Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dimiliki Kreator Konten untuk Bertahan

Gak bisa cuma mengandalkan kreativitas diri 

Banyak anak muda yang kini bercita-cita menjadi kreator konten. Fleksibilitas pekerjaan ini membuat tak sedikit dari mereka yang telah mulai menjajal membuat serta mengunggah beragam konten.

Namun, menghasilkan cukup banyak uang melalui pekerjaan ini memang butuh proses. Pun kamu sebaiknya tidak hanya mengejar ketenaran saat menjadi kreator konten. Agar kamu bisa bertahan sebagai kreator konten, milikilah lima hal di bawah ini!

1. Kemauan untuk terus belajar

5 Hal yang Wajib Dimiliki Kreator Konten untuk Bertahanilustrasi kreator konten (pexels.com/Kampus Production)

Kurang tepat jika sebagai kreator konten, kamu berpikir tugasmu hanya terus memproduksi konten. Bila anggapanmu seperti ini, dalam beberapa waktu saja kamu pasti seperti tentara kehabisan amunisi atau kendaraan tanpa bahan bakar.

Kreativitasmu dalam membuat konten bakal terus menurun bahkan berhenti total. Kamu melupakan pentingnya belajar untuk memperpanjang napasmu dalam berkarya. Sebagai kreator, kamu memang perlu rutin menghasilkan konten. Akan tetapi, itu cuma dapat dilakukan bila kamu juga terus belajar. 

2. Sikap menghargai kreator lain

5 Hal yang Wajib Dimiliki Kreator Konten untuk Bertahanilustrasi kreator konten (pexels.com/Ivan Samkov)

Ada tali persaudaraan yang tak kasatmata di antara sesama kreator konten. Maka tidak tepat apabila kamu justru membenci kreator lain dan terlalu menganggap mereka sebagai saingan. 

Kreator lain dan konten-konten mereka adalah pembuka wawasanmu. Bahkan, prinsip berbagi manfaat melalui konten selalu ada dalam pekerjaan sebagai kreator. Tanpa sikap menghargai kreator lain, kamu akan kesulitan dalam belajar dan berkarya.

Baca Juga: 5 Istilah Gaul yang Paling Sering Diucapkan Konten Kreator

3. Rasa tanggung jawab akan konten yang dihasilkan

5 Hal yang Wajib Dimiliki Kreator Konten untuk Bertahanilustrasi kreator konten (pexels.com/SHVETS production)

Membuat konten tidak bisa asal-asalan. Karyamu bakal tersiar secara luas dan dilihat banyak orang. Harus ada rasa tanggung jawab dari pembuat konten akan dampak yang ditimbulkan untuk orang lain.

Kreator konten mesti sangat berhati-hati dalam berkarya tanpa kehilangan kreativitasnya. Buatlah konten yang mendatangkan manfaat dalam kehidupan penikmatnya, bukan justru memberikan pengaruh buruk.

4. Pertimbangan untuk berkolaborasi

5 Hal yang Wajib Dimiliki Kreator Konten untuk Bertahanilustrasi kreator konten (pexels.com/Tony Schnagl)

Kreator konten memang biasanya bekerja sendiri-sendiri. Akan tetapi, ini tidak berarti kolaborasi dilarang. Dengan sejumlah pertimbangan, tak ada salahnya untukmu bekerja sama dengan kreator lain.

Seperti agar konten yang dihasilkan tidak membosankan, menggabungkan dua penikmat konten dari kreator yang berbeda sehingga jumlah penonton atau pembacanya berlipat, dan sebagainya. Pilih kreator yang sevisi denganmu dan bicarakan bentuk kerja samanya secara transparan.

5. Konsistensi berkarya

5 Hal yang Wajib Dimiliki Kreator Konten untuk Bertahanilustrasi kreator konten (pexels.com/Artem Podrez)

Jangan mengharapkan kesuksesan besar hanya dari satu atau dua konten. Setialah berkarya supaya kamu tidak ditinggalkan dan dilupakan oleh para penikmat kontenmu. Sebab apabila mereka telanjur meninggalkanmu, sulit untuk kamu mendapatkan tempat lagi.

Pun konsistensi berkarya berpengaruh besar terhadap penghasilanmu. Kalau beberapa konten belum juga memberimu kesuksesan seperti yang diharapkan, jangan menyerah. Ini hanyalah tanda agar kamu terus menambah kontenmu.

Sisi mudah dari menjadi kreator konten adalah siapa saja dapat melakukannya. Namun, bila kamu ingin bertahan sebagai kreator konten untuk waktu yang lama, seriuslah dalam menekuninya. Juga jangan abaikan lima hal di atas, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Kreator Kategori Food dari Top Kreator TikTok

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya