Comscore Tracker

Big Bad Wolf 2019 Surabaya Ajak Masyarakat Makin Gemar Membaca

2 juta buku dihadirkan

(IDN Times/Surabaya) Bazar buku Big Bad Wolf kembali dibuka untuk keempat kalinya di Kota Surabaya pada 4-14 Oktober 2019 yang bertempat di JX International Convention Exhibition. Ada berbagai pilihan buku menarik yang tidak dihadirkan di BBD kota lain, termasuk di antaranya adalah 5 Buku Ajaib Augmented Reality (AR) untuk anak. Selain hadir dengan berbagai potongan harga untuk buku internasional, bazar buku terbesar di dunia ini juga menghadirkan buku dari 15 penerbit di Indonesia. 

Konsisten dengan tujuan memberi akses terhadap buku berkualitas yang bermutu dan bervariasi, Bazar Buku Big Bad Wolf mengajak masyarakat menumbuhkan minat baca. Apa saja yang dihadirkan pada Big Bad Wolf Surabaya 2019? Yuk, intip artikel di bawah ini!

1. Menyediakan pilihan buku yang beragam, ada 2 juta buku yang dihadirkan

Big Bad Wolf 2019 Surabaya Ajak Masyarakat Makin Gemar MembacaIDN Times/Fajar Laksmita

Perkembangan teknologi informasi begitu pesat membutuhkan kemampuan memilih dan memilah informasi. Sedangkan literasi bukan hanya kemampuan membaca atau menulis saja, melainkan menyerap informasi dan dapat berguna bagi kehidupan. Bazar buku ini menghadirkan kurang lebih 2 juta buku untuk memberi kesempatan pada masyarakat dalam meningkatkan literasi dan menyerap sumber informasi dengan benar.

"Dengan hadirnya Big Bad Wolf 2019 di Kota Surabaya, masyarakat Jawa Timur jadi punya kesempatan lebih untuk membaca buku, menyaring informasi dengan kritis, dan tidak mudah termakan hoax. Sebab, buku merupakan sumber informasi kredibel yang dapat ditertanggung jawabkan segala isi di dalamnya", ujar Uni Silalahi yang dikenal sebagai Ibu Buku.

2. Tidak ada tiket gedung untuk masuk, masyarakat diberi akses gratis membaca selama berlangsungnya acara

Big Bad Wolf 2019 Surabaya Ajak Masyarakat Makin Gemar MembacaIDN Times/Fajar Laksmita

Sejalan dengan tema yang diusung untuk mengajak masyarakat makin gemar membaca, tidak ada tiket masuk gedung dan disediakan akses membaca secara gratis selama 24 jam. Pihak penyelenggara ingin ikut andil dalam membangun literasi khususnya minat baca masyarakat Kota Surabaya.

"Mohon dimanfaatkan akses membaca gratis. Kita tidak ada bayar untuk masuk gedung, gratis membaca sepuasnya di dalam. Membeli itu nomor tiga tapi membaca nomor satu," tambah Uni Silalahi.

3. Melalui membaca bukan hanya ilmu pengetahuan yang didapat, namun juga pengalaman dari tokoh yang berpengaruh di dunia

Big Bad Wolf 2019 Surabaya Ajak Masyarakat Makin Gemar MembacaIDN Times/Fajar Laksmita

Hadir pada Kamis (3/9) di JX International Convention Exhibition, Ibu Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. selaku Gubernur Jawa Timur membuka Bazar Buku Big Bad Wolf 2019. Pada pidato singkatnya beliau menerangkan bahwa orang dapat belajar dari kisah sukses biografi tokoh-tokoh yang memiliki pemikiran out of the box seperti Lary Page dan Jack Ma.

"Cari buku yang membuat kita termotivasi, yang mampu membangun semangat dari dalam diri sendiri. Saya ingin masyarakat Jawa Timur mampu bersaing, berkualitas secara SDM, disiplin, dan rajin membaca," tambah Ibu Khofifah.

Baca Juga: Pengunjung Habiskan Rp13 juta, Big Bad Wolf 2018 Pecahkan Rekor

4. Selain sebagai wisata edukasi, para pengunjung dapat menikmati fasilitas seperti food court dan area bermain anak

Big Bad Wolf 2019 Surabaya Ajak Masyarakat Makin Gemar MembacaIDN Times/Fajar Laksmita

Ada berbagai fasilitas seperti food court dan area bermain anak bagi para pengunjung. Selain itu, para pengunjung berkesempatan untuk pulang membawa lemari buku yang bisa diisi sendiri dengan buku BBW favorit mereka dengan cara mengikuti kontes di sosial media dengan hashtag #FotodiBBWSBY2019 dan #BarbukBBWSBY2019.

Ada 20 pemenang yang mendapatkan cash voucher harian untuk masing-masing kontes. Akumulasi pemenang harian selama 10 hari akan diundi kembali dan dicari 1 orang pemenang untuk mendapat hadiah utama berupa satu lemari baru penuh buku BBW. Info lengkap ada dapat kamu lihat di highlight Instagram Sories @bbwbooks_id.

5. Membaca bukan hanya memperluas pengetahuan, namun juga melatih pikiran dan perasaan agar tak terjebak pada kedangkalan pengetahuan

Big Bad Wolf 2019 Surabaya Ajak Masyarakat Makin Gemar MembacaIDN Times/Fajar Laksmita

Don Bosco Salamun selaku Pemimpin Redaksi Metro TV hadir dengan memberikan beberapa sambutan. Beliau menjelaskan bahwa membaca bukan hanya memperluas pengetahuan, namun juga masuk lebih dalam pada pikiran dan perasaan. Pikiran dan perasaan dilatih agar tidak terjebak pada kedangkalan pengetahuan dan mudah percaya pada hoax.

"Banyak orang terjebak pada kedangkalan pengetahuan dan percaya pada hoax, ketika kita terlatih untuk membaca kita mencoba untuk menghindari dan lebih mendalami. Sahabat yang paling baik untuk itu adalah buku. Semoga dengan bazar buku ini keinginan dan semangat untuk membaca menjadi semakin baik," tambah Don Bosco Salamun.

Yuk, borong buku di BBW!

Baca Juga: Big Bad Wolf 2019 Kembali Dibuka di Kota Surabaya 

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya