Comscore Tracker

6 Mindset Halau Perasaan Insecure Saat Melihat Kelebihan Orang Lain

Jangan sibuk pada kekurangan, tetapi fokuslah pada potensimu

Perasaan gelisah atau merasa tidak aman yang sering menyerang kepercayaan diri tentu saja membuat sebagian orang sulit menghilangkannya. Belum lagi bila kita tumbuh pada lingkungan yang memacu rasa insecure lebih kuat atau kencang.

Salah satu faktor mengapa perasaan insecure bisa menguasai diri adalah ketika diri sendiri merasa kerdil saat melihat kelebihan orang lain yang dirasa sangat luar biasa dibandingkan dengan diri sendiri.

Untuk menghalau perasaan tersebut, ada baiknya tanamkan enam mindset di bawah ini sesegera mungkin.

1. "Jangan hanya fokus pada kekurangan, tetapi gali dan kembangkan potensi yang kamu miliki secara maksimal"

6 Mindset Halau Perasaan Insecure Saat Melihat Kelebihan Orang Lainpexels.com/marco perretta

Salah satu alasan mengapa rasa insecure acap kali timbul adalah kebiasaan kita yang hanya fokus pada kekurangan yang dimiliki.

Padahal kita memiliki banyak waktu dan kesempatan yang bisa digunakan dalam menggali potensi serta mengembangkan kemampuan yang ada. Sehingga mampu mengalihkan pikiran dari hal yang seharusnya tidak dipikirkan dalam-dalam dengan cara menyibukkan diri pada hal yang jauh lebih bermanfaat.

2. "Jangan memelihara kebiasaan untuk membandingkan diri sendiri, karena akan membuat perasaan insecure semakin kuat"

6 Mindset Halau Perasaan Insecure Saat Melihat Kelebihan Orang LainPexels/Thiago Matos

Salah satu kebiasaan yang kurang baik untuk terus dipelihara adalah gemar membandingkan diri sendiri dengan segala kelebihan dan pencapaian orang lain.

Dengan berusaha terus membandingkan apa yang cuma terlihat di mata hanya akan membuat perasaan insecure semakin besar. 

Ada baiknya untuk mencoba menahan diri dan segera alihkan pikiran agar tidak sampai membandingkan apa yang telah kita miliki dan perjuangkan dengan kehidupan orang lain yang belum kita ketahui jalan dan cerita yang sesungguhnya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Membandingkan Kehidupanmu dengan Orang Lain

3. "Kita bukan tak bisa sehebat orang-orang di luar sana, hanya saja niat dan kerja keras kita belum dikerahkan dengan sepenuhnya"

6 Mindset Halau Perasaan Insecure Saat Melihat Kelebihan Orang LainUnsplash/Jonathan Chng

Kelebihan yang kita lihat dari orang lain ada baiknya dijadikan semangat serta dorongan untuk bisa mencapai apa yang kita inginkan selama ini.

Jangan terlalu sibuk mengagumi serta membandingkan kehebatan yang orang lain miliki. Tetapi pakailah waktu serta kesibukan yang ada untuk bekerja keras supaya meningkatkan kualitas diri sendiri dan juga hidup.

4. "Bergaul pada lingkungan yang mendukung kesehatan mentalmu serta jauhi segera lingkungan toksik"

6 Mindset Halau Perasaan Insecure Saat Melihat Kelebihan Orang LainPixabay/StockSnap

Salah satu faktor mengapa rasa insecure tumbuh subur dalam diri adalah lingkungan yang tak sehat untuk kesehatan mental kita sendiri.

Bertahan pada lingkungan yang memberikan pandangan serta dorongan yang membuatmu merasakan insecure ada baiknya segera ditinggalkan.

Sebelum perasaan tersebut merugikanmu dan lambat-laun akan membuatmu terpuruk dan sulit berkembang serta maju.

5. "Ketika bermedia sosial, saringlah unggahan yang berpotensi untuk membuatmu merasa insecure"

6 Mindset Halau Perasaan Insecure Saat Melihat Kelebihan Orang LainPixabay/nastya_gepp

Ternyata kebiasaan yang jarang kita sadari adalah terlalu tenggelam pada unggahan di media sosial yang sebenarnya membuatmu semakin dalam jatuh pada rasa insecure.

Bila ada postingan yang bisa mengarahkan pada rasa insecure ada baiknya segera saringlah, seperti dengan membatasi, meng-unfollow, meng-unfriend atau juga bisa dengan cara memblokirnya. Supaya menekan dan sedikit demi sedikit menghalau perasaan insecure.

6. "Jangan lupa bersyukur, untuk segala yang kamu punya, karena orang sekitar belum tentu seberuntung dirimu"

6 Mindset Halau Perasaan Insecure Saat Melihat Kelebihan Orang LainPixabay/Pexels

Walau sering terlewatkan bahkan terlupakan, nyatanya rasa syukur yang rutin disampaikan akan membuatmu membaik dan lebih menghargai apa yang telah kamu miliki.

Daripada sibuk melihat ke atas, cobalah sesekali lihatlah ke bawah. Ada banyak orang yang kurang seberuntung dirimu, tetapi mereka tidak menyerah pada keadaan dan terus berusaha untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Yuk, lebih hargai diri sendiri dengan segala apa yang telah dimiliki dan diperjuangkan. Jangan sampai kebahagiaan dan ketenangan sirna karena merasa insecure melihat kelebihan orang lain yang sejatinya bisa juga usahakan sesuai dengan potensi yang kamu miliki.

Baca Juga: Bukan Membandingkan, Inilah 5 Makna Syukur Sesungguhnya

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya