Comscore Tracker

#GreenBeauty Tips Merawat Diri Sekaligus Bumi Saat Pandemi

Percantik diri dan alam berseri!

Tetap berada di dalam rumah alias Stay at Home selama pandemi adalah cara terbaik untuk mengurangi laju penularan virus Covid-19. Salah satu ide kegiatan agar Stay at Home tak membosankan adalah dengan merawat diri. Lebih bagus lagi jika kegiatan merawat diri ini bisa sekaligus merawat lingkungan, bukan? Nggak hanya jadi makin cantik dan sehat, tapi bisa jadi eco-warrior juga nih! 

Saat pandemi tetap menjaga lingkungan, bisa tidak ya? Apalagi saat ini banyak orang memilih belanja online sebagai opsi yang aman. Tentu sampah yang dihasilkan akan lebih banyak dari biasanya. Lalu bagaimana dong agar ide merawat diri sekaligus lingkungan bisa tercapai? Yuk simak artikel ini hingga habis untuk menemukan jawabannya!

1. Gunakan Bahan Alami sebagai Alat Pembersih Diri

#GreenBeauty Tips Merawat Diri Sekaligus Bumi Saat Pandemiloofah sebagai pengganti spons sintetis (Pixabay.com/Juhele)

Penggunaan bahan alami bisa jadi cara kamu untuk mulai melakukan #onegreenstep loh, Sobat! Tentunya karena bahan alami dapat terurai dengan baik di alam tanpa merusaknya. Banyak sekali bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai alat pembersih, seperti cuka apel untuk mencuci sayuran, kemudian almond oil sebagai cleansing oil untuk wajah, siwak dan sikat gigi bambu untuk membersihkan gigi tentunya dan cotton buds bambu untuk pembersih telinga.

Ada banyak pilihan alternatif untuk alat pembersih badan. Beberapa di antaranya adalah loofah, spons mandi berbahan serat rami dan batu gosok dari batu apung. Untuk loofah kamu tak hanya bisa menggunakannya sebagai pembersih badan, namun dapat digunakan sebagai pengganti spons cuci piring. Penggunaannya mudah dan efektif untuk membersihkan kotoran.

2. Gunakan produk body care dan home care yang ramah lingkungan

#GreenBeauty Tips Merawat Diri Sekaligus Bumi Saat PandemiShampoo bar beserta sikat kayu (Pexels.com/Sarah Chai)

Saat ini mulai banyak dijual produk-produk body care dan home care yang ramah lingkungan. Untuk body care ada shampoo bar, conditioner bar, dan soap bar yang bebas SLS sehingga tidak berpotensi mencemari lingkungan. Disarankan agar menggunakan body care yang berbentuk bar atau batang agar sampah plastik kemasan berkurang, ya!

Namun kamu juga bisa tetap menggunakan body care berkemasan plastik dengan syarat kemasan tersebut mudah untuk didaur ulang seperti produk-produk dari Garnier, karena perusahaan Garnier sudah berkomitmen untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Contoh produk body care dan skin care dari Garnier yakni body lotion, sabun wajah dan micellar water.  

Selain produk komersial, kamu juga bisa menggunakan bahan alami sebagai body care. Bahan tersebut diantaranya adalah batu tawas sebagai deodorant dan campuran kopi serta minyak zaitun sebagai lulur scrub. Sedangkan untuk home care, kamu bisa menggunakan detergent ramah lingkungan berbahan coconut oil yang dapat berbentuk cair ataupun batang dan juga lerak sebagai pengganti sabun cuci piring, pakaian dan juga pembersih lantai.

3. Nutrisi kulit dengan produk kecantikan ramah lingkungan

#GreenBeauty Tips Merawat Diri Sekaligus Bumi Saat PandemiEssence dan Day Cream ramah lingkungan (Instagram.com/garnierindonesia)

Sekarang kamu tak perlu bingung lagi untuk mencari produk kecantikan yang ramah lingkungan dan sudah terdaftar di BPOM, tersertifikasi Halal serta sudah teruji secara klinis. Produk-produk dari Garnier adalah solusinya. Garnier sudah mengeluarkan banyak produk kecantikan yang dapat menutrisi kulitmu, mulai dari essence, serum wajah, krim malam, krim siang, masker wajah, suncscreen, dan banyak lagi. Produk-produk ini juga mudah ditemukan di minimarket terdekat loh!

4. Buat ramuan herbal dan makananmu sendiri

#GreenBeauty Tips Merawat Diri Sekaligus Bumi Saat Pandemimakanan dan minuman sehat (Unsplash.com/Brooke Lark)

Sobat millenials pasti tak luput dari akses internet, bukan? Kemudahan dalam mencari informasi di jaman ini menjadi hal lumrah. Bahkan kini kalian bisa mencari resep makanan ataupun ramuan herbal dengan sangat mudah.

Pilihlah menu-menu yang sederhana agar bisa konsisten untuk tetap mengolah makanan sendiri sehingga terjamin kehigienisannya. Untuk ramuan herbal, pilihlah resep-resep yang berasal dari sumber terpercaya agar tak memberikan efek samping yang berbahaya karena walaupun herbal itu cenderung aman namun tetap memiliki efek samping jika dikonsumsi melebihi batas yang ditentukan.

Baca Juga: #GreenBeauty 8 Aksi Mudah Jaga Kelestarian Alam bagi Beauty Enthusiast

5. Pilah dan kelola Sampahmu

#GreenBeauty Tips Merawat Diri Sekaligus Bumi Saat PandemiPemisahan sampah berdasarkan kategori (Unsplash.com/Jasmin Sessler)

Memulai pilah sampah bisa dilakukan dari hal yang paling sederhana seperti memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik bisa dikelola menjadi pupuk kompos dan eco-enzym yang dapat kamu gunakan untuk menyuburkan tanamanmu. Untuk sampah anorganik perlu dilakukan pemisahan menjadi beberapa kategori dan dikirim ke tempat daur ulang. Khusus sampah masker medis, jangan lupa mencucinya dengan desinfektan sebelum meletakannya pada penerima limbah B3 ya!

Untuk kamu yang berada di wilayah Jadetabek kamu bisa mengirim hasil pilah sampahmu secara gratis dengan eRecycle. Bahkan kamu bisa mendapatkan hadiah dengan menukarkan sampahmu. Bagi yang berada di luar Jadetabek, kalian bisa mengirimkan sampah untuk didaur ulang ke beberapa lembaga seperti bank sampah daerah ataupun perusahaan pengelola sampah lainnya.

Botol-botol plastik ataupun kaca dapat kamu berikan kepada pemulung, sedangkan plastik kemasan dapat dijadikan sebagai eco-brick. Kamu juga bisa mengelola sampahmu sendiri menjadi barang-barang baru seperti menjadikannya hasil kerajinan.

6. Bertanam apotek hidup sekaligus berolahraga

#GreenBeauty Tips Merawat Diri Sekaligus Bumi Saat PandemiUnsplash.com/Jed Owen

Tips merawat diri saat pandemi selanjutnya adalah bercocok tanam. Bercocok tanam tak hanya membuat kita dapat menikmati hasil panen tapi bisa membuat badan kita bergerak lebih banyak loh alias sekalian berolahraga. Sebelum bercocok tanam kamu bisa melakukan sedikit pemanasan agar badan tetap bugar.

Kamu bisa menanam beberapa tanaman obat alias apotek hidup agar hasilnya bisa dijadikan minuman rempah untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi dan juga ada beberapa tanaman obat yang lazim digunakan sebagai bumbu masakan. Kamu bisa menanam jahe, kunyit, temulawak, kencur, ataupun jeruk nipis.

7. Bawa barang-barang Ini saat keluar rumah

#GreenBeauty Tips Merawat Diri Sekaligus Bumi Saat PandemiInstagram.com/garnierindonesia

Jika kamu terpaksa keluar rumah, selalu bawa barang-barang ini agar kamu selalu terlindungi. Masker medis cadangan, masker kain cadangan, dan handsanitizer dari Garnier yang ramah lingkungan.

Sebagai tambahan kamu bisa membawa alat makan sendiri seperti sedotan bambu ataupun stainless, cutlery set, tumblr, dan foldable lunchbox serta barang lainnya seperti kantung belanja. Untuk para wanita kamu bisa menambah list barang bawaan wajib seperti menstrual pad ataupun menstrual cup berserta wadahnya, ya!

Kegiatan mana aja nih yang akan mulai kamu lakukan atau bahkan sudah kamu jalankan? Yuk mulai lakukan #onegreenstep untuk merawat diri dan bumi kita! #GarnierGreenBeauty #onegreenstep dan #GarnierxIDNTimes

Baca Juga: #GreenBeauty 8 Aktivitas yang Ramah Lingkungan selama 24 Jam di Rumah

Silvia Fatma Intan Aryuni Photo Writer Silvia Fatma Intan Aryuni

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya