Comscore Tracker

Gak Sulit, 6 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Suka Bersikap Sombong

Perlakukan mereka dengan benar dan jangan terpancing emosi

Menghadapi tipe orang yang satu ini memang gak bisa sembarangan, karena kalau salah bisa-bisa kamu akan kesal sendiri saat berhadapan dengan mereka. Daripada kamu hanya kesal dan membuat mereka merasa ‘menang’ dengan sikap sombongnya itu, lebih baik coba terapkan cara efektif di bawah ini deh guys!

1. Jangan mudah terpancing emosi

Gak Sulit, 6 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Suka Bersikap Sombongunsplash.com/sean Kong

Ya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengontrol emosi yang akan mudah terpancing di situasi seperti ini. Meskipun sulit untuk tidak emosi tapi kamu harus bisa berusaha semaksimal mungkin untuk tetap sabar. Kalau kamu terpancing maka mereka akan merasa besar kepala.

2. Perlakukan dia dengan baik dan tulus

Gak Sulit, 6 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Suka Bersikap Sombongunsplash.com/rawpixel

Sekalipun mereka memperlakukanmu seenaknya jangan sampai kamu ikut terbawa perilakunya. Perlakukan mereka dengan baik dan gunakan ketulusan hatimu. Ketuk hati nurani mereka dengan sikap baik kita agar mereka sadar kalau gak seharusnya mereka bersikap sombong.

Baca Juga: Bukan Sombong, Ini 6 Alasan Cewek Pendiam Kerap Terkesan Jutek

3. Dekati mereka dengan kesederhanaan

Gak Sulit, 6 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Suka Bersikap Sombongunsplash.com/Trevor Cole

Lagi dan lagi perlakukan mereka dengan cara yang berbeda. Misalnya dengan hal-hal yang sederhana dan tidak bernilai mahal. Kamu bisa membuktikan bahwa sesuatu yang lebih rendah atau murah itu gak selamanya buruk. Dengan begini mereka akhirnya bisa membuka mata dan menerima sesuatu yang tadinya gak mereka percaya.

4. Tempatkan mereka di posisi yang tidak biasa

Gak Sulit, 6 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Suka Bersikap Sombongunsplash.com/Perry Grone

Kalau sebelumnya kita hanya memberi hal yang berskala kecil, kini beri sesuatu yang lebih besar. Tempatkan di posisi dan situasi yang gak biasa mereka hadapi, maka perasaan yang akan didapatkan akan jauh lebih mendalam.  

Kamu bisa mengajaknya terlibat dalam kegiatan sosial yang membuatnya merasakan kebahagiaan sekalipun dalam kondisi yang terbatas. Dari sini mungkin kamu dapat menyadarkan bahwa apa yang selama ini mereka pamerkan dan banggakan gak sebanding dengan arti kebahagiaan yang sebenarnya.

5. Selalu tersenyum saat menghadapi mereka

Gak Sulit, 6 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Suka Bersikap Sombongunsplash.com/Jens Johnsson

Orang sombong biasanya menginginkan pengakuan tinggi atas dirinya di mata orang lain, mereka bertujuan untuk membuat orang lain merasa buruk karena tidak bernasib sepertinya. Tetapi kamu bisa menghentikan mereka dengan cara selalu tersenyum saat menghadapi mereka. Mereka bisa berhenti bersikap sombong sebab merasa kesal sekaligus bingung, orang yang diperlakukan tidak baik justru memberinya senyuman.

6. Mengangggap lalu sikap sombong mereka

Gak Sulit, 6 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Suka Bersikap Sombongunsplash.com/Anastasiia Tarasova

Banyak orang yang bersikap sombong karena ingin unjuk gigi tentang apa yang mereka miliki agar membuat orang lain terpukau. Maka gak perlu pusing saat menghadapi mereka, cukup diamkan dan abaikan saja kesombongan yang dilakukannya.

Cobalah bersikap biasa saja dan lihat reaksinya, dijamin akan kesal dan menghentikan sikap sombongnya di depanmu. Jelas ini akan menguntungkan kalian sebab secara gak langsung sudah terhindar dari toxic people yang bisa mengganggu dan merugikanmu.

Dengan cara memperlakukannya dengan tepat dan tentunya masih dalam jalur yang benar, bukan gak mungkin kalau mereka bisa sadar dan segera merubah sifat sombongnya. Semoga usahamu bisa membuahkan hasil sesuai harapan ya!

Baca Juga: Sering Tak Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Orang yang Sombong

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya