Comscore Tracker

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua Tangannya

#14haribercerita Traveling, Jati diri, Pemuda tangguh

Cristopher McCandless ialah seorang pemuda anak orang kaya dan lulus dari salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat dengan GPA yg sangat baik. Ketidakpercayaan nya tentang manusia sebagai makhluk sosial, mendorongnya untuk berkelana jauh ke Alaska dengan cara yang sangat tidak masuk akal.

Tidak seperti pemuda biasanya, Cristopher McCandles adalah seseorang yg memiliki pendirian bahwa alam adalah keluarga sejatinya. Dia percaya apabila ia kembali ke alam, dia akan mengerti apa arti dari kehidupan sesungguhnya. Sebuah kisah nyata ini sudah dibuatkan film berjudul 'INTO THE WILD' karangan Sean Penn.

Dalam film tersebut menceritakan bahwa masa lalu dari Cristopher McCandless adalah penyebab kenapa dia lari ke Alaska. Ketika ia kecil, ia sering melihat kedua orang tuanya bertengkar. Itulah mengapa dia menjadi peribadi yg cukup pendiam, namun akan sedikit atraktif ketika bertemu dengan seseorang yg ia suka. Cristopher McCandless nekat kabur ke alaska karena perlakuan yg ia terima masa kecil. Bayang-bayang keterpurukan ketika ia kecil, mendorong nya melakukan ini. Dia bahkan membakar semua uangnya dan meninggalkan mobil tua berwarna kuning kesayangnya. 

Kemudian ia kabur tanpa jejak untuk kembali ke alam.

1. Mengetahui Arti Keluarga Sesungguhnya

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua Tangannyaangelfire.com

Perjalanan Cristopher McCandless dimulai dengan menyusuri jalan sendirian, namun beberapa saat kemudian dia mendapatkan tumpangan dari keluarga Burres. Jan burres dan Rainey adalah suami istri yg menjalani hidupnya secara nomaden. Mereka memiliki kepercayaan yg hamir mirip dengan Cristopher McCandless. Ketika McCandless mendapat tumpangan, Jann burres memperlakukannya seperti anaknya sendiri. Cristopher memang anak yg mudah bergaul, namun karena masa lalu yg kelam dia sulit mempercayai ikatan keluarga. 

Jann burres dan Rainey adalah keluarga yg sangat menyayangi, terlihat dari kecintaan mereka berdua terhadap travelling. Kontras sekali dengan keluarga McCandless yg sering bertengkar. Cristopher sebenarnya sudah mulai menyadari apa arti dari keluarga sebenarnya. Namun, dia harus tetap menjalankan keinginannya untuk hidup di alam liar. Pada suatu malam, di kabur tanpa memberi tahu Jan burres dan Rainey. Dia tahu apabila mereka berdua melihat dia pergi, Jan burres dan Rainey akan sangat sedih dengan keputusan yg diambil.

Believe it or not, Cristopher McCandless adalah seseorang yg kurang suka berhubungan dengan seseorang terlalu dekat, oleh karena itu, dia lebih suka untuk menghindar dari pada berbaur dengan sekitarnya. Dia percaya, apabila dia memiliki seorang yg ia cintai dalam hidupnya, mereka akan pergi dalam waktu yg sangat lama atau mungkin selamanya.

2. Arti sebuah pertemanan

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua Tangannyacinema blend

Di dalam perjalanan nya menuju alaska, dia bekerja di sebuah ladang bersama dengan Wayne Westerberg. Wayne adalah seseorang buronan polisi yg bersembunyi di kota kecil. Wayne westerberg mengelola ladang gandum dan mempekerjakan orang disekitarnya.

Dia bertemu dengan Cristopher McCandless ketika di jalan pulang menuju rumah. Cris yg butuh tumpangan dan kelaparan diajak menuju ke ladang gandum miliknya. Cris sadar kalo dia membutuhkan temoat menginap, sehingga dia memutuskan untuk bekerja di ladang milik Wayne. Hubungan mereka semakin dekat. Wayne sudah seperti teman bagi cris. Cris sudah memikirkan untuk tinggal lebih lama, namun Wayne ditangkap oleh polisi.

Cristopher akhirnya menyadari bahwa di dunia ini ada seseorang yg peduli terhadapnya. Namun, karena Wayne ditangkap polisi, dia terpaksa untuk kembali ke tujuan awal Alaska.

Wayne sangat dekat dengan Cris. Cristopher sendiri merasa nyaman, namun akhirnya dia menyadari jika "hubungan dengan manusia tidak akan lama, akan ada saatnya dia akan pergi meninggalkanmu sendiri"

3. Mendapatkan Kasih Sayang dari Orang Tercinta

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua Tangannyalancastria

Singkat cerita setelah dia pergi dari ladang gandum, dia kembali bertemu dengan Jan Burres dan Rainey. Mereka bertemu lagi di tempat bernama "Land of God" yg merupakan surga bagi para petualang yg hidup secara nomaden. Tempat tersebut sangat istimewa bagi Cristopher karena ia bertemu dengan seorang wanita bernama Tarcy Tatro.

Tracy adalah perempuan berusia 16 tahun yg suka bernyanyi. Suatu ketika, mereka berdua bernyanyi dihadapan para petualang lainnya di Land of God. Disitulah mereka terlihat saling menyayangi. Namun, rasa sayang yg dimiliki Cristopher tidak dapat ditunjukkan karena dia tahu jika dia tidak akan tinggal lama di tempat tersebut.

Cristopher memang mendapatkan cinta sebenarnya dalam hidup, tetapi karena keinginannya untuk menuju ke alam bebas, dia menghindari hal tersebut. Hal yg ia tidak dapat ketika sewaktu kecil. Hal yg ia inginkan dari keluarga yg membesarkan nya. 

4. Figur Ayah yg Diinginkan oleh Cristopher McCandless

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua TangannyaLake placid

Setelah menghilang dari Tracy dan peradaban, ia melanjutkan perjalanan ke Alaska. Dalam perjalanan yg sudah semakin dekat, Cristopher bertemu dengan Ron franz yang merupakan seorang veteran perang. Ia hidup sendiri setelah kematian istrinya. Ia dan Cristopher adalah dua orang yang memiliki kepribadian sangat berbeda.

Namun, karena perdebatan yg serig mereka lakukan, Ron franz menyadari bahwa Cristopher adalah seorang yang baik karena itulah ia ingin mengangkat Cristopher menjadi anaknya. Cristopher tidak dapat menerima hal tersebut karena tujuan sesungguhnya sudah sangat dekat. Ron menangis karena tak sanggup melihat Cristopher yangg jalan menjauhi dirinya.

 

5 Arti dari rumah sesungguhnya.

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua Tangannyapinterest

Perjalanan sudah semakin dekat, namun cuaca dingin menghambat perjalanan Cristopher. Untungnya, dia menemukan rumah "sementara". Magic bus adalah rumah nya. Berbekal senapan angin dan beras yg ia peroleh dari Wayne, Cristopher mulai berburu sesuatu untuk dimakan.

Ilmu yang ia dapatkan dari Wayne yaitu berburu hewan besar, diterapkan olehnya ketika ia melihat sebuah binatang besar. Namun, setelah berhasil menembak hewan tersebut, dia kesulitan untuk menyimpan seluruh dagingnya. Akibatnya, daging tersebut membusuk. Dan Cristopher sangat frustasi akan hal tersebut.

Cristopher seseorang yg pantang menyerah, ia memakan apa yg bisa dimakan. Dia bertahan di cuaca yg sangat ekstrem. Badan nya sampai kurus kering terlihat dari gesper yg di pakainya sudah tidak bisa digunakan. Magic bus benar-benar menjadi saksi mata perjalanan hidup Cristopher McCandless. Rumah yg sangat cocok untuk ditinggali dan nyaman.  

6. Rintangan Terakhir adalah Akhir dari Kehidupan

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua TangannyaBewinchester

Cuaca ekstrem pun berganti menjadi Musim semi yg sangat indah. Cristopher sangat bersemangat sehingga ia berpamitan dengan "magic bus". Semua impian dari Cristopher sia-sia ketika ia melihat sungai berarus deras di depannya. Menghalangi kehidupan yang diidam-idamkan olehnya. Menghapus semua impian untuk kembali ke alam liar. Sesekali ia mencoba menyeberangi sungai tersebut, ia terbawa arus dan hal itu sangat musrtahil untuk dilakukan.

Dia kembali ke "magic bus" dengan perasaan lapar dan haus. Tidak memiliki makanan yg tersisa. Yang ia punya hanyalah sebuah buku tentang flora dan fauna. Ia mencoba mencari sesuatu untuk dimakan. Ia berhasil menemukan tanaman yg dapat dimakan. Sayangnya dia keracunan karena makanan yg ia makan adalah makanan beracun. Cristopher tidak dapat berbuat banyak. Saru-satunya hal yg ia lakukan adalah "MERENUNG"

7. Kebahagiaan akan Terlihat Nyata saat Kamu Bersama Orang yg Kamu Sayang

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua Tangannyapinterest

Tubuhnya kaku dan tidak bisa bergerak. Kakinya lumpuh tidak bisa berjalan. Tangannya memahat sebuah kalimat di sebuah kayu. Sambil menangis dan merenungkan semua hal yang ia lalui. Keluarga, teman, adik dan sahabat yang ternyata sangat menyayanginya. Ia terlalu buta untuk melihat kebahagiaan yang sesungguhnya. Sebelum ia meninggal, ia menulis sebuah kalimat yang sangat ironis:

"LIFE IS REAL WHEN SHARED"

Iya, dia sadar kehidupan sebenarnya adalah kehidupan dimana dia bersama orang yang ia sayangi. Pada akhirnya, Cristopher mati di rumah sederhana yg berada di tengah hutan. Ironis namun sangat menyayat hati.

Cinta sesungguhnya itu tidak perlu diucapkan secara eksplisit melainkan dengan gestur dan mimik tertentu kita dapat merasakan rasa kasih sayang dari orang yg kita cintai. Kita tidak boleh menutup mata akan hal tersebut. Cristopher McCandless adalah sebuah contoh nyata dari salah pola asuh dari orang tua.

Oleh karena itu, para orang tua harus dapat menempatkan sebuah situasi dengan benar, agar kejadian seperti ini tidak akan terulang kepada anak lainnya. 

Ps: Dalam setiap perjalanannya, Cristopher McCandless menggunakan nama "ALEXANDER SUPERTRAMP"

8. Foto asli dari Cristopher McCandless

Cristopher McCandles, Kisah Pemuda yang Memeluk Dunia dengan Kedua TangannyaCristopher McCandless Info

Foto terakhir dari Cristopher McCandless bersama Magic Bus.

Fery Andriawan Photo Community Writer Fery Andriawan

Interested in writing and traveling. Check out my blog https://moneylesstraveler.blogspot.co.id/ Owner : @main_benang @fry_andr

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You