Comscore Tracker

5 Alasan Perlunya Berdamai dengan Diri Sendiri Baru dengan Orang Lain

#IDNTimesLife Utamakan dirimu terlebih dulu, ya!

Setiap orang berhak memilih apakah dia ingin berdamai atau gak dalam hidupnya, terutama saat dia punya masalah dengan orang lain. Namun, berdamai dengan diri sendiri adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang sebelum akhirnya bisa berdamai dengan orang lain.

Kira-kira kenapa? Berikut alasannya supaya kamu yang selama ini belum pernah berdamai dengan diri sendiri mau mengubah sikap.

1. Berdamai dengan diri sendiri memberi kebahagiaan lebih

5 Alasan Perlunya Berdamai dengan Diri Sendiri Baru dengan Orang Lainpexels.com/Rodolfo Quirós

Satu cara mendapatkan kebahagiaan sejati adalah berdamai dengan diri sendiri. Rasa damai akan memberimu ketenangan yang mungkin gak didapat kalau kamu masih suka bertengkar dengan diri sendiri.

Kamu jadi lebih bisa menerima diri apa adanya tanpa sedikit pun dihantui perasaan bersalah saat kamu gak bisa sehebat orang lain. 

2. Proses berdamai dengan diri sendiri biasanya lebih lama daripada dengan orang lain

5 Alasan Perlunya Berdamai dengan Diri Sendiri Baru dengan Orang Lainpexels.com/Ralph Rabago

Ambil contohnya saat bermusuhan dengan orang lain. Akan lebih mudah bagimu untuk memaafkan musuh daripada memaafkan diri sendiri. Sebab, kamu gak berurusan dengan musuhmu setiap hari, tapi kamu berurusan dengan diri sendiri setiap hari. Dan ketika belum bisa berdamai dengan diri sendiri, kamu akan dengan mudahnya benci pada diri sendiri.

Hal yang wajar kalau waktu yang dibutuhkan untuk berdamai dengan diri sendiri lebih lama. Itulah kenapa kamu harus mulai belajar berdamai dengan dirimu sejak hari ini, sehingga hasilnya bisa segera dinikmati.

3. Menambah keharmonisan hubunganmu dengan orang lain

5 Alasan Perlunya Berdamai dengan Diri Sendiri Baru dengan Orang Lainpexels.com/Yan

Berdamai dengan orang lain tentunya lebih mudah kalau kamu berhasil berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu. Kamu bisa lebih memaklumi orang lain saat melakukan kesalahan, yang membuat hubungan kalian tetap harmonis.

Cobalah menciptakan harmonisasi bagi diri sendiri agar nanti kamu bisa langsung menularkannya pada orang-orang terdekatmu.

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Luka Hati agar Hidupmu Lebih Nyaman Dijalani

4. Dapat mengurangi trauma yang menyita pikiran dan perasaanmu

5 Alasan Perlunya Berdamai dengan Diri Sendiri Baru dengan Orang Lainpexels.com/Wallace Chuck

Ada banyak kesalahan yang mungkin akan menuntunmu pada kegagalan. Namun, saat kamu berhasil berdamai dengan diri sendiri, kegagalan ini bukan sesuatu yang kamu sesali seumur hidup. Karena memang masih banyak peluang yang bisa didapatkan di luar sana.

Kalau kegagalan itu terjadi lagi, kamu gak trauma. Malah akan semakin giat berusaha karena penasaran dengan hasilnya. Sikapmu ini secara gak langsung memberi ketenangan bagi pikiran dan perasaan kamu.

5. Orang lain juga ikut belajar berdamai dengan diri sendiri

5 Alasan Perlunya Berdamai dengan Diri Sendiri Baru dengan Orang Lainpexels.com/Zen Chung

Ya, keberhasilanmu untuk berdamai dengan diri sendiri akan membuat orang lain ikut belajar untuk berdamai dengan dirinya sendiri. Hasilnya bisa dikatakan lebih maksimal karena dia belajar dari orang yang sudah berhasil menciptakan perdamaian dengan diri sendiri.

Ketika orang itu berhasil, dia bisa menularkan atau mengajari orang lain untuk berdamai dengan diri mereka sendiri. Hingga pada akhirnya kebahagiaan benar-benar tercipta.

Berdamai dengan diri sendiri sama seperti saat kamu ingin mengubah suatu kebiasaan buruk. Kamulah kunci suksesnya, bukan orang lain. Jadi, jangan pernah meminta orang lain untuk menciptakan kedamaian dalam hidupmu, ya!

Baca Juga: Sulit Move On? 8 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri dari Luka Masa Lalu

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya