Comscore Tracker

5 Penyebab Kegagalan yang Kamu Alami Selalu Terjadi Berulang

Salah satunya cenderung mengentengkan suatu masalah 

Apakah kamu pernah mengalami kegagalan? Memang tidak dapat dimungkiri jika kegagalan merupakan fase terpahit yang bisa kamu hadapi kapanpun. Meskipun kegagalan adalah hal yang pasti dihadapi oleh semua orang, tapi ini tetap tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tentu kamu sudah paham dengan kegagalan yang selalu terjadi secara berulang. Kamu sering terperosok dalam suatu permasalahan yang sama dari waktu ke waktu. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?

1. Ceroboh 

5 Penyebab Kegagalan yang Kamu Alami Selalu Terjadi Berulangilustrasi perempuan berkaca mata (pexels.com/Cottonbro)

Apakah kamu termasuk tipe orang yang sering ceroboh? Tipe orang seperti ini memang cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Mereka cenderung melangkah secara asal dan sering tidak teliti. Baik untuk urusan remeh-temeh maupun hal yang sangat penting sekalipun.

Perlu diketahui, walaupun sekilas terlihat wajar tapi kecerobohan merupakan salah satu penyebab mengapa kegagalan yang kamu alami terjadi secara berulang, lho. Akibat ketidak telitian tersebut, bisa saja kamu sering terjerumus ke dalam permasalahan yang susah dipecahkan.

2. Enggan belajar jadi kegagalan yang pernah dilakukan 

5 Penyebab Kegagalan yang Kamu Alami Selalu Terjadi Berulangilustrasi merasa lelah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sejatinya, dalam menjalani hidup kita adalah seseorang yang harus terus belajar sepanjang waktu. Belajar bukan hanya membaca buku atau memahami suatu ilmu pengetahuan baru, tapi juga belajar dari apa yang pernah dialami. Tidak terkecuali dengan belajar dari pengalaman kegagalan.

Salah satu di antara penyebab utama mengapa kamu sering mengalami kegagalan secara berulang yaitu karena enggan belajar dari kegagalan yang pernah dilakukan. Akibat hal tersebut, kamu rentan menginjak jebakan dan kesalahan yang sama sehingga semakin jauh dari gerbang kesuksesan.

Baca Juga: 5 Cara Dewasa Menyikapi Kegagalan, Jangan Putus Asa!

3. Mengentengkan masalah 

5 Penyebab Kegagalan yang Kamu Alami Selalu Terjadi Berulangilustrasi bersandar di kursi (pexels.com/Mikhail Nilov)

Permasalahan sudah pasti menjadi bagian dari hidup yang pernah ditemui oleh setiap orang. Entah itu permasalahan kecil yang mudah untuk diatasi maupun permasalahan besar yang terbilang susah untuk dipecahkan. Tapi apapun itu, pantang bagi kita untuk memandang remeh suatu masalah.

Cenderung suka menganggap enteng suatu masalah termasuk salah satu di antara penyebab mengapa kamu sering mengalami kegagalan secara berulang. Permasalahan yang kamu anggap ringan jika dibiarkan akan semakin merembet ke mana-mana bahkan menimbulkan kekacauan hidup.

4. Tidak mau belajar dari pengalaman orang lain 

5 Penyebab Kegagalan yang Kamu Alami Selalu Terjadi Berulangilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Liza Summer)

Menjadi manusia yang jauh dari kata sempurna, kita pasti memiliki keterbatasan. Entah itu keterbatasan kita dalam hal kemampuan, informasi, bahkan keterbatasan dari segi pengalaman sekalipun.

Faktanya, masih ada juga di antara kita yang tidak menyadari akan hal tersebut. Alih-alih mau belajar dari pengalaman orang lain yang ada malah bersikap layaknya katak dalam tempurung. Padahal sikap seperti ini justru akan membuatmu rawan mengalami kegagalan yang sama sepanjang waktu.

5. Tidak mampu berpikir rasional 

5 Penyebab Kegagalan yang Kamu Alami Selalu Terjadi Berulangilustrasi menutup muka dengan buku (pexels.com/Cottonbro)

Kemampuan berpikir secara rasional menjadi aspek penting yang harus diperhatikan. Ini dikarenakan cara berpikir turut mempengaruhi langkah ke depannya. Menjadi seseorang yang mampu berpikir secara rasional, kamu bisa menentukan langkah dan keputusan secara tepat sehingga tidak mudah salah arah.

Lantas, bagaimana jadinya jika tidak memiliki kemampuan tersebut? Tentu saja ini menjadi penyebab mengapa kegagalan yang kamu alami selalu terjadi berulang. Tidak mampu berpikir rasional rawan membuatmu salah arah sehingga sering mengalami kegagalan karena kesalahan yang sama.

Kegagalan secara berulang menjadi hal pahit yang semakin menjauhkanmu dari gerbang kesuksesan. Setelah mengetahui lima penyebab di atas, yuk, lebih berhati-hati dalam melangkah!

Baca Juga: 5 Tips Jadi Pribadi Pantang Menyerah setelah Alami Kegagalan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya