Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Bingung Menentukan Pilihan

Dibutuhkan ketenangan dan kematangan berpikir

Manusia selalu berhadapan dengan beragam pilihan setiap hari. Mulai dari makanan apa yang ingin disantap, perguruan tinggi mana yang ingin dipilih, hingga menentukan siapa yang paling tepat untuk dijadikan pendamping hidup. Semua hal itu berpotensi menyebabkan kebingungan.

Kalau sudah merasa bingung, kamu jadi rawan untuk bertindak gegabah hingga akhirnya memilih sesuatu yang salah. Oleh sebab itu, cegah dirimu melakukan kecerobohan dengan menerapkan beberapa hal penting untuk menentukan pilihan lewat sederet inspirasi berikut ini!

1. Merenung lebih dalam

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Bingung Menentukan Pilihanilustrasi seseorang yang sedang berpikir (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Rasa bingung dalam memilih sesuatu bisa terjadi tatkala kamu kurang memberikan perhatian pada keadaan tersebut. Sekilas apa yang kamu lihat tampak begitu sulit. Padahal, bisa saja bila diteliti lebih lanjut tidaklah serumit yang dibayangkan.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk merenungkan segala sesuatu terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Pertimbangkan sisi baik dan buruk dari masing-masing pilihan yang tersedia. Lalu, ambil mana yang bisa memberikan keuntungan lebih besar.

2. Minta pertimbangan orang yang dipercaya

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Bingung Menentukan Pilihanilustrasi ayah dan anak (pexels.com/SHVETS Production)

Saat sedang mengalami kebingungan, jangan gengsi untuk bertanya sekalipun kamu adalah orang yang dianggap memiliki keunggulan. Pendapat orang lain bisa menjadi pembuka jalan untuk memecah kebuntuan yang kamu hadapi.

Jangan segan untuk minta pertimbangan orang-orang yang kamu percaya. Dengarkan apa saja yang mereka sampaikan dan pilih mana yang sekiranya paling cocok untuk situasi yang kamu alami.

Baca Juga: 5 Tips Biar Yakin dengan Pilihan Hidup yang Dijalani

3. Banyak mencari referensi

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Bingung Menentukan Pilihanilustrasi seseorang yang sedang membaca buku (pexels.com/George Milton)

Kebingungan kerap kali muncul saat seseorang memiliki keterbatasan sehingga kamu merasa tidak punya banyak pilihan. Kalau mengalami hal seperti ini, jangan mudah menyerah! Berusahalah untuk mencari referensi sebanyak mungkin terlebih dahulu.

Kamu bisa bertanya pada orang lain, mencari jawaban dari literatur, atau dengan mengamati berbagai peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak yang kamu ketahui, makin besar pila kemungkinan kamu mampu mengambil keputusan terbaik.

4. Cari yang paling banyak sisi positifnya

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Bingung Menentukan Pilihanilustrasi seseorang yang sedang merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat dihadapkan dengan lebih dari satu pilihan yang sama kuatnya, apakah itu sama-sama baik atau sama-sama buruk, tentu kamu akan mengalami kebingungan. Tidak hanya itu, kamu pun mungkin juga akan takut salah menentukan sesuatu, hingga akhirnya mengalami banyak kerugian.

Pada kondisi seperti ini, kamu harus berpikir dengan kepala dingin dan setenang mungkin. Percayalah bahwa setiap pilihan pasti punya sisi positif sekalipun itu terlihat sebagai pilihan yang buruk.

Oleh sebab itu, cari mana pilihan yang punya sisi positif paling banyak, kemudian jatuhkan pilihan di sana. Dengan begini, kamu telah melakukan usaha terbaik sehingga besar kemungkinan akan menuai hasil yang baik pula.

5. Minta petunjuk dari Tuhan

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Bingung Menentukan Pilihanilustrasi seseorang yang sedang berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Hal terakhir yang juga tidak kalah penting adalah selalu meminta petunjuk dari Tuhan atas segala kebingungan yang kamu alami. Tuhan adalah penolong yang sempurna dan tidak akan pernah menuntunmu pada jalan yang sesat.

Oleh sebab itu, berdoalah sebaik mungkin. Sampaikan segala keluh kesah yang ada di hatimu dan bersabarlah sambil tetap berusaha. Percayalah, kamu akan mendapatkan petunjuk yang tepat, sehingga dapat memilih hal yang paling sesuai denganmu.

Dihadapkan dengan beragam pilihan hidup memang sering membuatmu merasa bingung. Namun, tidak perlu khawatir berlebihan karena dengan menerapkan beberapa inspirasi di atas, pikiranmu bisa menjadi lebih terang sehingga mampu memilih pilihan terbaik. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Telah Menentukan Pilihan dengan Bijaksana, Good Job!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya