Comscore Tracker

Ngena Banget! Ini 5 Pesan Penyemangat Hidup dari Film 3 Idiots

#GoodLife Aal iz well... aal iz wel...

Gak sekedar romansa, film Bollywood satu i ni justru sarat akan pesan-pesan kehidupan baik dari segi pendidikan maupun karakter. Film yang diangkat dari novel Five Point Someone karya Chetan Bhagat ini dirilis pada tahun 2009. Kisahnya yang inspiratif berhasil membuat film ini bertahan menjadi rekomendasi terbaik.

Adalah Rancho yang diperankan Amir Khan, Farhan (R.Madhavan) dan Raju (Sharman Joshi), tiga sahabat yang bakal menghibur dengan alur yang penuh ‘kritikan’ pada dunia pendidikan, sekaligus mengajarimu banyak hal tentang kehidupan. 

Berikut beberapa pesan positif dari film 3 Idiots yang bakal memberimu rasa semangat menjalani hidup.

1. All is well, segenting apa pun kondisimu yakinlah semua akan baik-baik saja

Ngena Banget! Ini 5 Pesan Penyemangat Hidup dari Film 3 Idiotstimesofindia.indiatimes.com

Saat masalah menerpa hidupmu, katakanlah dengan yakin pada diri sendiri sambil menepuk dada, “Aal izz wel, aal izz wel.” Pesan inilah yang disampaikan Rancho saat teman-temannya merasa takut dan gelisah. Sepanjang drama penuh liku ini, kamu pasti bakal sering mendengar kalimat pamungkas itu.

Kalimat ini mungkin gak bisa menyelesaikan masalah, tapi setidaknya hatimu mendapat suntikan keberanian untuk kembali bangkit dan menghadapi dunia. Lakukan saja  yang terbaik dan serahkan hasilnya pada Tuhan. 

2. Gak perlu takut jadi diri sendiri, apa yang hatimu suka lakukanlah karena kesempatan hidup gak datang dua kali

Ngena Banget! Ini 5 Pesan Penyemangat Hidup dari Film 3 Idiotsdailymoss.com

Dalam film ini, ada tokoh Farhan yang sangat antusias pada dunia fotografi alam liar, tapi dia gak bisa meyakinkan ayahnya yang sangat ingin Farhan menjadi lulusan Engineering. Akibatnya, Farhan belajar dalam tekanan dan nilainya selalu kurang bagus.

Rancho akhirnya berhasil meyakinkan Farhan untuk mengambil profesi yang sesuai minatnya. Hasilnya? Di kemudian hari Farhan berhasil menjadi fotografer alam liar terhebat. Dari kisah Farhan, kita belajar bahwa bukan materi yang membuat manusia bahagia tapi kedamaian hati. Biarlah penghasilan gak setinggi langit, tapi saat hati menikmati dan mensyukurinya, itulah kebahagiaan sejati. 

Baca Juga: Mengaduk-aduk Perasaan, 7 Film Bollywood Jadul Ini Bikin Mewek

3. Cintailah apa yang kamu lakukan, bukan karena tuntutan, penilaian atau ingin mengejar materi

Ngena Banget! Ini 5 Pesan Penyemangat Hidup dari Film 3 Idiotstimesofindia.indiatimes.com

Raju dan Farhan merasa heran karena Rancho selalu berhasil meraih nilai tertinggi di kampus. Ternyata kuncinya adalah belajarlah karena kamu mencintai ilmu, bukan karena mengejar ijazah atau materi. Ingatlah bahwa perjuanganmu menimba ilmu bukan tentang mendapat angka atau nilai, tapi mengejar impian.

Harus ada cinta dan ketulusan didalamnya. Rancho mencintai apa yang dia lakukan, sehingga bisa menghasilkan nilai yang sempurna. Kalau sudah sempurna, maka kesuksesan masa depan akan mengejar dengan sendirinya.

4. Masa depan memang panuh misteri, tapi kamu gak perlu takut menghadapinya. Tetap optimis dan positive thinking

Ngena Banget! Ini 5 Pesan Penyemangat Hidup dari Film 3 Idiotsdailymoss.com

Diantara tiga sahabat dalam film ini, kamu akan melihat sosok Raju yang paling rajin berdoa pada dewa dan meminta ini itu karena kekhawatirannya yang berlebihan. Raju memang punya tanggung jawab berat karena kondisi keluarganya yang memprihatinkan. Hal itulah yang membuatnya tertekan, bimbang dan takut. Karena gak fokus, prestasi dan nilai Raju pun malah merosot.

Padahal, kamu perlu sikap optimis dan pikiran yang positif dalam menghadapi setiap masalah. Nikmatilah perjuanganmu dan gak perlu risau dengan apa yang belum tentu terjadi. Puncak ketakutan Raju membuatnya kakinya cedera karena jatuh dari atas gedung. Tapi kejadian tragis itu membuatnya sadar.

Raju tak lagi meminta banyak doa pada dewa, dia telah berubah. Setiap hari, Raju hanya ingin mensyukuri hidup yang telah ia miliki.

5. Saat kamu dilanda depresi, tataplah foto kedua orangtuamu dan bayangkan apa yang bakal terjadi pada senyum mereka kalau kamu mati

Ngena Banget! Ini 5 Pesan Penyemangat Hidup dari Film 3 Idiotsyoutube.com

Ini salah satu tips yang sangat menyentuh dari film ini. Berbeda dengan Raju yang memilih lompat dari atas gedung saat mengalami tekanan hebat, Farhan masih bisa bertahan dan berpikir positif pada nasibnya.

Atas nasihat sahabatnya Rancho, ia selalu menyelipkan foto kedua orangtua dalam dompetnya. Saat terlintas pikiran bodoh dalam otak, Farhan akan memandang foto itu untuk menguatkan kembali langkahnya.

Itulah sederet pesan positif dari film 3 Idiots yang bisa memberi suntikan semangat untuk mengarungi hidup.  

Baca Juga: Inilah 7 Film Terbaik Aamir Khan yang Sayang untuk Dilewatkan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Thank you for reading 😊

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya