Comscore Tracker

6 Tips Menyelamatkan Dirimu dari Bete, Jangan Cemberut Terus!

Bete bikin harimu gak bersemangat

Dunia ini sangatlah dinamis. Terkadang, kehidupan bisa menjadi menyenangkan, bisa jadi runyam. Ini tentu sangat berdampak pada perasaan kita. Gak bisa dipungkiri bahwa terkadang kita merasa bad mood alias bete karena suatu kejadian menyebalkan dan gak menyenangkan.

Meski kita boleh merasakan emosi tersebut, namun ada baiknya untuk gak membiarkannya berkepanjangan, bahkan sampai kamu terjebak di dalamnya. Dilansir Psychalive dan US News, ini dia 6 cara untuk melepaskanmu dari rasa bete dengan segera!

1. Akui dan pahami emosi yang kamu rasakan

6 Tips Menyelamatkan Dirimu dari Bete, Jangan Cemberut Terus!Memahami emosimu (unsplash.com/cris_trung)

Ketika kamu gak mengerti apa penyebab mood jadi jelek, maka itu akan lebih menyulitkan untuk ditangani. Cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, apa penyebab kamu bete hari ini. Mungkin kamu marah dengan kejadian tadi pagi, kejadian saat kamu di rumah, atau kamu mengingat mantanmu yang toxic.

Semakin kamu menekan emosi tersebut, justru itu akan terperangkap dalam alam bawah sadar. Ini justru dapat muncul dengan lebih parah nantinya. Mungkin juga, kamu akan terjerumus dalam hal yang kurang baik hanya karena kamu gak mengerti akar penyebabnya.

2. Cobalah mindfulness

6 Tips Menyelamatkan Dirimu dari Bete, Jangan Cemberut Terus!Mindfull (unsplash.com/giulia_bertelli)

Mindfulness adalah suatu kondisi di mana pikiran dan perasaanmu fokus dan berpusat pada kondisi saat ini. Artinya, kamu hidup untuk hari ini, kamu merasakan emosi saat ini tanpa khawatir akan apa yang terjadi di masa lalu maupun masa depan. Cobalah sesekali untuk menjadi mindful untuk mampu memahami apa yang kita rasakan saat ini.

Kamu bisa memulainya dengan memperhatikan ritme nafas. Rasakan bagaimana tubuh menarik dan mengeluarkan nafas. Jika ada kekhawatiran tiba-tiba melintas, bayangkan kamu membungkusnya dengan sebuah gelembung dan biarkan dia pergi sejenak.

3. Palsukan senyummu

6 Tips Menyelamatkan Dirimu dari Bete, Jangan Cemberut Terus!Senyum (unsplash.com/brookecagle)

Beberapa orang menganggap senyum palsu itu gak boleh dilakukan. Akan tetapi melakukannya di saat kamu bete, justru dapat membantu. Kamu mungkin akan kesulitan dalam melakukannya dan kamu bisa saja meragukan keberhasilannya.

Akan tetapi, senyummu itu akan merangsang hormon endorfin, yaitu hormon kebahagiaan dalam otakmu. Gak peduli apakah kamu tersenyum dengan tulus ataupun tidak, otak akan bekerja dan merangsang pikiranmu pada sesuatu yang menyenangkan. 

Baca Juga: 6 Tips Hentikan Self Loathing, Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

4. Cobalah untuk olahraga

6 Tips Menyelamatkan Dirimu dari Bete, Jangan Cemberut Terus!olahraga (unsplash.com/chanderr)

Banyak orang menyarankan untuk melakukan olahraga ketika kamu sedang bete. Sama seperti melakukan senyum palsu, melakukan olahraga juga dapat merangsang hormon endorfin. Energi besar yang ada dalam tubuhmu juga disalurkan pada hal yang positif.

Kamu bisa mencoba jogging sore santai, bersepeda, atau berenang dan membuat seluruh tubuhmu terguyur air dingin yang segar. Lambat laun seiring berkurangnya energi dalam tubuh, kamu pun akan menjadi lebih rileks.

5. Menonton sesuatu yang lucu di sosial media

6 Tips Menyelamatkan Dirimu dari Bete, Jangan Cemberut Terus!menonton sesuatu yang lucu (unsplash.com/beccatapert)

Media sosial merupakan tempat untuk berbagi konten, mulai dari berita hingga sesuatu yang receh seperti meme. Kamu mungkin bisa berselancar di media sosial sambil mencari meme atau video lucu. Ini akan membantu juga untuk melakukan senyum palsu.

Nantinya, senyuman itu akan ditangkap otak dan akhirnya membuat hormon endorfin keluar serta membanjiri pikiranmu. Kamu juga bisa menonton acara TV atau film dengan genre komedi.

6. Gak mampu atasi sendiri? Mintalah bantuan!

6 Tips Menyelamatkan Dirimu dari Bete, Jangan Cemberut Terus!meminta bantuan (unsplash.com/linkedinsalesnavigator)

Poin 1 hingga 5 di atas adalah hal yang bisa kamu lakukan sendiri. Akan tetapi, jika kamu merasa gak sanggup mengatasinya, jangan sungkan untuk meminta bantuan. Kamu boleh meminta bantuan temanmu yang dapat dipercaya.

Jika kamu ingin mendapatkan bantuan yang lebih profesional, kamu bisa coba datang untuk konsultasi ke psikolog. Kesehatan mental itu sangatlah penting untuk keberlangsungan hidupmu, lho!

Itu dia 6 tips yang bisa kamu coba untuk mengeluarkan dirimu dari rasa bete berkepanjangan. Praktekin gih!

Baca Juga: 5 Tips Sederhana untuk Meredakan Stres, Efektif dan Gak Mahal!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya