Comscore Tracker

5 Tips untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Utamakan Jam Istirahatmu!

Tidur yang berkualitas akan membuat harimu lebih produktif  

Tidur adalah hal yang sangat penting dan biasa dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Tidur yang berkualitas seharusnya di utamakan dalam keseharianmu. Dengan tidur yang berkualitas, kamu akan mendapatkan banyak manfaat.

Kamu akan merasa lebih bersemangat ketika bekerja, kamu juga tidak akan merasa lelah yang berlebih. Mengutamakan tidur juga menjadi hal yang semakin jarang terjadi dewasa ini.

Kamu hanya tidur dengan sisa waktu yang kamu punya. Dan jika kamu terus menerus melakukan hal ini, ini bisa berdampak sangat buruk terhadap kesehatanmu.

Tidur yang berkualitas bisa kamu dapatkan jika kamu lebih menyadari betapa pentingnya tidur. Kamu bahkan bisa mengurangi jumlah kafein yang kamu terima sepanjang hari jika kamu lebih mengutamakan tidurmu.

Di bawah ini ada 5 tips yang bisa kamu lakukan supaya kamu lebih sering mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Keadaan pikiran yang mendukung 

5 Tips untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Utamakan Jam Istirahatmu!Ilustrasi dua orang yang sedang membaca buku sebelum tidur (Pexels.com/Ron Lach)

Keadaan pikiran sebelum kamu tidur merupakan kunci dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Tentunya jika kamu masih dalam pengaruh kafein, kamu akan kesulitan untuk bisa tertidur dengan nyenyak.

Begitu pula jika kamu terpapar sinar biru dari smartphonemu sesaat sebelum kamu akan tertidur. Mempunyai keadaan pikiran yang optimal bisa mulai kamu terapkan mulai malam ini.

Kamu bisa membiasakan dirimu untuk membaca buku daripada scrolling Instagram sebelum tidur, kamu juga bisa dengan sengaja memadamkan lampu jika kamu memilih untuk memiliki jam sebelum tidur yang lebih tenang.

Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan yang sesuai dengan keinginanmu. Menulis jurnal adalah cara lain yang bisa kamu lakukan untuk merefleksikan harimu, dan kamu tentunya juga bisa belajar tentang apa saja yang sudah kamu pelajari hari itu dan bagaimana kamu bisa menyiapkan hari esok agar kamu bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

2. Tetapkan rutinitas 

5 Tips untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Utamakan Jam Istirahatmu!Ilustrasi orang yang menggosok giginya sebelum tidur (Pexels.com/Ron Lach)

Rencanakanlah apa saja yang akan kamu lakukan sebelum kamu tidur, sisihkanlah waktu sejenak di dalam harimu untuk memperhatikan jam-jam sebelum kamu tertidur. Dengan demikian, kamu pun akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk benar-benar terlelap di waktu yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa membangun suatu kebiasaan sebelum kamu tertidur. Ada banyak keuntungan jika kamu mengutamakan tidur di dalam harimu.

Rutinitas juga bisa membantumu dalam memastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap hari. Kamu tidak akan terlalu memforsir dirimu ketika jam untuk tidur sudah datang.

Kamu juga akan merasa lebih tenang ketika kamu tidur, karena kamu tahu bahwa satu-satunya hal yang harus kamu lakukan adalah untuk beristirahat. Kamu tidak akan terlalu berpikiran tentang pekerjaan-pekerjaanmu. Dan dengan demikian kamu pun akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Posisi Cuddling Terbaik dengan Pasangan, Tingkatkan Kualitas Tidur

3. Temukan kasur yang bagus 

5 Tips untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Utamakan Jam Istirahatmu!Ilustrasi kasur yang bagus (Pexels.com/Malidate Van)

Kamu menghabiskan hampir sepertiga harimu di kasur. Tentu saja jika kamu punya uang berlebih, kamu harus lebih memperhatikan kasurmu. Kasur yang baik akan menopang tubuhmu semalaman, dan kasurmu juga akan membantu postur tubuhmu tetap terjaga.

Walaupun terdengar terlalu berlebihan, jika kamu pikir-pikir lagi kamu akan menemukan bahwa mungkin kasurmu bisa menjadi sumber utama penyakit-penyakitmu. Rasa pegal yang menganggu hari-harimu mungkin saja disebabkan oleh kasur yang kurang baik.

Melihatnya dengan perspektif yang baru seperti ini, bisa membuatmu lebih sadar bahwa hal-hal mendasar seperti ini bisa saja dilupakan. Dan dengan itu kamu pun bisa mulai menyisihkan uangmu untuk berinvestasi kepada kesehatanmu, dalam menemukan sesuatu yang bisa menopangmu semalaman.

4. Selimut berat 

5 Tips untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Utamakan Jam Istirahatmu!Ilustrasi selimut berat (Pexels.com/Los Muertos Crew)

Selimut berat adalah barang lain yang bisa membuat tidurmu lebih berkualitas. Selimut berat bisa mengurangi kecemasanmu. Hal ini disebakan oleh stimulus yang diberikan oleh selimut berat seakan-akan kamu sedang berada di dalam pelukan seseorang.

Selain itu selimut berat juga bisa memperbaiki posturmu karena kamu tidak akan bergerak terlalu banyak ketika kamu tertidur, dan tentu saja hal itu akan membuat tidurmu lebih berkualitas.

Dengan berinvestasi terhadap barang-barang yang bisa meningkatkan tidurmu seperti ini, tentu saja akan bermanfaat dalam waktu yang panjang.

Andai saja kamu bisa memperbaiki satu hal dari hidupmu yaitu tidur, tentu saja akan banyak sekali manfaat yang bisa kamu terima ke depannya. Dan dengan memanfaatkan barang-barang seperti selimut berat pastinya akan meningkatkan kualitas tidurmu.

5. Asupan makanan 

5 Tips untuk Tidur yang Lebih Berkualitas, Utamakan Jam Istirahatmu!Ilustrasi makanan sehat (Pexels.com/Ella Olsson)

Makanan yang tubuhmu terima akan berpengaruh langsung terhadap kualitas tidurmu. Jika kamu memakan makanan-makanan yang pedas bisa saja itu membangunkanmu di tengah malam, dan tentu saja itu akan menurunkan kualitas tidurmu.

Dengan lebih memperhatikan apa saja yang kamu masukkan ke dalam tubuhmu sepanjang hari, akan membuat tidurmu lebih berkualitas. Tidak makan tiga jam sebelum tidur pun bisa membantu sistem pencernaanmu sebelum kamu tertidur.

Karena jika kamu makan terlalu dekat dengan waktu tidurmu, sistem pencernaanmu akan bekerja lebih lambat dibandingkan ketika kamu masih sadar. Dan dengan demikian, perutmu akan terasa sakit di tengah-tengah malam atau nanti ketika kamu baru saja terbangun dari tidurmu.

 

Cobalah untuk lebih memperhatikan kualitas tidurmu. Banyak masalah-masalah sepanjang harimu yang disebakan oleh tidur yang kurang berkualitas. Utamakanlah tidurmu dan terapkanlah beberapa tips di atas supaya tidurmu bisa lebih berkualitas!

Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Terbukti Efektif

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya