Comscore Tracker

5 Cara yang Bisa Membantumu Pulih dari Kesedihan, Stop Berlarut-larut!

#IDNTimesLife Sudah saatnya kamu bangkit!

Wajar saja bila rasa sedih kerap menghampirimu ketika kamu tengah merasakan sakit hati. Sejatinya, kesedihan merupakan perasaan normal yang dialami oleh setiap manusia. Kendati demikian, sedih juga memiliki batasan dalam mengekspresikannya; boleh dilakukan pada kondisi tertentu, namun tidak berkepanjagan.

Kamu tidak boleh berlarut-larut dalam meratapi kesedihan. Sebab hal itu akan memengaruhi kesehatan mental dan tentunya akan berdampak buruk bagi aktivas sehari-harimu. Sehingga kamu perlu melakukan lima cara berikut agar bisa segera pulih dari rasa sedih.

1. Belajar menerima emosi sedih yang sedang dirasakan

5 Cara yang Bisa Membantumu Pulih dari Kesedihan, Stop Berlarut-larut!ilustrasi orang bersyukur (unsplash.com/Jovaughn Stephens)

Menyadari emosi kesedihan yang kamu alami menjadi langkah awal dalam proses penerimaannya. Menerima emosi tersebut artinya kamu sedang memvalidasi perasaan yang ada. Dengan begitu, akan ada rasa tenang yang menghampirimu. Selanjutnya, kamu hanya perlu menyiapkan diri untuk segera pulih.

2. Jangan memendam emosi sedih

5 Cara yang Bisa Membantumu Pulih dari Kesedihan, Stop Berlarut-larut!ilustrasi orang sedih (unsplash.com/Amadeo Valar)

Setiap perasaan butuh untuk diekspresikan. Entah dalam bentuk lisan maupun tulisan. Sebab mengekspresikannya merupakan bagian dari self-healing yang cukup ampuh. Jangan ragu untuk mengungkapkannya, pasalnya setiap emosi perlu disalurkan.

Biasanya menangis menjadi aktivitas yang akan dilakukan saat seseorang merasa sedih. Apabila kamu juga melakukan hal demikian, maka tidaklah mengapa. Nyatanya, menangis bisa membantumu mengurangi beban yang ada. Namun, perlu diingat juga bahwa ada batas kewajaran dalam mengekspresikannya; tidak berlebihan.

Baca Juga: Bisa Merasakan Emosi Orang Lain, 5 Tanda Kamu Adalah Emotional Sponge

3. Ungkapkan beban yang kamu rasa dengan orang kepercayaan

5 Cara yang Bisa Membantumu Pulih dari Kesedihan, Stop Berlarut-larut!ilustrasi orang curhat (unsplash.com/Etienne Boulanger)

Berbagi rasa sedih dengan orang terdekat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan kesedihan itu sendiri. Asalkan orang yang kamu pilih merupakan orang yang tepat dan tepercaya. Tentu selepas kamu bercerita dengannya, kamu akan mendapatkan dukungan untuk menciptakan semangat baru di dalam dirimu. Jika hal itu terus berlanjut, keyakinan untuk segera pulih dari kesedihan akan kamu dapatkan.

4. Hindari perlakuan menghakimi diri sendiri

5 Cara yang Bisa Membantumu Pulih dari Kesedihan, Stop Berlarut-larut!ilustrasi orang sedih (unsplash.com/M.)

Jangan sekali-kali kamu menghakimi diri sendiri saat merasakan emosi sedih. Hal itu justru menambah beban mental bagimu. Lebih baik, ucapkan kalimat positif kepada dirimu sendiri. Cobalah untuk mendukung diri sendiri daripada menghakimi. Dengan begitu, sedikit demi sedikit, kamu mampu keluar dari tekanan rasa sedih.

5. Sadari bahwa banyak orang yang pernah sepertimu

5 Cara yang Bisa Membantumu Pulih dari Kesedihan, Stop Berlarut-larut!ilustrasi orang berpikir (unsplash.com/Allef Vinicius)

Terkadang orang memilih untuk meratapi kesedihan lantaran merasa menjadi orang yang paling sedih di dunia ini. Namun faktanya, banyak orang yang merasakan kepedihan yang serupa denganmu atau bahkan lebih menderita darimu. Cobalah untuk sadar, bahwa kamu tak sendiri, bahwa ada banyak orang yang pernah sepertimu, namun mereka mampu untuk bangkit.

Itulah lima cara yang dapat membantumu pulih dari kesedihan. Percayalah, semua memiliki waktunya masing-masing. Kesedihan juga akan berlalu ketika kamu mau belajar untuk melepaskannya dengan tulus. Jangan sekali-kali memilih untuk berlarut-larut lantaran hanya akan memperparah emosi negatif di dalam dirimu. Semangat, ya!

Baca Juga: 6 Rahasia Hidup Tanpa Beban, Terapkan biar Gak Sering Stres dan Sedih

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya