Comscore Tracker

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!

#IDNTimesLife Simpel dan cepat banget

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang kenikmatannya sudah tak perlu kamu ragukan lagi. Meski demikian, gak semua orang menyukai jengkol karena baunya yang khas dan menyengat. 

Tak hanya di peralatan masak, jengkol juga kerap meninggalkan bau di mulut. Namun, ada lho cara menghilangkan bau jengkol pada mulut usai menyantapnya! Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Menggosok gigi dan berkumur

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!pexels.com/ Andrea Piacquadio

Menyikat gigi dan berkumur merupakan cara paling praktis dan sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi bau jengkol pada mulut. Caranya, bersihkan gigi dan mulut menggunakan pasta gigi hingga benar-benar bersih.

Kemudian, lanjutkan dengan berkumur menggunakan cairan pencuci mulut untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bau tak sedap usai memakan jengkol. Mudah banget, kan?

2. Mengunyah permen karet

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!pixabay.com/RobinHiggins

Jika kamu memakan jengkol di luar rumah dan gak mungkin untuk menggosok gigi, permen karet bisa jadi solusinya. Cobalah untuk memakan permen karet atau permen mint untuk membantu mengatasi dan mengurangi bau mulut!

Selain itu, permen karet juga bisa membantumu menghilangkan kotoran sisa yang masih menempel di gigi. Pernapasan pun jadi lebih segar setelah mengulumnya.

3. Mengonsumsi mentimun

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!unsplash.com/Louis Hansel

Meski terdengar aneh, namun kamu bisa memakan mentimun untuk menghilangkan bau jengkol yang ada di mulut. Mentimun memiliki kandungan air yang berlimpah, sehingga dapat menyegarkan mulut setelah makan jengkol.

Dengan kata lain, fungsi dari mentimun ini sama saja dengan meminum air putih yang banyak usai menyantap jengkol. Cara yang mudah dan murah, bukan?

4. Perbanyak minum air

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!Ilustrasi Minum Air (IDN Times/Mardya Shakti)

Mengonsumsi air yang banyak usai menyantap jengkol, bermanfaat untuk menghilangkan bau dari mulut dan sistem pencernaan. Memperbanyak minum air juga memengaruhi penyerapan senyawa kimia jengkol di urin.

Semakin banyak air di tubuh, maka senyawa jengkol semakin gak pekat. Dengan demikian, kadar senyawa jengkol yang berada di urin pun semakin berkurang dan bau jengkol ketika buang air kecil akan berkurang.

5. Meminum kopi

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!freepik.com/wayhomestudio

Meminum kopi untuk menghilangkan bau jengkol merupakan salah satu cara yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Caranya, kamu bisa menyeduh dan meminum kopi tanpa gula atau sejenis kopi pahit saja.

Selain itu, kamu juga bisa mengunyah bubuk kopi untuk menghilangkan bau jengkol di mulut secara instan. Memang, kopi sudah cukup tenar khasiatnya sebagai penetral bau, baik untuk jengkol, durian, hingga udara di mobil dan ruangan.

Baca Juga: 8 Resep Olahan Jengkol Paling Nikmat dan Sedap, Bikin Nambah Nasi!

6. Meminum susu

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!pexels.com/Polina Tankilevitch

Selain kopi, susu juga dikenal sebagai minuman yang dapat menghilangkan bau jengkol. Sebab, susu memiliki kandungan senyawa allyl sulfida yang dapat membantu menghilangkan aroma tak sedap usai kamu menyantap jengkol.

Namun, hindari mengonsumsi susu bersamaan dengan obat karena dapat membuat obat tidak bekerja secara maksimal. Jangan sampai kelupaan, ya!

7. Minum minuman bersoda

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!pexels.com/Artem Beliaikin

Cara yang satu ini sederhana dan nikmat banget. Pasalnya, kamu hanya perlu meminum minuman berkarbonasi yang rasanya sangat menyegarkan dahaga.

Setelah itu, soda yang ada di dalam minuman tersebut akan membantu membuatmu bersendawa dan mengeluarkan gas di dalam perut. Pasti lega deh setelahnya!

8. Mengunyah garam

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!pixabay.com/LoggaWiggler

Bagi kamu yang menyukai makanan asin, cara yang satu ini sangat cocok untuk kamu lakukan demi menghilangkan bau jengkol. Sebab, garam dapat memproduksi air liur di mulut sehingga membantu menghilangkan aroma tak sedap di mulut.

Untuk caranya sendiri, kamu hanya perlu memetik dua lembar daun sirih dan campurkan dengan garam. Kunyah gabungan bahan tersebut hingga mulut kamu kembali terasa segar.

9. Mengunyah beras

9 Cara Praktis Menghilangkan Bau Jengkol pada Mulut, Dijamin Ampuh!Ilustrasi beras (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Untuk cara yang satu ini memang terkesan aneh. Namun, secara ajaib ternyata beras bisa membantu menghilangkan bau jengkol di mulut.

Caranya, ambil satu sendok makan beras, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, kunyah hingga halus dan buang. Ingat, jangan sampai tertelan, ya!

Itu dia beberapa cara menghilangkan bau jengkol yang cepat dan ampuh. Kamu pernah coba yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Tips Membuat Rendang Jengkol yang Empuk dan Sedap

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya