Comscore Tracker

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero Limbah

Salah satu upaya untuk melindungi bumi

Makanan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Setiap hari, sampah yang dihasilkan dari aktivitas rumah tangga terutama di dapur terus bertambah. Penelitian Bappenas menyatakan bahwa ada 23-48 juta ton dari total sampah di Indonesia berasal dari limbah sisa makanan. Makanan yang tersisa di piring, buah dan sayuran yang membusuk, camilan yang kadaluarsa adalah limbah yang sering kita buang ke tempat sampah.

Beberapa tahun belakangan ini muncul tren zero waste cooking. Gaya hidup ini berusaha meminimilasir atau mencapai nol limbah proses memasak atau makanan. Dengan ini, kita bisa menghargai dan memanfaatkan bahan makanan di sekitar kita.

Zero waste cooking sangat berdampak positif bagi lingkungan. Menurunnya jumlah sampah yang terbuang akan meminimalisir gas metana yang merupakan penyebab gas rumah kaca, yang juga berdampak pada pemanasan global. Selain ramah lingkungan, gerakan ini juga ramah di dompet karena menggunakan bahan makanan seminimal mungkin. Ayo terapkan zero waste cooking melalui tips-tips di bawah ini:

Baca Juga: Cooking 101: Mengenal Lebih Jauh Metode Masak Dry Heat Cooking 

1. Rencanakan dan buat daftar belanja

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi berbelanja (pexels.com/@gustavo-fring)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menulis bahan-bahan yang akan dibeli. Rencanakan dahulu menu apa saja yang akan kamu masak dalam 3-7 hari ke depan. Pergi ke supermarket tanpa daftar belanja hanya akan membuat kamu membeli bahan-bahan yang tidak dibutuhkan.  Putuskan di rumah apakah kamu perlu membeli sayur dan buah dalam jumlah banyak. Jangan sampai buah dan sayur itu membusuk di kulkas dan berakhir di tempat sampah.

Sebelum kamu ke supermarket, kamu bisa membuat daftar menu masakan yang ditempel di dindingmu. Hal ini membantu kamu menentukan bahan-bahan yang akan dibeli nantinya. Menulis daftar belanja juga efektif untuk manajemen keuangan kita. Dengan memilah bahan dan barang yang akan dibeli, kita sudah menerapkan hidup hemat. 

2. Pilih bahan yang sehat

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi pasar tradisional (pixabay.com/quangpraha-7201644)

Kamu harus memilih bahan makanan yang tinggi nutrisi dan serat. Ini akan membantu gaya hidup sehatmu. Beli juga sayuran dan buah-buahan segar tanpa pestisida. Residu pestisida dalam sayur dan buah menyebabkan kesehatan terganggu, seperti sakit perut, muntah, hingga keracunan. 

Sulit untuk membedakan buah yang berpestisida atau tidak. Nah, kamu bisa melakukan dengan membeli buah-buahan lokal yang belum terindustrialisasi. Buah-buahan lokal, bukan impor, biasanya tumbuh alami tanpa pestisida. Dengan membeli produk lokal, kamu sudah mendukung UMKM dalam negeri.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Andhini Miranda Memilih Cara Hidup Zero Waste

3. Perhatikan kemasan bahan makanan

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi reusable bag (pexels.com/@sarah-chai)

Plastik adalah kemasan yang paling praktis, tapi tidak ramah lingkungan. Kamu harus menghindari membeli makanan berbungkus plastik karena hanya menambah sampah. Lebih baik kamu membeli buah dan sayur secara telanjang dengan membawa tas belanja dari rumah. 

Kamu juga bisa memilih kemasan eco-friendly dari karton atau biofoam untuk bahan-bahan amis seperti ikan dan daging. Untuk berjaga-jaga, bawalah box atau food container khusus untuk barang-barang amis atau bahan yang butuh tempat khusus. Meskipun agak ribet, tapi langkah ini efektif untuk meng-nol-kan sampah.

4. Simpan dengan baik

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi wadah makanan (pexels.com/@karolina-grabowska)

Menyimpan bahan makanan dengan baik dan benar adalah langkah utama untuk membebaskan dapurmu dari limbah. Bahan makanan yang tersimpan dengan baik tidak akan cepat membusuk. Masukkan sayuran, buah, dan bahan lauk ke dalam kulkas. Tempatkan ke dalam box atau toples dengan rapi. 

Untuk bahan-bahan yang tidak tersimpan dalam kulkas, seperti tepung, bumbu dapur, minyak dan lain-lain. Kamu bisa menyimpannya dalam wadah di tempat kering yang jauh dari lembap. 

5. Maksimalkan bahan yang tersisa

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi memotong sayuran (pexels.com/@kampus)

Saat kamu memotong sayuran atau mengupas buah, akan tersisa batang dan kulitnya. Maksimalkan bagian-bagian tersebut menjadi menu baru dengan kreativitasmu. Kamu juga bisa mengolah kembali sisa daging dan tulang menjadi kaldu. 

Kreasikan sisa makanan yang layak menjadi menu baru atau camilan. Sisa nasi dapat diolah kembali menjadi nasi goreng atau kerupuk. Sisa ayam goreng dapat diolah menjadi isi pastel. Dan kamu dapat mengeksplor kreativitas masakmu melalui sisa-sisa makanan tadi.

6. Siapkan bumbu dari rumah

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi selai (pexels.com/@catscoming)

Buatlah bumbu-bumbu dapurmu sendiri. Bumbu-bumbu yang dijual di pasaran seperti kaldu bubuk, saus, dan selai mengandung berbagai pengawet yang berbahaya bagi kesehatan. Membuat bumbu dapur tidak akan memakan waktu lama, karena bahan-bahan yang dibuat lebih sederhana. 

Umur simpan bumbu dapur buat rumah tidaklah bertahan lama. Kamu tidak bisa menyimpan saus buatanmu selama berbulan-bulan. Namun, ini adalah hal baik, karena bumbu buatan rumah lebih segar dan terjaga nutrsinya.

7. Hindari makanan pesan-antar

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi memasak di rumah (pexels.com/@olly)

Makanan pesan-antar atau delivery terbilang praktis. Namun, kemasannya seringkali dari plastik dan styrofoam. Hal ini hanya menambah jumlah limbah yang tidak dapat didaur ulang. Untuk menghindarinya kamu bisa makan di tempat atau dine-in.

Jika kamu terpaksa harus menggunakan jasa pesan-antar, sebaiknya pilih restoran yang menggunakan kemasan eco-friendly. Hal ini agak sulit, karena informasi kemasan jarang dicantumkan di layanan pesan-antar. 

8. Bawa bekal makanan

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi bekal makanan (istock.com)

Lapar karena berada di luar rumah berjam-jam membuat kita membeli makanan. Sebelum berangkat kerja atau kuliah, masaklah untuk tiga kali porsi makan. Sehingga, kamu bisa membawa bekal untuk makan siang. Kamu bisa menghemat pengeluaranmu dengan tidak membeli makan di luar.

9. Ubah bahan yang tidak dapat dimasak menjadi kompos

9 Tips Zero Waste Cooking Supaya Dapurmu Zero LimbahIlustrasi pupuk (pexels.com/@sippakorn-yamkasikorn-1745809)

Tidak perlu membuang sisa-sisa bahan atau makanan yang tidak dapat diolah lagi. Kamu bisa mengolahnya menjadi kompos atau pupuk. Sekarang, sudah banyak tempat pengumpulan kompos sisa makanan. Kamu juga bisa menyediakan tempat khusus untuk mengompos di dapur atau belakang halaman rumahmu. Kompos-kompos tersebut dapat menumbuhkan tanaman baru, tanpa meninggalkan limbah.

Tidak ada salahnya untuk menerapkan Zero waste cooking yang terlihat kompleks dan menantang. Jika kamu menerapkan langkah-langkah di atas, kamu sudah berupaya untuk menyelamatkan tabungan, kesehatan, dan lingkungan di sekitarmu. Jadi mulailah membersihkan dapurmu dari limbah sekarang juga.

Baca Juga: 11 Gaya Hidup Zero Waste ala Hometown Cha Cha Cha, Mana Favoritmu?

Ema Endrawati Photo Verified Writer Ema Endrawati

Temannya burung hantu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya