Comscore Tracker

Terapkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Senantiasa Lebih Damai

Yuk, jadi pribadi yang lebih baik lagi!

Siapa sih yang gak ingin hidupnya selalu dipenuhi kedapaian? Damai bukan berarti terlepas dari segala masalah, ya. Dalam kehidupan pasti akan ada saja cobaan dan ujian.

Kita sering merasa insecure karena terlalu sering membandingkan hidup kita dengan orang lain dan merasa tidak cukup atas apa yang kita miliki saat ini. Oleh karena itu kita sering dihantui perasaan cemas dan takut akan bagaimana nasib hidup kita.

But that's okay, itu manusiawi kok, tetapi kita juga perlu meningkatkan kualitas diri kita supaya merasakan kedamaian dalam hidup. Coba terapkan lima hal di bawah ini agar hidupmu senantiasa lebih damai. Check this out! 

1. Mensyukuri apa yang dimiliki sekarang

Terapkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Senantiasa Lebih Damaipexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu kunci agar hidup terasa lebih damai adalah dengan mensyukuri apa yang kita miliki saat ini. Kita wajib bersyukur atas apa yang kita miliki, karena diluar sana mungkin belum tentu orang lain memiliki apa yang kita miliki sekarang. 

Terkadang manusia memang kerap membanding-bandingkan hidupnya dengan orang lain. Padahal setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing dan gak mesti selalu sama dengan orang lain.

Oleh karena itu, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain karena hanya kaan membuat diri kita lelah dan tidap pernah puas dengan apa yang dimiliki.

2. Memaafkan kesalahan orang lain yang pernah melakukan salah

Terapkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Senantiasa Lebih Damaipexels.com/Anna Shvets

Gak ada salahnya untuk membuka hati dengan memafkan kesalahan orang lain sekalipun ia pernah menyakiti perasaan hingga membuat kita sedih dan kecewa. Pahamilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan selama hidupnya termasuk dirimu sendiri. 

Namun, meskipun kita pernah disakiti oleh orang lain di masa lalu, kenapa tidak untuk lebih dulu memafkannya. Sakit sati atau kecewa boleh, tetapi jangan sampai perasaan itu menguasai diri kita hingga menimbulkan dendam. 

Hal tersebut hanya akan menghancurkan diri kita sendiri. Setiap perbuatan baik atau buruk akan kembali kedirinya sendiri.

3. Menghargai setiap orang yang ada di sekeliling

Terapkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Senantiasa Lebih Damaipexels.com/fauxels

Selain itu, kita juga harus menghargai setiap orang yang ada di sekeliling kita. Sudahkan kita mengucapkan kata terima kasih kepada orang-orang yang selama ini setia mendukung kita selama ini? Terima kasih karena sudah menjadi bagian dari hidup kita mulai dari orangtua, saudara, hingga teman.

Tanpa kehadiran mereka kita bukan apa-apa, apalagi orangtua dan keluarga yang selalu mendukung kita dalam keadaan apa pun, baik susah atau senang, benar dan salah. Berterima kasih juga kepada teman yang selama ini menemani kita dan mau menerima kekurangan kita. 

Hidup akan terasa lebih damai jika kita selalu menghargai setiap orang yang ada di sekeliling kita 

Baca Juga: 5 Skill Ini Harus Kamu Miliki Agar Tetap Bahagia Hadapi Masalah Hidup

4. Menjadi pendengar yang baik

Terapkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Senantiasa Lebih Damaipexels.com/Zen Chung

Jangan hanya ingin kita yang selalu didengarkan orang lain, tapi belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik juga untuk orang lain. Misalnya saat teman menghadapi masalah dan ingin mengutarakan apa yang sedang dirasakannya, gak ada salahnya mendengarkannya bercerita meskipun kita tidak bisa memberikan solusi untuknya. Siapa tahu kita bisa dapat mengambil pelajaran berharga darinya. 

5. Bersikap lebih empati pada siapa pun

Terapkan 5 Hal Ini Agar Hidupmu Senantiasa Lebih Damaipexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagai makhluk sosial sudah seharusnya memiliki sifat empati. Empati kepada orang lain harusnya menjadi hal umum, namun tidak semua orang bisa memiliki sifat ini.

Pernah gak sih kamu merasakan tiba-tiba kamu merasa damai setelah berbuat kebaikan pada orang lain, meskipun hanya membantu mengatasi kesulitan dalam hal kecil?

Sikap empati bisa diterapkan dalam hal umum seperti menghargai orang lain dengan sikap sopan dan lembut. Jika hal itu dilakukan secara continue, maka kebiasaan itu akan membentuk citra diri kita. Tidak hanya orang lain yang merasakannya dampaknya, namun kita pun akan merasa damai sebab selalu bisa memberi manfaat pada orang lain. 

Dari kelima poin di atas, mana yang sudah kamu terapkan? Itulah lima hal yang bisa kamu terapkan agar hidup senantiasa lebih damai. Coba tingkatkan kualitas diri dengan banyak bersyukur dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

Mad Max Photo Verified Writer Mad Max

a simple person with complicated mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya