Comscore Tracker

Jadi Bahan Gibah, Ini 5 Alasan Gak Boleh Curhat Berlebihan di Medsos

Tahan jarimu untuk curhat, ya!

Masa kini, bergaul di medsos merupakan hal lazim. Rasanya, tak afdal kalau gak punya akun untuk membagikan aktivitas di dunia maya. Seiring perkembangan zaman yang semakin dinamis, medsos semakin mendekatkan yang jauh untuk bisa berinteraksi tanpa batas.

Namun, medsos tak hanya sebagai ajang eksis. Banyak hal yang harus diperhatikan agar bergaul di medsos tetap sehat, menjunjung tinggi etika, dan kesopanan. Ada norma yang harus kamu anut agar nama baikmu tetap terjaga dengan baik. Buat yang suka curhat, jaga privasimu di medsos dengan mengingat hal berikut ini.

1. Masalahmu menjadi sorotan orang banyak

Jadi Bahan Gibah, Ini 5 Alasan Gak Boleh Curhat Berlebihan di Medsospexels.com/pixabay

Jika curhat mengenai masalahmu di medsos akan berabe jadinya. Ya, kamu plong sudah mengeluarkan unek-unekmu, tapi akibatnya masalahmu akan menjadi sorotan orang banyak, lho. Tak cuma pengikutmu saja yang akan membicarakanmu, tapi teman-teman dari pengikutmu juga akan kepo.

2. Curhatmu akan menjadi bahan pembicaraan orang lain

Jadi Bahan Gibah, Ini 5 Alasan Gak Boleh Curhat Berlebihan di MedsosPexels.com/Mentatdgt

Tentu saja, curhatmu di medsos akan menjadi bahan pembicaraan orang lain. Semakin orang membicarakanmu, semakin besar potensi masalahmu menjadi viral. Akibatnya, kamu akan terkenal karena masalahmu saja, bukan sebagai pribadi yang baik. Jadi, setop curhat di medsos, ya!

Baca Juga: Radikalisme Sasar Anak Muda, Paling Banyak Lewat Medsos

3. Tidak menyelesaikan masalah, malah menambah masalah baru

Jadi Bahan Gibah, Ini 5 Alasan Gak Boleh Curhat Berlebihan di MedsosPexels.com/Kaboompics.com

Curhat di medsos tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan menimbulkan masalah baru. Topik curhatmu tentunya akan menjadi pembicaraan yang malah membuat kamu akan stres. Setiap hari, orang akan menggunjingmu dengan berbagai alasan. Ancaman depresi bisa saja terjadi.

4. Kamu akan dicap toksik karena selalu curhat di medsos

Jadi Bahan Gibah, Ini 5 Alasan Gak Boleh Curhat Berlebihan di MedsosPexels.com/BruceMars

Kamu pun akan dicap orang toksik karena sering curhat di medsos. Mungkin, curhat di medsos bikin lega, tapi kebiasaanmu itu akan membuat orang lain jengah. Jadi, tahan jarimu untuk curhat, ya!

5. Nama baikmu akan buruk karena suka mengumbar privasi di medsos

Jadi Bahan Gibah, Ini 5 Alasan Gak Boleh Curhat Berlebihan di MedsosPexels.com/LisaFotios

Tentu saja, nama baikmu perlahan-lahan akan buruk jika sering curhat di medsos. Dicap tukang curhat dan menjadi bahan gibah orang lain, apa enaknya? Justru akan membuatmu semakin susah untuk mengembangkan diri karena kesan dirimu sudah terbentuk dengan citra yang kurang baik.

Gunakan medsos untuk hal yang baik-baik saja, ya. Kamu bisa membagikan pengalaman, karya, tulisan, foto cantik, atau prestasi diri. Tidak serta-merta semua hal tentang dirimu dibagikan di sana. Privasimu harus disimpan rapi agar dirimu tetap eksklusif.

Jadi, tahan jarimu untuk curhat berlebihan di medsos, ya! Mulai sekarang tanamkan bahwa medsos adalah ajang untuk hal-hal yang positif saja.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Usil sama Orang yang Dikit-dikit Mengepos di Medsos

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You