Comscore Tracker

Jangan Marah, Pahami 5 Hal Ini Ketika Prinsip Hidupmu Ditentang

#IDNTimesLife Sikapi dengan baik dan ambil keputusan bijak

Memiliki prinsip hidup yang jelas memang penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun pernahkah kamu membayangkan apa jadinya kalau prinsip hidupmu ditentang orang lain? Berbagai reaksi atau respon mungkin sudah terpikirkan olehmu. Mulai dari kecewa, menangis, hingga marah. 

Sebelum kamu merespon dengan aksi yang berujung pertikaian, ada baiknya pahami beberapa hal di bawah ini dulu, ya.

1. Gak ada salahnya berusaha mempertahankan prinsip, tapi dengarkan dulu alasan orang lain

Jangan Marah, Pahami 5 Hal Ini Ketika Prinsip Hidupmu Ditentangilustrasi orang sedang berbicara (pexels.com/Sam Lion)

Reaksi pertama saat prinsip hidupmu ditentang, kamu mungkin akan mencoba untuk mempertahankan prinsip hidupmu. Tentu gak ada salahnya dengan hal ini, tapi ada hal berkaitan lain yang juga perlu dipikirkan.

Gak ada salahnya juga lho untuk mendengarkan dulu apa maksud dan alasan orang lain menentang prinsip yang kamu pegang. Siapa tahu alasannya memang tepat dan masuk akal untuk diterima, setelah itu barulah kamu pikirkan kembali dengan matang.

2. Coba renungkan saja lagi prinsip hidupmu secara objektif tanpa dipengaruhi pendapat orang lain

Jangan Marah, Pahami 5 Hal Ini Ketika Prinsip Hidupmu Ditentangilustrasi orang merenung (pexels.com/Michael Burrows)

Memang cukup sulit dan gak biasa jika harus merenungkan kembali prinsip hidup yang selama ini dipegang. Tetapi, hal ini penting juga diakukan, agar diri sendiri dapat menilai sejauh mana prinsip hidupmu berdampak pada kehidupanmu sehari-hari.

Selain itu, sebaiknya prinsip hidup tersebut juga direnungkan kembali secara objektif, artinya benar-benar dipahami sesuai kenyataan yang ada.

Jika sebelumnya kamu sudah mendengarkan pendapat orang lain, maka luangkan waktu juga untuk merenungkan kembali dengan baik dan tanpa dipengaruhi oleh pendapat orang lain.

3. Apa pun pendapat orang lain, kamu sendiri yang menentukan prinsip hidupmu

Jangan Marah, Pahami 5 Hal Ini Ketika Prinsip Hidupmu Ditentangilustrasi orang merenung (pexels.com/Pixabay)

Orang lain memang bisa memiliki pendapat yang berbeda-beda, termasuk ketika berbicara soal prinsip hidup. Jika ternyata prinsip hidupmu ditentang orang lain, ada hal penting yang juga perlu kamu ingat, ya.

Apa pun pendapat orang lain tentang prinsip hidupmu, pada akhirnya kamu sendiri yang menentukan hal ini dengan tepat, bijaksana, dan sesuai dengan kehidupanmu. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Membuat Kamu Disegani oleh Orang di Sekitar

4. Namun, tidak perlu terburu-buru saat memutuskan soal prinsip hidup

Jangan Marah, Pahami 5 Hal Ini Ketika Prinsip Hidupmu Ditentangilustrasi orang menulis (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Pada prosesnya, mungkin banyak hal yang perlu dipahami atau dipelajari soal prinsip hidup. Oleh karena itu, tidak perlu terburu-buru dalam memutuskan prinsip hidup yang cocok dan sesuai untukmu.

Sambil menunggu untuk menentukan prinsip hidupmu, pahami lagi tentang prinsip hidup yang tepat ketika diterapkan dalam kehidupanmu sehari-hari.

5. Pikirkan juga kemungkinan dan dampak jangka panjang dari prinsip hidup yang kamu pegang  

Jangan Marah, Pahami 5 Hal Ini Ketika Prinsip Hidupmu Ditentangilustrasi orang sedang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu alasan penting kenapa prinsip hidupmu perlu direnungkan kembali, terutama saat ditentang orang lain adalah karena bisa saja ada dampak tertentu dalam kehidupanmu, terutama dampak jangka panjang.

Dengan merenungkan kembali, hal ini seperti introspeksi diri untuk betul-betul menilai sudah tepat atau tidaknya prinsip hidup tersebut. 

Butuh niat tulus dan kesediaan hatimu agar bisa merespon dengan bijak saat prinsip hidupmu ditentang orang lain. Tapi tetap ingat, keputusan ada di tanganmu. Jadi, ada baiknya untuk tetap waspada dan bijaksana dalam menyikapi prinsip hidupmu sendiri, ya. 

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Rasa Percaya Diri, Silakan Direnungi

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya