dan Jovi juga menampilkan bagaimana cara pengolahan sampah yang telah mereka kumpulkan sehingga video tersebut bukan hanya berisi ajakan, namun juga sarat akan pengetahuan.

4. Rayakan 1 juta subscribers dengan memberi beasiswa

Pamit dari YouTube, 6 Hal Positif Skinny Indonesian24 Ini Wajib Ditiruinstagram.com/jovialdalopez

Untuk merayakan 1 juta subscribers sekaligus memeringati 5 tahun mereka berkarya di YouTube, kakak beradik ini membuat program yang sangat spesial. Tahun 2016, Skinny Indonesian 24 menggelar audisi beasiswa untuk 3 orang yang beruntung dan tentunya berprestasi dalam bidang akademik.

Da Lopez Brothers akan menanggung biaya mereka sejak masuk hingga lulus kuliah. Program beasiswa ini murni berasal dari dana pribadi Andovi dan Jovial dan tak ada campur tangan dari pihak manapun yang ikut membiayai.

Menurut Jovi, jika mereka memberi barang untuk merayakan 1 juta subscribers, hadiah tersebut tak akan bertahan lama dan akan mudah tergantikan. Sedangkan jika pendidikan yang menjadi hadiahnya, hal itu akan selalu berguna dan terkenang oleh sang pemenang selama hidupnya.

5. Ajak anak muda untuk memilih presiden dengan cara yang unik

Pamit dari YouTube, 6 Hal Positif Skinny Indonesian24 Ini Wajib Ditiruinstagram.com/andovidalopez

Ingat video berjudul "Prabowo VS Jokowi - Epic Rap Battles of Presidency" yang sempat viral tahun lalu dan menjadi trending nomor 1 di YouTube selama beberapa hari? Yup! Video tersebut adalah milik da Lopez Brothers yang dibuat untuk menyambut pesta demokrasi pemilihan presiden 2019 lalu.

Hingga kini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 44 juta kali. Tahun 2014 lalu, Skinny Indonesian 24 juga membuat video serupa guna mengajak para penontonnya untuk menentukan pilihan mereka demi Indonesia yang lebih baik.

6. Membaca KBBI selama 14 jam untuk menggalang donasi

Pamit dari YouTube, 6 Hal Positif Skinny Indonesian24 Ini Wajib Ditiruinstagram.com/jovialdalopez

Tanggal 18 Maret mulai pukul 2 siang hingga 19 Maret pukul 4 pagi, Andovi melakukan live streaming di channel YouTube Skinny Indonesian 24. Selama hampir 14 jam siaran langsung tersebut, ia membaca kata-kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi kelima dari huruf A hingga Z. Dovi melakukan hal ini untuk mengumpulkan donasi dari para penonton demi membantu tenaga medis atau siapa pun yang membutuhkan terkait COVID-19.

Selama itu, Andovi pun berhasil mengumpulkan dana sebesar 200 juta rupiah yang kini telah disalurkan melalui Peduli Sehat. Selain hasil sumbangan penonton, penghasilan adsense YouTube dari video siaran langsung tersebut pun semuanya didonasikan dalam rangka #IndonesiaLawanCorona. Hingga kini, Andovi masih terus "mengawal" penyaluran hasil donasi agar bisa diterima oleh orang yang tepat.

Nah, itulah 6 dari banyaknya hal positif yang telah Skinny Indonesian 24 bagikan selama ini. Mereka akan benar-benar pamit dari YouTube mulai 24 Juni 2021 yang juga menjadi peringatan 10 tahun Skinny Indonesian 24 bergabung di YouTube.

Selama setahun ke depan, mereka masih akan membuat video yang tentunya berkualitas untuk memanjakan penggemar yang telah mendukung mereka selama ini.

Baca Juga: [WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuber

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya