Comscore Tracker

5 Hambatan dalam Hidup yang Harus Diatasi Jika Ingin Sukses

Semua berasal dari diri sendiri

Apa pun yang kita inginkan dalam hidup, tentu kita ingin semuanya berakhir dengan kesuksesan. Dan kesuksesan apa pun yang ingin kita capai, kemungkinan besar akan ada rintangan yang harus kita hadapi. Ketika rintangan ini muncul, kita bisa menghindar dan melewatkan kesempatan atau menghadapi tantangan tersebut dengan siap.

Apa yang bisa terjadi jika kita mengetahui dan bersiap menghadapi rintangan ini sebelumnya? Jika kita tahu apa yang akan kita hadapi, mungkin kita bisa membekali diri dengan alat yang tepat untuk melewati apa pun yang mengancam peluang kita untuk sukses. 

Berikut ada lima rintangan terbesar yang harus kita atasi dalam perjalanan menuju kesuksesan.

1. Kesempurnaan 

5 Hambatan dalam Hidup yang Harus Diatasi Jika Ingin Suksesilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Paco Vaca)

Salah satu kendala paling umum yang kita hadapi adalah kebutuhan akan kesempurnaan. Siapa pun yang rentan terhadap perfeksionisme akan merasa sulit untuk tetap berada di jalan menuju kesuksesan jika segala sesuatu harus terus sempurna sepanjang waktu.

Kesempurnaan adalah pembunuh kreativitas dan vitalitas. Padahal tak ada salahnya belajar dari kesalahan karena itu akan mengajari kita cara untuk berkembang dan tumbuh sepanjang hidup. Oleh karena itu, sempurna tidak akan pernah memberikan kesempatan langsung menuju kesuksesan.

2. Ketakutan 

5 Hambatan dalam Hidup yang Harus Diatasi Jika Ingin Suksesilustrasi wanita serius (unsplash.com/Armin Lotfi)

Rasa takut muncul saat kita memiliki pikiran atau persepsi bahwa kita tengah tidak aman. Hal ini merupakan sesuatu yang cukup berguna saat ada hal yang memang benar-benar mengancam. Tapi, jika ini hanyalah ketakutan yang ada di pikiran kita, rasa takut bisa saja menghalangi kita untuk melakukan hal-hal yang perlu kita lakukan demi meraih mimpi.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk jika Gak Konsisten Berusaha Meraih Kesuksesan

3. Kurangnya kejelasan 

5 Hambatan dalam Hidup yang Harus Diatasi Jika Ingin Suksesilustrasi wanita sedih (unsplash.com/Brynden)

Umpamakan kita akan melakukan perjalanan dan perlu berkemas. Koper sudah siap, tapi kita tidak tahu sama sekali tentang detail perjalanannya.

Kita belum tahu ke mana akan pergi, berapa lama, atau apa yang akan dilakukan. Jika kita mencoba menjalankan karier atau kehidupan tanpa kejelasan, hampir tidak mungkin untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan kesuksesan kita.

4. Membuat perbandingan 

5 Hambatan dalam Hidup yang Harus Diatasi Jika Ingin Suksesilustrasi wanita serius (unsplash.com/Aariana Maynard)

Wajar jika kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Begitulah cara kita mengetahui apakah kita telau melakukan sesuatu dengan benar atau tidak dan bagaimana kita dapat terus meningkatkan diri.

Jika kita terbiasa membuat perbandingan sepanjang waktu dan merasa tidak enak karena tidak bisa, hal ini dapat menurunkan energi kita. Dan ketika energi kita turun, turun pula motivasi kita untuk terus bekerja menuju tujuan kita.

5. Harapan yang tidak masuk akal 

5 Hambatan dalam Hidup yang Harus Diatasi Jika Ingin Suksesilustrasi wanita memejamkan mata (unsplash.com/Mert Kahveci)

Hal itu penting untuk bermimpi besar. Begitulah cara kita mengundang inspirasi dan ide-ide besar untuk muncul. Tetapi jika impian kita tidak didasarkan pada realitas atas apa yang dimiliki saat ini, kita mungkin akan berakhir dengan kekecewaan atau bahkan lebih buruk, kehilangan impian kita.

Menetapkan ekspektasi yang masuk akal adalah resep sukses dari kesuksesan. Menjadi sukses membutuhkan kita untuk bisa mengatasi banyak rintangan, dan banyak orang akan gagal pada titik-titik tertentu. Kuncinya adalah mengatasi hambatan ini selangkah demi selangkah.

Tak mudah memang mengatasi rintangan yang disodorkan semesta pada hidup ini. Tapi, apa yang tidak mungkin jika kita terus berusaha dengan keras disertai oleh doa pada Tuhan? Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga dari Semut untuk Meraih Kesuksesan

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya