Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Dilakukan agar Menjadi Sosok yang Lebih Karismatik

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk tingkatkan kharismamu

Bagi banyak orang, karisma merupakan suatu hal yang penting untuk dimiliki. Orang yang memiliki karisma tinggi biasanya disebut dengan orang yang karismatik. Sayangnya, tak semua orang mampu memaksimalkan potensi karisma yang dimilikinya.  

Namun, kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan karismamu. Pastinya, beberapa hal ini membutuhkan latihan dan kerja keras secara konsisten. Berikut 5 hal yang dapat membuatmu menjadi sosok yang lebih karismatik.

1. Percaya diri dan jangan gugup saat berbicara

5 Hal yang Dapat Dilakukan agar Menjadi Sosok yang Lebih Karismatikilustrasi seseorang yang sedang melakukan orasi (unsplash.com/Clem Onojeghuo)

Saat berbicara, penting sekali untuk meyakinkan lawan bicaramu. Salah satu cara untuk meyakinkan seseorang saat kita berbicara ialah dengan percaya diri dan tak gugup. Kadang, kurang percaya diri dan gugup dapat membuat lawan bicaramu ragu akan apa yang kamu bicarakan. 

Pastikan kamu cukup tenang dan fokus ketika berbicara dengan seseorang. Kamu dapat mempersiapkan apa yang akan kamu bicarakan sedetail mungkin untuk meminimalkan kegugupanmu. Selain itu, kamu juga dapat mengambil nafas dalam-dalam sebelum bertemu dengan orang tersebut.

2. Jadilah pendengar yang baik

5 Hal yang Dapat Dilakukan agar Menjadi Sosok yang Lebih Karismatikilustrasi dua orang yang sedang berbicara (unsplash.com/Mimi Thian)

Untuk menjadi sosok yang karismatik, kamu juga harus menjadi pendengar yang baik. Hal ini berarti kamu harus dapat merespons secara verbal ataupun nonverbal dengan baik atas apa yang lawan bicaramu bicarakan. Berikan kepedulian yang tulus terhadap apa yang mereka bicarakan atau butuhkan.

Kamu juga dapat memberikan solusi ketika lawan bicaramu memintanya. Namun, kamu sebaiknya tidak memberikan solusi sebelum dia menyetujui kamu dapat melakukannya. Jika kamu memang belum bisa memberikan saran atau masukan saat dia mengalami sebuah permasahalan, lebih baik kamu memperkenalkan dia dengan temanmu yang sekiranya dapat membantunya.

Baca Juga: Karismatik, 5 Rapper Girl Group KPop Ini Dikenal Punya Image Swag

3. Berikanlah bantuan yang tulus

5 Hal yang Dapat Dilakukan agar Menjadi Sosok yang Lebih Karismatikilustrasi memberikan bantuan (unsplash.com/Markus Spiske)

Seseorang yang memberikan bantuan secara tulus dan ikhlas biasanya akan mendapatkan respect dari lebih banyak orang. Menurut Eric Mathews dari Start Co., seseorang yang karismatik akan memberikan suatu hal yang lebih daripada apa yang dia dapatkan. Pastinya bantuan yang kamu berikan terhadap seseorang tersebut tidak di luar batas kemampuanmu, ya.

Jika kamu berhasil melakukan hal ini, tak usah heran jika kamu akan disegani banyak orang. Tak usah khawatir jika kamu tak langsung mendapatkan suatu imbalan karena hal positif akan datang dalam jangka panjang. 

4.  Jaga sikap dan perkataanmu

5 Hal yang Dapat Dilakukan agar Menjadi Sosok yang Lebih Karismatikilustrasi kedua orang yang sedang berbicara (unsplash.com/Amy Hirschi)

Tak bisa dimungkiri jika kita melakukan suatu hal kesalahan baik sikap maupun perkataan, kita akan kehilangan respect dari orang di sekitar kita. Jadi, penting sekali untuk berpikir dua kali tentang apa yang akan kita lakukan atau ucapkan. Setiap ucapan atau perkataan merupakan cerminan sikap kita sebenarnya. 

Pemilihan kata yang tepat saat berbicara juga merupakan suatu hal yang penting dalam meyakinkan seseorang. Kamu harus selalu mempertimbangkan hal positif dan hal negatif terhadap ucapan apa yang akan kamu katakan.

5. Mudah beradaptasi di berbagai situasi

5 Hal yang Dapat Dilakukan agar Menjadi Sosok yang Lebih Karismatikilustrasi dua orang yang sedang berbicara (unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com)

Beradaptasi merupakan suatu hal yang tak mudah dilakukan oleh setiap orang. Arti dari beradaptasi di sini adalah kamu sebaiknya selalu bersikap beda di setiap kondisi yang bermacam-macam. Misalnya, ketika kamu berada di lingkungan dengan orang yang membosankan, kamu dapat bersikap menyenangkan untuk mencairkan suasana.

Selain itu, ketika kamu berada di lingkungan di mana setiap orang sangat gemar bercerita, kamu harus menjadi pendengar yang baik. Jika kamu memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, tak heran jika kamu akan lebih digemari banyak orang.

 

Nah, itu dia 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk menjadi seorang yang karismatik. Pastinya dibutuhkan ketekunan dan kerja keras yang luar biasa untuk menerapkan kelima hal tersebut. Semoga dapat menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: Penuh Karisma, Ini 9 Potret Gagah Hwang In Yeop dengan Motor Gede

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya