Comscore Tracker

Gak Batalin Sih, Tapi 5 Hal Ini Bikin Puasamu Tak Bernilai Ibadah

#RamadanMasaKini hanya dapat lapar dan haus saja

Ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan bentuk ketaatan manusia kepada Allah SWT. Namun, tidak semua orang bisa memaknai dan melakukan ibadah tersebut secara sempurna. Bukan hanya sekadar menahan rasa haus dan lapar, puasa juga semestinya bisa membuat kita menahan segala bentuk nafsu negatif yang terkadang tak sadar hadir dalam benak. Dalam sebuah hadist disebutkan: “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga” (HR Ibnu Majah, Ahmad, dan lainnya).

Meski sedang berpuasa, beberapa hal di bawah ini semestinya tidak kamu lakukan agar puasamu tidak sia-sia:

1. Kurang bisa menjaga lisan dan selalu membahas keburukan orang

Gak Batalin Sih, Tapi 5 Hal Ini Bikin Puasamu Tak Bernilai IbadahPixabay.com/Free-Photos

Tanpa disadari, terkadang orang bisa dengan mudahnya mengeluarkan kalimat-kalimat yang isinya membahas kekurangan orang lain ketika puasa. Saat berbincang dengan rekan-rekan di lingkungan terdekat, ada saja topik yang mereka anggap cukup menarik untuk dijadikan pembahasan. Saat kamu mulai masuk dalam pembahasan negatif tersebut, maka nilai puasa kamu akan sia-sia dan sudah pasti tak akan mendatangkan pahala.

2. Mudah tersulut emosi untuk hal-hal sepele

Gak Batalin Sih, Tapi 5 Hal Ini Bikin Puasamu Tak Bernilai IbadahPixabay.com/RobinHiggins

Selain tidak bisa menjaga lisan, kamu juga mesti menjaga hati agar tidak lekas tersulut emosi saat ada seseorang menyentilmu. Meski sepele, ada beberapa orang yang mudah sekali terpancing emosi saat ada salah satu temannya berbuat atau mengeluarkan kata-kata yang tak disukainya. Saat puasa, menjaga hati agar tidak mudah tersulut emosi merupakan suatu keharusan karena akan membuat nilai ibadahmu lebih bernilai.

3. Tidak ikhlas ketika melakukan amal dan kebaikan

Gak Batalin Sih, Tapi 5 Hal Ini Bikin Puasamu Tak Bernilai IbadahPixabay.com/StockSnap

Ketika memberikan bantuan atau kebaikan kepada orang lain, sikap ikhlas tentu saja harus tertanam dalam diri agar bisa mendatangkan kebaikan bagi kehidupanmu. Terutama pada bulan puasa, berbuat baik atas dasar keikhlasan tentu saja harus dimiliki oleh setiap insan yang beriman. Ketika kamu tidak mendasari pemberian tersebut dengan keikhlasan, maka nilai puasa kamu tak ubahnya seperti debu yang mudah hilang saat terhempas angin.

Baca Juga: Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan Kamu

4. Sulit berkata sesuai dengan kenyataan

Gak Batalin Sih, Tapi 5 Hal Ini Bikin Puasamu Tak Bernilai IbadahPixabay.com/RobinHiggins

Bohong merupakan perbuatan yang tentu saja tidak dibenarkan dalam agama. Apalagi saat berpuasa, melakukan kebohongan tentu saja akan membuat nilai puasamu tak mendatangkan manfaat dalam kehidupanmu. Selain tak mendatangkan pahala, kamu juga tidak akan mudah dipercaya orang lain karena kebohongan yang sering kamu buat.

5. Berkata sia-sia dan tak ada manfaat

Gak Batalin Sih, Tapi 5 Hal Ini Bikin Puasamu Tak Bernilai IbadahPixabay.com/Pexels

Selain berkata kasar, mengumpat dan berbohong, mengeluarkan kalimat yang sia-sia tentu saja wajib kamu hindari terutama pada saat berpuasa. Ada banyak akibat negatif yang bisa muncul saat kamu mulai banyak berkata sia-sia saat berbincang dengan rekan-rekan. Daripada berkata sia-sia, mendingan berdiskusi mengenai masalah kebaikan dan hal-hal positif bersama orang-orang yang ahli agama bukan?

Jadi, kamu tidak ingin kan nilai puasamu seperti debu yang tertiup angin karena tak bisa menjaga hati dan ucapan? Makanya hal-hal kecil di atas harus diperhatikan agar puasa tetap bermakna.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya