Comscore Tracker

5 Cara Mudah Belajar Ikhlas Menerima Situasi Sulit yang Terjadi

Di balik cobaan yang terjadi pasti sisi baik yang terselip 

Manusia bisa berencana dan mengatur segala sesuatu sesuai keinginannya, namun apa pun kenyataan yang terjadi itu urusan Tuhan Yang Maha Esa. Pahit dan perihnya harus diterima karena apa yang telah ditakdirkan itu pasti yang terbaik. Jika memang hal itu berkebalikan dari yang dipikirkan, maka waktunya untuk refleksi diri.

Berikut 5 cara mudah belajar ikhlas menerima situasi sulit yang terjadi.

1. Mulai dari berpikiran positif terhadap semua hal yang ada

5 Cara Mudah Belajar Ikhlas Menerima Situasi Sulit yang Terjadiunsplash.com/@crystalxshaw

Ketenangan dan keikhlasan berasal dari pikiran yang positif. Fakta bahwa kejadian menyakitkan itu terjadi harus bisa diterima dan dengan cara berpikir positif pula apa hal baik yang ada bisa dipetik. Semua yang terjadi di hidup pasti punya dua sisi yang salah satunya bisa disyukuri.

2. Tidak memaksakan keinginan terhadap sesuatu

5 Cara Mudah Belajar Ikhlas Menerima Situasi Sulit yang Terjadiunsplash.com/@wflwong

Bukan sekadar berpikiran positif saja, tapi kamu juga perlu mengikhlaskan ego atas keinginanmu terhadap sesuatu. Jangan memaksakan hal yang tidak bisa didapatkan, mungkin pada awalnya akan terasa sulit. Tapi percaya deh jika kamu mau mencoba melepaskannya perasaan pun akan tenang dan ikhlas.

Baca Juga: 5 Film Patah Hati yang Membuatmu Belajar Ikhlas dan Move On

3. Mengalihkan perasaan sedih menjadi hal positif

5 Cara Mudah Belajar Ikhlas Menerima Situasi Sulit yang Terjadiunsplash.com/@designecologist

Kadang menyelesaikan rasa sedih gak selalu harus dengan menangis dan menyendiri, kamu perlu keluar dari zona nyaman dan melakukan kegiatan yang sebaliknya. Mencari hiburan yang menyenangkan dan bisa menghibur diri.

Misalnya dengan menjalani sebuah kegiatan atau hobi yang kamu suka. Perlahan rasa sedih akan tergantikan dengan rasa senang dan semua bisa terlupakan dengan sendirinya.

4. Melatih kesabaran lebih tinggi

5 Cara Mudah Belajar Ikhlas Menerima Situasi Sulit yang Terjadiunsplash.com/@crystalxshaw

Menerima kenyataan dengan berikhlas berarti tidak memaki situasi dan marah ke semua orang terdekat. Kamu perlu melatih kesabaran lebih tinggi agar emosi stabil dan gak berdampak buruk bagi diri kalian. Meskipun gak enak tapi kenyataan ini pasti memberi pelajaran yang bakal bermanfaat bagi kehidupan.

5. Bersyukur selalu atas pencapaian yang sudah didapat

5 Cara Mudah Belajar Ikhlas Menerima Situasi Sulit yang Terjadiunsplash.com/@wflwong

Kecewa atas satu hal tidak seimbang dengan banyaknya pencapaian, kebahagiaan, dan hal menyenangkan lain yang kamu punya. Perlu banyak bersyukur selalu atas pencapaian yang sudah didapat, karena situasi sulit yang terjadi ini merupakan batu pijakan agar berada di titik yang lebih baik lagi.

Hidup tidak selalu tentang senang dan tertawa, kesedihan itu wajar terjadi dan gak perlu disesali. Semua bagian ada waktunya masing-masing, jika saat ini kamu kecewa percaya lah di hari esok kamu pasti akan merasa bahagia.

Sebab hidup terus berputar dan gak pernah mengkhianati mereka yang selalu berusaha.

Baca Juga: 7 Fase Berat Menuju Ikhlas, Setelah Putus Cinta di Usia 25-an

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya